Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Dokter Aneh, Meminta Pasien Merokok 50 Batang Perhari Agar Bayi Lahir Kecil

Orang awam sekalipun tau apa bahaya dari rokok yang kita hisap.Kandungan nikotin dalam rokok tersebut dapat mengakibatkan berbagai penyakit bagi perokok aktif maupun perokok pasif.Namun dokter yang satu ini justru menyarankan hal yang sulit diterima akal.Ya dialah dokter Sharon oates.Sesaat setelah seorang ibu melahirkan dokter tersebut berkata "anda harus merokok 50 batang sehari agar bayi dalam janin lebih kecil"seperti dikutip dari dayli star pada jumat 28 Agustus 2015.

Kejadian bermula saat Kate Lanford memeriksakan diri dan melahirkan di rumah sakit Shrewburry royal shropshire.Dimana dokter Sharon lah yang menangani selama pemeriksaan sampai proses kelahiran.Namun kandungan Lanford memang mengalami masalah.Setidaknya proses kelahiran bayinya mundur  satu minggu dari perkiraan dokter tersebut.Hal tersebut akhirnya membuat Lanford berkonsultasi pada dokter yang merawatnya.Ternyata memang benar setelah melalui serangkaian pemeriksaan diketahui detak  jantung calon bayi tersebut tidak normal.

Beberapa waktu setelah pemeriksaan Lanford merasakan ingin melahirkan.Saat itu dokter Sharon yang juga tengah memimpin perawatan 7 orang pasien akhirnya mempersiapkan kelahiran secara normal.Terlebih setelah dokter melakukan pemeriksaan terhadap calon bayi yang hasilnya sangat menghawatirkan yaitu semakin lemahnya detak jantung bayi.

Proses kelahiran normal pun dilakukan dengan dibantu para perawat namun sepertinya keputusan melahirkan normal kurang tepat.Mengingat bayi dalam rahim yang sudah tidak sehat proses melahirkan secara alamipun mengalami kendala hingga akhirnya dokter memberikan Forceps yaitu alat bantu untuk menarik kepala bayi. " aku sampai harus berpegangan pada pembatas tempat tidur.Saat itu tempat tidur berguncang hebat karena tim dokter kesulitan saat menarik kepala bayi saya." begitu ungkap Kate Lanford.

Begitu melihat proses kelahiran secara alami sulit dilakukan akhirnya dokter Sharon memutuskan untuk melakukan tindakan caesar seperti dikutip media lokal Shorpshire Star.Dengan berat 4,5 kg bayi tersebut dapat lahir dengan selamat.Meskipun sesaat setelah bayi Jenson tersebut lahir diketahui terjadi keretakan pada tulang tengkorak.Hal inilah yang kemudian menjadi rujukan  jika nantinya lanford ingin memiliki anak lagi harus merokok sebanyak 50 batang setiap hari.karena menurut Sharon akan sangat sulit melahirkan bayi besar dengan ukuran jalan lahir yang sempit.

Keluarga Kate lanford pun turut menuding  tindakan dokter Sharon menurutnya penggunaan forceps yang digunakan saat mencoba melakukan persalinan alami berlebihan karena bayi yang memang sudah tidak normal ditarik dengan sangat kuat sehingga mengakibatkan perdarahan internal di bagian kepala.Bayi Jenson pun akhirnya hanya mampu bertahan sampai dengan 2 hari.

Praktisi hukum layanan medis di Manchester memutuskan bahwa dr Oates 56 tahun akan menghadapi tindakan lebih lanjut atas kesalahan dalam mengambil keputusan. Sungguh sangat disayangkan padahal dr Oates sendiri telah menjadi konsultan dalam proses kelahiran selama tiga puluh tahun.Pemeriksaan dr Oates dilakukan di Shrews bury tahun 2015 lalu untuk mendengarkan kesaksian ahli medis yang menyatakan "seharusnya bayi tidak harus lahir dengan cidera jika ia langsung mengambil tindakan dengan caesar.Sang ibu Kate Lanford sangat kecewa dengan tindakan dokter tersebut dan meminta dokter Oates bertanggung jawab atas tindakannya.

Sungguh tindakan dokter ini tidak patut ditiru meskipun bayi dalam kondisi besar nyatanya masih dapat lahir dengan normal meskipun banyak juga yang lahir dengan jalan operasi.Bukan malah memberi solusi agar ibu merokok agar bayinya dapat lebih kecil.Karena efek nikotin dalam rokok saja sudah berbahaya bagi orang dewasa apalagi buat janin.//Berbagai Sumber,Dayli star//Shorpshire Star.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar