Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Mengenal Sego Tiwul, Sajian Kuliner Khas Trenggalek Yang Bikin Lidahmu Ketagihan

Trenggalek, kota di pesisir barat jawa timur ini mungkin belum banyak yang tahu. Sebuah kota kecil yang berjarak kurang lebih 180 km dari Surabaya. Kota yang masih asri dengan udara yang begitu sejuk segar. Tak ada gedung-gedung bertingkat, tak ada pula istilah kemacetan di Trenggalek. Namun di balik itu semua Trenggalek mempunyai beraneka ragam keunikan, tak terkecuali sajian makanan khas nya. Sebut saja tempe kripik, alen-alen, sale pisang, sego gegok, sajian jajanan tersebut pastinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga anda.
Sajian nasi tiwul via www.tokopedia.com

Namun tahukah anda ternyata ada sajian lain yang tak kalah nikmatnya lo!! Yaitu "sego tiwul". Sego tiwul adalah makanan pengganti nasi, yang terbuat dari bahan dasar singkong yang di keringkan atau lebih dikenal dengan sebutan " gaplek". Sebelum di olah gaplek dihaluskan terlebih dahulu, dengan cara di tumbuk di suatu wadah yang di sebut "lumpang" ( batu yang tengahnya di lubangi ). Dalam proses penghalusan ini memang sengaja tidak menggunakan mesin karena jika di tumbuk atau istilahnya di selep mesin maka akan mengurangi cita rasa dari sego tiwul.
Sajian sego tiwul trenggalek ini dalam penyajianya akan dicampur dengan nasi, dan paling nikmat jika di sajikan dengan bothok ikan tongkol, dengan lauknya tempe goreng, hemm nyummi. Bisa juga di sajikan dengan lodeh tewel, lodeh kluweh, atau juga bisa lodeh kacang panjang. Tak lupa sebagai pelengkap yang paling maknyusssss adalah sambel trasinya. Owh iya, ada satu lagi ni yang selalu wajib ada untuk tiap olahan sego tiwul yaitu aneka peyek, baik peyek kedelai, peyek teri, atau peyek wader, kalau penulis si lebih suka peyek wader, pastinya bikin ngiler dech..!!


Gimana pingin mencoba sajian kuliner ini, ayo datang ke kotaku Trenggalek. Dan coba untuk mampir di warung sekitar alun-alun, tepatnya sebelah utara pendopo,  tersedia berbagai menu sego tiwul yang pastinya bikin lidah anda tak henti bergoyang. Di jamin enggak bakalan nyesel kok. Harganya pun cukup murah meriah antara 5-10 ribu.
Lumpang batu via dulubaru.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar