Manusia Harusnya Belajar Dari Penciptaan Pohon Pisang
Manusia Harusnya Belajar Dari Penciptaan Pohon Pisang

Manusia Harusnya Belajar Dari Penciptaan Pohon Pisang


Belajar pada penciptaan pohon pisang. Pohon pisang acap kali di identikkan dengan rumah hantu.Hal itu karena cara tumbuh pohon pisang yang bergerombol,akhirnya secara sekilas membuat kita berfikir sebagai tempat yang berhantu.Namun di balik semua itu kita bisa belajar dari penciptaan pohon pisang.Berapa kali pun kita menebang pohon pisang maka dia akan bertunas lagi.Karena pohon pisang tidak akan pernah mati sebelum berbuah.Lalu pelajaran apa yang bisa kita ambil dari pohon pisang?Yah... Sifat pantang menyerah.

Lalu bagaimana dengan kita?Sudahkah kita punya sifat itu?Mengapa manusia yang pada hakekatnya diberikan akal fikiran yang sempurna gampang putus asa jika apa yang di usahakan belum mendapatkan hasil sesuai keinginanya.Mungkin iktiar kurang sempurna,ihktiar lahir kita tidak dibarengi dengan ikhtiar batin.Sehingga saat melihat hasil tak sesuai harapan keputus asaanlah yang datang.Bukankah Allah telah menjanjikan dalam Surah Ar-Rad ayat 11 :

''Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri''.

Bahwasanya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum itu sendiri tidak berusaha untuk mengubahnya.Sebagai orang muslim apa yang kita ragukan,Jika Allah saja sudah menjamin?Karena itu putus asa adalah sifat yang di benci oleh Allah.Janganlah kedudukan kita yang lebih tinggi dari mahkluk Allah yang lain di dunia ini menjadikan kita rendah di mata Allah karena berputus asa.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar