Raih Puluhan Juta Rupiah Dengan Pembibitan Sengon Laut

watch_later Monday, 18 April 2016
Banyaknya permintaan bibit sengon laut membuat masyarakat di Desa Sukorame, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek beralih profesi menjadi petani sengon laut. Hal ini sudah berlangsung sejak tahun 2007 dan semakin hari semakin bertambah jumlah para petani sengon. Hal tersebut didasari oleh beberapa faktor diantaranya:

Modal yang sedikit 

Untuk memulai suatu usaha biasanya permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya modal, namun untuk pembibitan sengon laut modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan cukup terjangkau. Untuk menanam kurang lebih 10 ribu bibit sengon setidaknya diperlukan 3 grandong ( 5 mobil pick up tanah) sebagai media tanam seharga Rp.500 ribu dan 1 kwintal polibek ukuran 15 seharga Rp.600 ribu.

Cara tanam yang mudah 

Proses pembibitan juga terbilang tidak sulit dengan hanya menyiapkan tanah dan polibek sebagai media tanam,berikutnya kita sudah bisa mulai menyiapkan benih sengon dengan cara :

  1. Pagi hari misal jam 7 benih direndam dengan perbandingan 1 gelas air panas dan 1 gelas air dingin campur sebagai bahan perendaman.
  2. Rendam selama 24 jam
  3. Setelah  terlihat mengembang buang yang busuk,biasanya benih yang busuk mengambang 
  4. Bersihkan lalu pindahkan ke dalam kain letakan dalam wadah plastik atau yang lainya
  5. Biarkan selama satu hari dan benih sudah siap ditanam di media polibek (bagian tunas menghadap keatas.

Penyiraman

Setidaknya dua kali sehari,benih sengon harus disiram. Jangan menggunakan selang langsung karena akan membuat benih sengon terlepas dari persemaianya. Gunakan selang yang ada spray ( penyaring) agar hasil semprotan lebih lembut. Berikutnya setelah benih sengon berusia 1 bulan penyemprotan dapat dilakukan 1-2 hari sekali ( melihat cuaca).
Pemeliharaan

Setidaknya 3 minggu setelah bibit disemai bisa mulai dilakukan pemupukan dan penyiangan agar pertumbuhan sengon dapat maximal. Untuk masa tanam 4 bulan kira- kira di butuhkan pemupukan selama 5 kali. Penyemprotan juga diperlukan karena ulat adalah musuh utama tanaman ini. Perlu di ingat jika sengon ditanam di pekarangan rumah perlu penanganan lebih karena sinar matahari yang kurang maximal. Sehingga penambahan obat penghambat pertumbuhan diperlukan, karena sengon yang ditanam dipekarangan cenderung berbatang kecil dan tinggi.  Hal tersebut tidak disukai para tengkulak sengon dan mengakibatkan daya jualnya rendah.

Masa panen singkat

Masa tanam sengon biasanya dimulai pada bulan juni dengan mempertimbangkan datangnya musim hujan pertama di bulan september. Namun sebenarnya masa tanam tidak hanya mengacu pada bulan tersebut karena bulan bulan selanjutnya juga bisa di tanam kembali( biasanya untuk sulaman atau pengganti sengon yang mati). 

Hasil yang menjanjikan
  
Bisa dibilang sengon memberikan angin surga bagi mantan petani padi ini. Sebab hanya dengan modal 1 juta lebih bisa dihasilkan 10 ribu bibit sengon. Perbibit dengan ukuran polibek 15 @ Rp.600 - 900 (lihat barangnya) bisa dibayangkan berapa untungnya yaitu antara 6-9 juta rupiah. Bagaimana anda tertarik untuk memulai usaha ini?
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.