Awas Bahaya selamatan terhadap stroke

watch_later Wednesday, May 4
Kadang saya berfikir kenapa ya akhir- akhir ini orang yang hidup di desa jadi banyak yang kena darah tinggi bahkan sampai stroke.Padahal jika dilihat menu makan mereka jauh dari kata mewah.Sayur lauk tahu,tempe, dan sambel.Ikan daging ayam ( kadang- kadang) yah masih menu standar lah.
Setelah saya selidiki dan menurut versi saya sendiri ternyata oh ternyata hal tersebut berkaitan dengan tradisi selamatan.Ya,selamatan?aneh kan?pasti anda berfikir masak ia selamatan bisa bikin darah tinggi.Ya gimana ngggak,coba bayangkan setidaknya paling lama 1 minggu sekali mereka selalu mengkonsumsi sate kambing( menu selamatan).

Gak peduli mau selamatan orang meninggal atau selamatan akikahan ada aja orang yang menyembelih kambing.Coba bayangkan di daerah saya itu kalau ada orang meninggal nggak pernah ada yang sendiri( maksutnya ada barengannya tapi jangan di fikir yang mati minta temen karena takut ya).Begini kalau di pikir aneh ya memang aneh,setidaknya kalau hari ini ada orang meninggal entah lewat 7 hari atau 10 hari atau paling lama 40 hari pasti ada yang menyusul.

Sekarang bayangin aja kalau dalam 1 bulan ada 2 orang yang meninggal misalkan 3 bulan sudah 6 orang.Selamatan sendiri kan ada 7 hari,40 hari,100 hari,mendak1 mendak 2 dan seribu hari.Jika begini bagaimana nggak 1 minggu sekali ada undangan selamatan .Belum lagi di tambah orang yang melahirkan otomatis bertambah pula kambing yang di sembelih untuk hidangan selamatan.

Kalau saya fikir - fikir lagi ( hadeh kebanyakam mikir ). Kok bisa ya hanya dengan pendapatan yang tidak menentu mereka bisa melakukan selamatan dengan begitu mewah. Ya setidaknya 7 juta habis untuk biaya selamatan.Perincian itu meliputi beras, bumbu dapur,lauk( untuk berkat yang di bawa pulang ) kambing serta aneka kue.Aduh saya gak bisa berfikir dari mana dapat uangnya.
Namun ya begitulah.Begini prinsipnya kalau orang lain bisa kenapa saya nggak?Akhirnya meskipun kadang nggak bisa ya di bisa - bisain( ngutang dulu contohnya ).

Tapi memang unik sih untuk setiap selamatan tidak semua uang keluar dari kantong sendiri( maksutnya jika tetangga ada yang sedang selamatan seluruh kerabat dan tetangga datang namun bukan hanya datang minta makan tapi juga membawa sesuatu misal beras,gula,minyak dan sebagainya ).Jangan kira hasilnya cuma asal dapat.Untuk ukuran 7 atau 1000 harian orang meninggal setidak nya 4 karung beras dan juga mi ,minyak,gula dan yang lainya bisa di dapat. Tapi itu belum seberapa.Selamatan sepasaran bayi malah lebih banyak 5-7 karung beras beserta sembako lain  mengalir sendiri ke rumah.Kalau di fikir begini ,selamatan memang tradisi selamatan tidak membebani  paling kalau tekor ga seberapa.Tapi setahu saya malah untung( untuk selamatan sepasaran bayi ).Melihat fakta ini memang nggak aneh rasanya kalau banyak orang desa yang tiba- tiba kena stroke .Gimana nggak seminggu sekali nyate gratiiiiiiss.
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.