Gua Haji Mangku di Pedalaman Pulau Maratua

watch_later Wednesday, 25 May 2016
comment 1 Comment
Pulau Maratua tidak hanya menawarkan pesona laut yang luar biasa indahnya. Menjelajah masuk ke dalam pulaunya terdapat sebuah gua yang sangat eksotis. Namun untuk sampai ke tempat ini butuh perjuangan yang lumayan sulit karena keberadaan pulau Maratua yang berada di pulau terluar Indonesia tepatnya di perairan Sulawesi yang berbatasan dengan Malaysia.

Butuh satu jam perjalanan dari pulau Derawan sampai dermaga kampung Payung - Payung di kepulauan Maratua, itupun dengan boat selama 1 jam. Perjalanan masih berlanjut dengan berjalan kaki selama 15 menit dengan menembus hutan dan terjalnya jalan yang penuh karang yang tajam dan lancip. Karena itu penggunaan alas kaki yang kuat sangat di butuhkan.
Goa Haji Mangku via //catperku.com

Gua Haji mangku diambil dari nama penemunya yaitu Haji mangku. Gua ini mulai dikunjungi wisatawan pada tahun 2000 sejak itu semakin tahun jumlah wisatawan yang datang semakin banyak. Namun destinasi wisata ini lebih banyak dinikmati para wisatawan dari luar negeri.Hal tersebut berkaitan dengan mahalnya ongkos perjalanan untuk sampai di gua Haji Mangku.

Namun begitu jika setelah sampai sana segala  biaya yang kita keluarkan seperti terbayar ketika gua Haji mangku berada di hadapan kita. Pesona airnya yang berubah ubah( kadang biru tua kadang toscha) membuat kita sayang untuk melewatkan mandi di gua ini.

Mungkin anda beranggapan jika gua yang di maksut bayak stalagtit maupun stalagmit tapi tidak sama sekali.Karena gua Haji mangku pintu masuknya saja sudah berupa air. Kita dapat menikmati gua setelah masuk ke dalam dengan bersnorkeling.

Namun jika anda tidak punya nyali besar jangan mencoba untuk melakukan penyelaman . Karena sinar matahari hanya mampu menembus air dalam gua sejauh 3 meter selebihnya kegelapan palung, dan lorong yang seakan tak berujung. Air dalam gua ini berasa asin karena lorong dalam gua tersebut tembus sampai ke laut.

Bagi anda yang suka berpetualang gua haji Mangku sangat cocok untuk saya rekomendasikan sebagai destinasi wisata yang wajib anda kunjungi
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.