Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Lubang Hitam Besar di Permukaan Matahari

Beberapa waktu yang lalu NASA  atau Badan Antariksa Amerika Serikat merilis rekaman tentang munculnya lubang hitam besar di permukaan matahari.Rekaman tersebut sebenarnya telah diketahui sejak tanggal 17 - 19 Mei 2016 oleh Solar Dynamic Observatory .Namun Baru akhir Mei ini Nasa merilis temuan tersebut.Badan Antariksa Amerika tersebut menuliskan bahwa terdapat lubang raksasa  sampai hampir ke tengah permukaan matahari.

Menurut pengamatan sementara dari NASA lubang besar tersebut muncul di tempat yang mempunyai kepadatan rendah pada atmosfer matahari atau disebut koronal.

Lubang tersebut nampak terlihat gelap karena atmosfer matahari berisi bahan solar kecil sementara suhu lebih rendah dan akhirnya muncul area gelap di sekitarnya.

Penampakan lubang koronal dapat dilihat dalam beberapa jenis sinar ultraviolet yang extrem.Dan biasanya terlihat dalam mata pengamat bumi.
Namun begitu lubang koronal penting dalam memahami lingkungan antariksa sekitar bumi.meskipun di sisi lain juga merupakan sumber dari partikel surya yang berkecepatan tinggi.

Nampaknya hal tersebut masih dugaan sementara karena NASA sendiri belum bisa memastikan penyebab terjadinya lubang raksasa di permukaan matahari tersebut.Namun munculnya koronal tersebut di kaitkan dengan area matahari yang medan magnetnya menjulang dan melambung.Sumber//viva.co.id//

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar