Lubang Hitam Besar di Permukaan Matahari
Lubang Hitam Besar di Permukaan Matahari

Lubang Hitam Besar di Permukaan Matahari

Beberapa waktu yang lalu NASA  atau Badan Antariksa Amerika Serikat merilis rekaman tentang munculnya lubang hitam besar di permukaan matahari.Rekaman tersebut sebenarnya telah diketahui sejak tanggal 17 - 19 Mei 2016 oleh Solar Dynamic Observatory .Namun Baru akhir Mei ini Nasa merilis temuan tersebut.Badan Antariksa Amerika tersebut menuliskan bahwa terdapat lubang raksasa  sampai hampir ke tengah permukaan matahari.

Menurut pengamatan sementara dari NASA lubang besar tersebut muncul di tempat yang mempunyai kepadatan rendah pada atmosfer matahari atau disebut koronal.

Lubang tersebut nampak terlihat gelap karena atmosfer matahari berisi bahan solar kecil sementara suhu lebih rendah dan akhirnya muncul area gelap di sekitarnya.

Penampakan lubang koronal dapat dilihat dalam beberapa jenis sinar ultraviolet yang extrem.Dan biasanya terlihat dalam mata pengamat bumi.
Namun begitu lubang koronal penting dalam memahami lingkungan antariksa sekitar bumi.meskipun di sisi lain juga merupakan sumber dari partikel surya yang berkecepatan tinggi.

Nampaknya hal tersebut masih dugaan sementara karena NASA sendiri belum bisa memastikan penyebab terjadinya lubang raksasa di permukaan matahari tersebut.Namun munculnya koronal tersebut di kaitkan dengan area matahari yang medan magnetnya menjulang dan melambung.Sumber//viva.co.id//

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar