Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Pantai Srau Pacitan Surganya Para Surfer

Pantai Srau.Ya... mungkin anda masih asing dengan pantai ini. Pantai yang terletak di desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan ini memang belum sepopuler Pantai Klayar. Namun keeksotisan pantainya jangan di tanya lagi karena di jamin super duber wowwww. Perjalanan bisa kita lakukan dengan menggunakan motor atau kendaraan pribadi lainnya. Karena untuk mencapai pantai Srau belum ada kendaraan umum yang sampai ke sana. Pantai Srau berjarak 25 km dari pusat kota Pacitan. Namun jangan kira anda akan mendapati perjalanan yang nyaman dengan jalan beraspal yang mulus.

Begitu anda lebih masuk ke pedalaman desa anda akan mendapati jalan yang sempit menanjak menurun dan belokan tajam. Makin jauh lagi ke dalam anda akan melewati pinggiran hutan dengan jalanan yang rusak parah. Karena itu bagi anda yang tidak biasa berkendara di tempat yang curam dan sempit, saya sarankan untuk mencari sopir ( pengendara yang handal). Sempitnya jalan tak jarang membuat mobil harus berhenti saat berpapasan dengan mobil lain yang melintas( kebanyakan mobil pengangkut hasil bumi). Namun hal yang berbeda saat perjalanan anda sampai di puncak. Birunya samudra hindia dengan deburan ombak  yang seperti salju seakan membuat kita tak ingin lepas dari tempat itu kalau saja kita tidak lupa dengan tujuan utama yaitu ke Pantai Srau.



1,5 jam perjalanan dengan berkelak - kelok naik turun lewat hutan terbayar sudah saat sampai di Pantai Srau. Deburan ombak dan semilirnya angin pantai menyambut kita saat sampai. Dengan membayar 5 ribu rupiah per orang  kita siap menjelajah Pantai Srau. Pantai yang terbagi menjadi 3 bagian ini memang terbilang masih perawan. Hal tersebut bisa kita lihat dari jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini. Bayangin aja untuk pantai yang secantik Srau kita hanya menemukan satu dua orang  padahal saat itu adalah hari libur. Jadi jangan heran kalau kesana kita seperti datang ke pantai pribadi.

Bagian pertama pantai srau terletak tidak jauh dari pos tiket  dari sini kita disuguhkan pantai putih yang  terbentang dengan gulungan ombak besar dan di sini merupakan spot terbaik untuk melakukan surfing atau berselancar.

Bagian kedua berjarak 100 meter dari pantai pertama. Pantai dengan pasir dan batu - batu karang serta pulau kecil dan rimbunnya pohon kelapa ini tak kalah eksotisnya apalagi dengan menggelar tikar sambil menikmati bekal  yang di bawa mungkin kita bakalan lupa pulang.



Bagian ketiga adalah bukit karang. Namun lokasi ini belum banyak di ketahui pengunjung karena untuk mencapainya kita harus naik turun  bukit. Namun begitu tiba anda bisa bermain air ditemani bintang dan kerang laut. Tebing tinggi yang ada di sekeliling pantai pun bisa menjadi payung karena meski terik sekalipun tempat ini terlindung dari sinar matahari.
Dan satu lagi tempat yang sayang untuk di lewatkan  yaitu karang bolong. Di sini anda bisa bermain air tanpa takut ombak besar datang karena keberadaan karang karang pemecah ombak.

Namun sangat disayangkan fasilitas Pantai ini kurang maksimal karena di sini hanya tersedia wc dan musholla sementara untuk makan kita agak kesulitan karena jarang sekali warung di tempat ini. Andai pemerintah lebih memaksimalkan fasilitas seperti jalan maupun fasilitas pantai mungkin kepopuleran pantai Srau bakal menyaingi pantai Klayar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar