Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Thomas Alfa Edison Peletak Dasar Industri Musik Dan Perfilman Dunia

Industri musik dan perfilman yang mewarnai dunia tidak datang dengan begitu sajaTahukah Anda siapa yang ada di balik hingar bingarnya dunia"gemerlap"tersebut?Seorang yang dianggap idiot oleh gurunya dan hanya mengenyam pendidikan selama 3 tahun  merupakan salah satu peletak industri ini.Thomas alfa edison dialah salah satu orang yang berjasa.

KINETOSKOP

Penemuan kinetoskop diawali pada 1884 oleh George Eastman yang menemukan pita film ( seluloid ) yang terbuat dari plastik tembus pandang.Hingga pertemuannya dengan Muybridge membuat Edison tertarik untuk ikut mengembangkan sistem tersebut.

Dibantu asistenya William Kennedy laurie dikson mereka melakukan penelitian terhadap alat tersebut tercatat selama 1889-1892 mereka bekerja sama dalam pengembangan inovasi gambar bergerak tersebut.

Untuk mengembangkan dasar fotografis silinder dibuat dari material yang tembus cahaya untuk gambar positif dan kaca untuk gambar negatif yang terbungkus collodion. Audio sebagai penyedia suara yang memiliki sinkronisasi.Gambar dapat dilihat melalui pipa yang berbentuk mikroskop.Di tahun 1889  penyempurnaan dilakukan dengan menggunakan kertas seluloid yang sensitif.Kertas ini dipilih karena dapat membungkus silinder dengan lebih sempurna.

Perjalanan Edison selama 2 bulan di Eropa dan juga pameran di Universitas di Paris turut menjadi andil suksesnya proyek Edison hingga pada1891 Edison mematenkan kamera film yang dinamakan kinematograph.1893 Edison dan ilmuan lain membuat film pendek kinetoskop berukuran hampir 1 meter hingga dapat memutar 1 rol fim sepanjang 15 meter selama 20 detik.Tahun 1894 menjadi sejarah bagi dikomersilkannya film di New york dengan menggunakan kinetoskop instrumental,yang lebih dikenal dengan Monkeyshine no 1 dengan pertunjukan seseorang yang tengah bekerja di laboratorium.

FONOGRAF

Alat untuk merekam suara dan memutar ulang ini di temukan pada 1877.Model tertua fonograf menggunakan pita suara di lapisan film metal yang tipis.Suara yang keluar dari corong penerima  di ubah menjadi sumber energi untuk menggerakkan sebuah jarum di atas lempengan timah.Jarum yang bergerak tersebut menimbulkan guratan pada timah sehingga ketika di putar ulang dengan pengeras suara suara sebelumnya dapat terdengar lagi. Lempengan timah tersebut seiring waktu diganti dengan piringan hitam.

Lagu Mary had a little lamb yang dinyanyikan Edison menandai munculnya mesin perekam suara pertama di dunia.Sehingga lagu ini menjadi populer di seluruh dunia.Dan akibatnya Fonograf diburu para pecintanya didunia.Tercatat antara tahun 1890 - 1925 Fonograf laris di pasaran. Fonograf pun  akhirnya menandai lahirnya industri musik dunia.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar