6 Langkah Atasi Biang Keringat Pada Bayi

watch_later Sunday, July 17
Bayi mempunyai kulit yang sensitif sehingga rentan terkena gangguan kulit. Masalah kulit yang sering ada pada bayi adalah gangguan biang keringat. Biang keringat bisa beraneka macam, dari yang tidak berbahaya sampai yang memerlukan penanganan medis khusus. Biang keringat bentuknya seperti bintik-bintik atau ruam kecil berwarna merah dan umumnya terdapat pada daerah seperti dahi, leher, lipatan paha, ketiak dan punggung.

Biang keringat muncul karena adanya sumbatan pada pori-pori kulit yang menjadi jalan keluarnya keringat. Sumbatan bisa berasal dari kotoran, debu maupun kuman yang lalu membuat munculnya bintik-bintik merah yang terasa gatal.

Meski biang keringat pada bayi umumnya tidak berbahaya, tapi tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi. 6 Langkah Berikut Ini Bisa Menjadi Solusi Untuk Atasi Biang Keringat Pada Bayi.

1. Gunakan Minyak Telon


image via indografika.tumblr.com
Usapkan minyak telon ke tubuh bayi. pilih dengan kandungan minyak kelapa sebesar 60%, agar bayi tidak merasa panas. Oleskan minyak telon secukupnya secara berskala.

2. Bedak


Image via  www.ibundacerdas.com
Atasi biang keringat dengan memberi bedak kusus untuk bayi. Hindari penggunaan bedak bayi pada daerah kulit yang masih basah karena gumpalan bedak dapat memicu penyumbatan dan menyebabkan biang keringat.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara


Image via www.hersays.com
Pastikan kamar bayi dalam keadaan sejuk, kondisi sejuk bisa atasi biang keringat dengan menekan produksi keringat. Sehingga bayipun juga akan merasa nyaman sebab tidak merasa kepanasan.

4. Menjaga Kulit Tetap Dingin


Image via  www.buahatiku.com
Mandi dua kali sehari membantu membersihkan kulit bayi dan menyejukanya sehingga mengurangi rasa panas pada kulit. Kelembapan yang dihasilkan dari air saat mandi bisa membuat bayi tidak terlalu mudah berkeringat.

5. Pakaian Yang Longgar


Image via www.tipsanakbayi.com
Hindari menggunakan pakaian yang ketat dari serat sintetis seperti polyester, bahan rajutan wol atau nilon. Bahan-bahan ini lebih menyerap panas dan membuat bayi makin berkeringat. Utamakan penggunaan bahan dari katun untuk atasi biang keringat.

6. Oleskan Lotion


Image via  www.ummi-online.com
Jenis biang keringat pada bayi yang menyebabkan rasa perih ( biang keringat berisi gelembung kecil berisi cairan jernih dengan dasar kulit kemerahan ), gunakanlah lotion khusus anak yang mengandung zat calamin. Mengoleskan gel pada lidah buaya juga bisa menjadi solusi untuk mendinginkan dan mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi.

Demikian beberapa langkah efektif untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Bila biang keringat pada bayi sudah sangat parah, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapat penanganan medis yang tepat. Semoga tips singkat ini bisa membantu atasi biang keringat bayi anda!

Mau Artikel PalingSeru, Baca ini :
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.