Gaji Bulanan Terus Naik, Tapi Kenapa Belum Sampai Satu Bulan Uang Sudah Habis? Inilah Jawabanya
Gaji Bulanan Terus Naik, Tapi Kenapa Belum Sampai Satu Bulan Uang Sudah Habis? Inilah Jawabanya

Gaji Bulanan Terus Naik, Tapi Kenapa Belum Sampai Satu Bulan Uang Sudah Habis? Inilah Jawabanya

Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang mengeluhkan tentang gaji bulananya yang sering kali habis sebelum datang gaji berikutnya. Heran dan juga bingung, dari segi penghasilan, beliau adalah termasuk pekerja dengan penghasilan   besar dan lebih dari cukup. Tetapi kenapa hal ini bisa terjadi? Pastinya ada sesuatu yang salah dalam management keuanganya.

Mungkin banyak juga dari anda yang mengalaminya, kemudian mengharapkan agar gaji secepatnya bisa naik . Namun setelah gaji benar-benar dinaikan ternyata, masalah yang sama pun terulang lagi. Gaji masih belum juga bisa mencukupi kebutuhan, karena pengeluaran yang terlalu besar sehingga tak sebanding dengan pendapatan yang di dapat. Jika anda adalah tipe orang yang mengalami hal seperti ini sudah seyogyanya mulai sekarang harus segera berbenah diri.

Baca Lainya :
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dan perlu dicermati untuk menghindari cepat  habisnya uang gaji bulanan anda yang sebetulnya sudah cukup besar.

1. Mengetahui Berapa Jumlah Anggaran Berbelanja Dalam Waktu Satu Bulan


Image via layarwanita.blogspot.com
Ya, mengetahui jumlah anggaran belanja dalam waktu sebulan adalah hal pokok yang wajib untuk anda lakukan agar uang gaji tidak cepat habis. Pada dasarnya, seberapa besarpun kenaikan gaji yang anda terima, jika kebutuhan berbelanja anda juga semakin banyak tentunya pengeluaran pun semakin besar pula. Hingga akirnya pendapatan dari uang gaji yang lebih besar dari sebelumnya  pun juga akan cepat habis. Nah, maka dari itu buatlah sebuah catatan atau list mengenai jumlah pengeluaran tiap bulan secara teratur.Yang nantinya catatan ini juga bisa anda gunakan sebagai bahan perbandingan di tahun-tahun berikutnya.

Dari sinilah anda akan mengetahui tentang ada tidaknya kebutuhan yang bertambah dibandingkan dengan kebutuhan di bulan, tahun sebelumnya. Jika memang terbukti pengeluaran untuk kebutuhan anda semakin banyak dari bulan, tahun sebelumnya, maka sudah pasti anda akan selalu merasa kekurangan dalam hal pendapatan atau gaji.

Maka dari itu bijaklah dalam mengelola keuangan, tahan diri anda, bedakan antara kesenangan dan kebutuhan. Janganlah jadikan kenaikan gaji sebagai alasan untuk membeli kebutuhan yang tidak terlalu penting. Jika hal ini bisa diterapkan maka anda tidak akan lagi mengalami kekurangan uang dari hasil gaji yang terus meningkat.

2. Gaya Hidup Meningkat


Image via bisnis.liputan6.com
Sudah merupakan hal yang lumrah jika kenaikan gaji akan disertai dengan gaya hidup yang juga meningkat. Apa lagi jika kenaikan gaji tersebut karena promosi dari perusahaan dimana anda dipercaya untuk naik pada jabatan yang lebih tinggi. Maka dari sinilah rasa gengsi akan timbul, semisal yang dari sebelumnya pergi ke kantor ditempuh dengan motor, maka anda berinisiatif untuk membeli sebuah mobil sebagai sarana transportasi baru ke kantor. Tentu saja yang demikian ini akan menambah beban pengeluaran anda. Sehingga, gaji yang naik pun tidak ada artinya bahkan akan semakin terpuruk.

Jika memang anda memaksakan untuk meningkatkan gaya hidup, buatlah sebuah perbandingan perencanaan sederhana antara tambahan biaya yang akan dikeluarkan dengan besarnya gaji baru yang anda peroleh. Janganlah sampai tambahan pengeluaran anda lebih besar dari tambahan gaji baru yang didapatkan.

3. Tidak Memperhitungkan Tingkat Inflasi


Image via www.tribunnews.com
Seperti yang kita tahu inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara terus-menerus sepanjang waktu. Terkadang kenaikan gaji tidak sesuai dengan inflasi tahunan. Alhasil meskipun gaji meningkat, namun kenyataan yang didapatkan justru anda mengalami kesulitan dalam hal keuangan. Maka dari itu ketika anda mendapati peningkatan gaji cermatilah juga kenaikan harga barang dan jasa yang biasa anda konsumsi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran keuangan sehingga tidak sampai kebablasan.

4. Sudahkah Anda Berbagi ?


Image via  www.republika.co.id
Perlu anda tanyakan pada diri sendiri? Sudahkah berbagi pada mereka yang kurang mampu? Jika selama ini anda belum pernah lakukan, maka cobalah untuk melakukanya. Ketahuilah dalam gaji yang anda dapatkan tersebut terdapat hak-hak dari mereka yang kurang mampu. Cobalah sedikit berbagi kepada mereka. Penuhi hak hak mereka. Ini tidak akan mempengaruhi keuangan anda. Bahkan keuangan anda akan semakin berlimpah dan mengandung banyak berkah. Yakinlah dan mulailah terapkan hal ini.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar