Manfaat Daun Salam [Syzygium Polyanthum] Yang Terbukti Ampuh Untuk Kesehatan Anda
Manfaat Daun Salam [Syzygium Polyanthum] Yang Terbukti Ampuh Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Daun Salam [Syzygium Polyanthum] Yang Terbukti Ampuh Untuk Kesehatan Anda

Daun salam, mungkin sebagian dari anda mengenal daun yang satu ini hanya sebagai tambahan bumbu untuk masakan. Yups, daun salam biasa digunakan sebagai rempah pengharum masakan, baik untuk masakan sayur, daging, tumis atau juga nasi, dan tentunya masih banyak lagi yang lain.

Namun sudahkah anda tahu ? Ternyata daun salam memiliki kasiat yang ampuh untuk kesehatan lo. Daun salam atau yang nama latinya syzygium polyanthum memiliki berbagai kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat yang ada dalam salam terbukti diantaranya, mampu menurunkan tekanan darah, manjur untuk menurunkan kadar kolesterol, mengobati diare, untuk penyakit diabetes dan tentunya masih banyak   lagi manfaat yang ampuh dari daun salam. Adapun beberapa kandungan zat yang ada di daun salam adalah sebagai berikut,

  • Minyak esensial sekitar 0,17% dengan komponen eugenol dan metil kavicol di dalamnya.
  • Ekstra etanol sebagai anti jamur serta bakteri
  • Ekstra metanol sebagai anti cacing
  • Sedang kandungan kimia daun salam meliputi minyak atsiri, tannin, dan flavnoida
  • Untuk kandungan kimia meliputi flavonoida, tennin dan minyak atsiri
  • Daun salam juga menyimpan beberapa vitamin di dalamnya, termasuk vitamin B komplek, vitamin C, yang baik untuk mengatasi asam urat

Nah, dengan beberapa kandungan zat yang terkandung didalamnya maka tidak salah jika daun salam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya

1. Terbukti Daun Salam  Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat yang pertama dari daun ini adalah baik untuk kesehatan pencernaan. Daun salam bisa digunakan sebagai alternatif obat sebagai langkah awal jika anda mengalami sakit perut/diare. Umumnya pasti banyak dari anda tahunya jambu biji sebagai obat untuk diare, namun ternyata daun salam pun bisa anda gunakan sebagai obat diare.

Adapun cara meramunya sangatlah mudah, cukup rebus daun salam dengan tambahan sedikit garam. Minumlah air rebusan ini sebagai tahap awal penanganan jika anda terkena diare.

2. Daun Salam Untuk Kolesterol

Seperti yang kita tahu kolesterol sangat sulit untuk dihindari di zaman sekarang ini. Karena hampir bisa dipastikan semua makanan yang anda konsumsi mengandung kolesterol.

Tentunya hal tersebut sangat berbahaya sekali untuk kesehatan anda. Karena kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit diantaranya penyakit stroke, juga jantung koroner.

Nah, dengan ramuan daun salam berikut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat bila anda rajin meramunya.

Siapkan 10-15 lembar daun salam yang masih segar, cuci bersih dan rebuslah hingga mendidih. Ambil airnya dan minum setiap hari menjelang tidur.

3. Daun Salam Untuk Hipertensi

Dengan rajin meminum ramuan daun salam dengan sedikit tambahan sambiloto maka dalam beberapa hari ke depan dapat menurunkan hipertensi.

4. Daun Salam Untuk Asam Urat

Berikutnya manfaat dari daun salam adalah untuk mengatasi penyakit asam urat. Maka jika anda mempunyai gejala asam urat, cobalah membuat ramuan dari daun salam dan rasakan manfaatnya dalam beberapa hari ke depan.

Yang perlu diperhatikan adalah dalam setiap kali meramu daun salam sebagai obat, tidak boleh daun salam direbus untuk kedua kalinya. Selalu gunakanlah daun salam yang masih segar.

Demikian beberapa dari manfaat daun salam. Setelah tahu akan hal ini, anda boleh mencoba meramunya untuk kesehatan anda. Ingat hidup sehat itu keren lo.

Baca :10 Manfaat Menyusui Bagi Bunda


Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar