Sering Makan Bakso? Awas, Inilah Bahayanya Bagi Kesehatan Anda

watch_later Sunday, August 28
Bakso - hemm,  siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ini. Ya, makanan yang satu ini memang bikin lidah tak henti hentinya bergoyang. Tak heran jika bakso menjadi makanan tervavorit bagi banyak orang. Harga yang relativ murah, dengan cita rasa yang begitu menggoda, menjadikan bakso sebagai alternatif untuk mengganjal perut yang sedang keroncongan.

Namun dibalik kenikmatan cita rasa bakso, ternyata jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama dapat menpengaruhi kesehatan tubuh anda. Hal ini disebabkan karena beberapa zat yang mungkin ditambahkan di dalamnya.

Waspada Bahan Pengawet yang Mungkin di Tambahkan Pada Bakso


Nah di sinilah anda harus lebih waspada, terkadang ada saja penjaja nakal yang hanya mengejar keuntungan tanpa mengindahkan kesehatan pembeli dengan menambahkan bahan pengawet biasanya berupa boraxs atau formalin. Tujuan ditambahkanya zat tersebut adalah untuk menjaga ketahanan  bakso buatanya agar lebih awet tidak cepat basi sehingga memungkinkan untuk dijual dalam beberapa hari kedepan. Jika bakso dengan kandungan boraxs dan formalin ini anda konsumsi terlalu sering maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit diantaranya.


  • Bakso dengan campuran boraks dan formalin dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung.
  • Menyebabkan penyakit kangker ( bakso dengan bahan tambahan boraks dan formalin jika dikonsumsi terlalu sering akan merusak sel di dalam DNA, jika kerusakan ini terus terjadi dalam jangka waktu yang lama maka bisa memicu pertumbuhan sel kangker.
  • Meningkatkan resiko keguguran pada ibu hamil (bakso dengan tambahan boraxs, dapat merusak organ tubuh pada janin yang baru terbentuk).
  • Menyebabkan Diare ( karena dinding pencernaan mengalami iritasi dan peradangan yang diakibatkan bahan tambahan boraxs atau formalin)
  • Timbulnya gangguan pada usus .
Nah itulah beberapa bahaya jika mengkonsumsi bakso dengan tambahan bahan pengawet seperti boraks atau formalin. Namun bukan berarti bakso tanpa bahan bahan berbahaya tersebut bisa anda konsumsi setiap hari lo, apa sebabnya? Yaitu adanya bahan lain yang ada dalam bakso yaitu MSG ( Mononatrium Glutamat) atau yang lebih akrab ditelinga dengan sebutan vetchin. Sebenarnya bukan hanya untuk bakso saja semua olahan makanan jika terlalu banyak menambahkan vetchin akan menimbulkan gangguan kesehatan lain seperti hipertensi, sariawan, bahkan dari beberapa penelitian dalam jangka waktu yang panjang bisa memicu timbulnya penyakit kangker.

Tips mengkonsumsi bakso agar aman bagi kesehatan tubuh kita


Pada dasarnya bakso dibuat dari bahan bahan dasar yang sebetulnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya daging sebagai sumber vitamin, mineral dan zat besi, Terigu yang mengandung Karbohidrat, Telur dengan kandungan ( zat besi, kalsium, protein), Ikan ( mengandung protein, omega 3 dan 9)

Bahkan dari bumbu rempahnya memiliki khasiat yang luar biasa, seperti bawang putih yang mengandung zat anti kangker, daun selederi dengan kandungan vitamin A,B1,C,E,K,B2,B3,B6,B5. 

Nah dari uraian diatas maka bakso sebenarnya memiliki manfaat yang baik, namun yang perlu diperhatikan adalah :
  • Tidak di tambahkan bahan pengawet dalam hal ini biasanya berupa boraxs atau formalin.
  • Tidak menambahkan MSG secara berlebihan.
  • Untuk menjaga kualitasnya bakso bisa dibikin sendiri dengan menambahkan telur, dan beberapa sayuran hijau agar kandungan nutrisinya semakin banyak.
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.