Kembali Menengok Serunya Suasana Lebaran di Desaku, Trenggalek

watch_later Monday, 8 August 2016

Hari raya memang sudah berlalu namun hangatnya kebersamaan itu masih terekam indah di dalam ingatan. Jadi sangat sayang rasanya untuk tidak menuliskan di blog ini, ya meskipun sudah telat momennya tapi jika tidak di share rasanya kok ada yang mengganjal di perasaan.

Ya siapa tau aja ada pembaca yang baru tau dan penasaran bagaimana uniknya berlebaran di tempat saya tercinta yaitu kabupaten Trenggalek yang sekarang Bupatinya Bapak Emil Dardak suami dari artis Arumi Bahcsin.
Bapak Bupati Beserta Istri
Antusias masyarakat Trenggalek saat menyambut datangnya hari raya lebaran ( idhul fitri ) memang tiada duanya dengan tempat lain. Memasuki pertengahan puasa, dengan suka rela dan bergotong royong masyarakat membuat hiasan di jalan - jalan. 


Keunikan berikutnya adalah saat malam takbir, diadakan takbir keliling untuk anak - anak TPA  dengan berjalan membawa oncor berkeliling kampung. Menjelang pagi para ibu sibuk menyiapkan ambeng untuk di bawa selamatan di masjid atau musholla, seusai sholat ied ambeng yang tadi di bawa dibagi bersama - sama.

Pulang dari Masjid dengan segera seluruh keluarga bersiap untuk saling berkunjung ke rumah tetangga. Namun jangan di fikir cuma satu dua rumah saja yang di kunjungi namun hampir satu kampung. Karena perlu tahu saja setidaknya mulai pukul setengah sembilan sampai jam 12  kita terus saja keluar masuk rumah untuk bersilaturahim. Nah sembari bersilaturahmi keliling kampung tak lupa selfie.
Inilah keunikan suasana lebaran desaku

Kemeriahan hari raya tidak berhenti sampai hari raya pertama saja ,Hari taya kedua sampai ke lima biasanya di gunakan untuk saling berkunjung kerumah saudara jauh.

Dan puncaknya yaitu ketika hari raya ke 7 yaitu ketika kupatan tiba. Malam kupatan biasanya di desa Sukorame diadakan pesta kembang api. Lalu paginya ambengan ketupat "atau membawa ketupat di masjid atau mushola" . Berikutnya yang paling di tunggu yaitu pelepasan balon plastik. Ratusan balon nampak indah menghiasi langit dengan berbagai macam kreasi serta warna. Ya meskipun sebenarnya oleh pak Polisi di larang sih, karena berbahaya. Namun bagaimana karena tradisi pelepasan tahun sudah ada sejak berpuluh tahun yang lalu atau bahkan lebih. Jadi rasanya tidak bisa begitu saja untuk ditinggalkan apalagi pelepasan balon hanya dilakukan setahun sekali.
ini yang paling seru pelepasan balon plastik

Daerah yang sering dikunjungi pada saat tradisi kupatan adalah di wilayah kecamatan Durenan. Ya karena disinilah awal dari tradisi kupatan di Trenggalek. Jika anda datang di daerah ini tiap kali anda berkunjung kerumah - rumah anda akan di jamu dengan kupat atau ketupat. Sayurnya bermacam - macam sesuai dengan selera si empunya rumah. Namun yang wajib ada yaitu sayur nangka muda.
Ramai saat tradisi kupatan

Namun tradisi kupatan tidak hanya berpusat di Kecamatan Durenan saja. Di kecamatan kota yaitu kecamatan Trenggalak, sejak beberapa tahun belakangan ini juga di adakan kupatan. Namun bedanya jika di wilayah ini yang lebih di tonjolkan adalah unsur hiburannya. Setidaknya setiap RT di wajibkan untuk menyediakan hiburan dengan tetap menyediakan ketupat sebagai hidangannya. Di sini kita tidak perlu harus bertamu ke rumah orang untuk menikmati seporsi ketupat cukup antri di tempat - tempat yang telah disediakan kita sudah dapat menikmati ketupat secara gratis.

Bagaimana anda tertarik untuk menikmati indahnya hari raya di Trenggalek? Kiranya tahun depan anda bisa mengunjungi Trenggalek untuk melihat bagaimana guyubnya suasana lebaran di Trenggalek.


Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.