Mengerikan, Inilah Bahayanya Jika Kamu Suka Tidur Pagi

watch_later Monday, 29 August 2016
Tidur merupakan aktifitas alamiah yang rutin dilakukan oleh setiap orang. Dengan tidur maka memberikan waktu untuk meregenerasi sel-sel dalam tubuh. Sehingga ketika bangun tubuh kembali terasa segar. Tidur yang paling baik menurut para ahli kesehatan adalah sekitar 7-8 jam pada malam hari, dan 30-60 menit pada siang hari.

Tidur yang melebihi rentan waktu tersebut menurut para ahli kesehatan justru akan berdampak negatif untuk kesehatan tubuh. Terlebih jika tidur dilakukan pada pagi hari, bisa menimbulkan berbagai ancaman penyakit berbahaya bahkan kematian.

Nah, bagi kamu yang masih suka tidur di pagi hari segera rubahlah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang, karena ada beberapa bahaya yang mengintai kamu jika terus melakukan kebiasaan tidur di pagi hari. Apa sajakah itu? Simak ulasanya.

Bahaya Tidur di Pagi Hari


1. Rawan Terkena Penyakit Jantung

Bahaya yang pertama jika kamu suka dengan tidur pagi adalah rawan terkena penyakit jantung. Sebuah penilitan yang di lakukan oleh Nurses Health Study dengan melibatkan 72.000 wanita menemukan fakta bahwasanya wanita yang suka tidur di pagi hari dengan kisaran (jam 9-11), 38% kemungkinan lebih tinggi terkena  penyakit jantung.

2. Lebih Rentan Terkena Diabetes

Berikutnya adalah kemungkinan terkena penyakit diabetes lebih tinggi. Dikarenakan waktu tidur yang tidak biasa dan lebih panjang dari umumnya menyebabkan metabolisme tubuh semakin menurun hingga akirnya mempengaruhi kinerja berbagai organ tubuh tak terkecuali pankreas. Ketika kinerja dari organ ini terganggu maka satu langkah lagi penyakit diabetes lebih dekat denganmu.

3. Rawan Terhadap Penyakit Kangker Darah

Selanjutnya jika kebiasaan tidur pagi terus kamu lakukan maka bisa memicu munculnya penyakit kangker darah. Ketika tidur terutama di pagi hari maka tubuh kita akan mengalami kenaikan kadar darah putih. Hal ini lah yang akan memicu munculnya penyakit kangker darah.

4. Sering Mengalami Sakit Kepala

Dengan melakukan tidur pagi maka otomatis waktu tidur kita menjadi semakin lama. Sering kita rasakan aktifitas tidur yang berlebih ini malah akan menimbulkan rasa pening di kepala. Kenapa hal ini bisa terjadi? Disebabkan karena adanya cairan serebrospina yang mengalir ke otak ketika kita sedang tidur, dan sudah pasti semakin lama waktu tidur kita maka aliran serebrospita ke otak pun semakin banyak, dan dampaknya dapat menyebabkan sakit kepala.

5. Masalah Ketidak Seimbangan Metabolisme Tubuh

Dengan membiasakan tidur di pagi hari tentunya akan menggangu ritme pola hidup yang semestinya. Dari mulai makan pagi yang terlupakan hingga berbagai aktifitas yang terlewatkan . Tentu hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, dimana dalam hal ini mempengarui metabolisme tubuh. Dengan memperpanjang waktu tidur di pagi hari tentunya kita akan menunda sarapan pagi yang idealnya antara jam 6-8 pagi. Ketika hal ini terus terjadi secara berulang-ulang maka tubuh pun akan terbiasa tidak merasakan lapar di jam tersebut karena posisi sedang tidur. Inilah yang mempengaruhi kecepatan metabolisme tubuh yang dapat menyebabkan penambahan berat badan/obesitas.

6. Resiko Kematian Yang Tinggi

Dengan melakukan tidur pagi  maka waktu ideal tidur pun semakin bertambah. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwasanya tidur yang melebihi 8 jam perhari lebih rentan mengalami kematian dini dari pada mereka yang tidur dalam waktu ideal 7-8 jam.

Nah itulah beberapa  dampak buruk yang sangat mengerikan jika kamu sering memperpanjang tidur di pagi hari. Maka untuk menghindari tidur di pagi hari hilangkan kebiasaan begadang di malam hari. Berikan komentarmu tentang bahaya tidur di pagi hari.

Ingat hidup sehat itu keren!!
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.