Pembibitan Sengon Yang Membawa Berkah

watch_later Monday, 15 August 2016
Musim hujan memang belum tiba namun masyarakat desa Sukorame, kecamatan Gandusari, Trenggalek sudah sibuk dengan usaha pembibitan mereka. Ya saat ini merupakan saat yang tepat untuk memulai usaha pembibitan sengon laut. Karena perhitungan masa tanam yang bertepatan dengan datangnya hujan pertama yaitu di bulan november. Jadi saat tiga bulan kedepan sengon sudah siap di tanam.

Usaha pembibitan sengon laut ini semakin banyak diminati petani karena hasil yang menjanjikan. Dengan masa panen yang singkat yaitu antara 2 setengah bulan sampai 3 bulan petani sudah dapat menikmati hasil usahanya.

Sehingga tak heran jika tahun lalu merasakan sukses maka tahun ini banyak petani yang menambah jumlah tanaman sengon mereka karena memang hasilnya yang menjanjikan.

Hal tersebut akhirnya juga berdampak pada perekonomian masyarakat sekitarnya. Karena banyak pemilik lahan pembibitan mencari buruh lepas untuk mengisi tanah di polibek. Memang jika di bandingkan dengan buruh tanam padi masih kalah jauh upahnya.

Jika buruh tanam padi setidaknya lima puluh sampai enam puluh di dapat sampai pukul 12 siang, maka untuk buruh ngisi polibek setiap 1000 polibek yang di isi tanah cuma di upah 40 ribu. Dengan catatan satu hari cuma dapat 600 sampai 700 polibek yang diisi tanah. Jadi pendapatan rata - rata ya sekitar 25 ribu. Namun untuk ukuran desa sangat membantu sekali mengingat lapangan pekerjaan yang memang minim.

Buruh untuk mengisi tanah di polibek kebanyakan dilakukan oleh para ibu. Karena kebanyakan kaum perempuan di desa tidak bekerja. Sehingga momen bekerja untuk mengisi tanah di polibek sangat di manfaatkan oleh kaum ibu untuk menambah penghasilan mereka.

Pagi setelah semua pekerjaan rumah selesai mereka biasanya langsung bergegas menuju sawah tempat pengisian polibek. Lalu jam 12 atau ketika makan siang mereka akan pulang sambil istirahat dan sholat dhuhur.Setelah beristirahat biasanya para ibu melanjutkan aktivitasnya sampai sore tiba.

Pekerjaan mengisikan tanah tersebut bisanya berlangsung selama  2 bulan yang dilanjutkan dengan menanam benih sengon.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.