Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Undur-Undur dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Undur-undur dan manfaatnya bagi kesehatan - Undur-undur, hewan ini termasuk dalam kelompok serangga yang masuk dalam keluarga familia Myrmeleontidae. Undur-undur umumnya banyak kita jumpai di sekeliling rumah yang tanahnya berpasir, biasanya sarang dari hewan ini berupa lubang berpasir berbentuk corong, dengan kedalaman kurang lebih 3 cm.

Seperti halnya ulat yang bisa berubah jadi kupu-kupu, undur-undur juga mempunyai kemampuan untuk metamorfosis sempurna yaitu ( telur, larva, kepompong, serangga) setelah mengalami metamorfosis undur-undur akan memiliki sayap dan bisa terbang, penampilanya akan berubah, sekilas jika diperhatikan menyerupai capung.

Undur-undur termasuk tipe hewan yang pasif dalam berburu mangsanya, karena hanya menunggu mangsa terperosok ke dalam sarang yang dibuat. Umumnya mangsa utama dari hewan ini adalah serangga kecil  seperti semut. Hewan ini terbilang sangat unik, sesuai namanya undur-undur yang berarti berjalan mundur, Ya, segala aktifitas hewan ini dilakukan dengan berjalan mundur, seperti dalam membangun sarangnya. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan diri dan memperdaya  pemangsa lainya.

Manfaat Undur-Undur Untuk Kesehatan

Selama ini mungkin banyak dari kita yang mengenal undur-undur sebagai hewan yang mungkin dianggap menjijikan, namun ternyata di balik tampilanya yang dianggap menjijikan ternyata undur-undur memilik khasiat yang terbukti luar biasa dalam bidang kesehatan diantaranya adalah undur-undur dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit Diabetes dan juga Stroke.

Banyak teori yang mengungkapkan bahwa undur-undur mampu memperlancar peredaran darah. Kandungan zat sulfonyluera yang terdapat dalam undur-undur mampu melancarkan kinerja pankreas dalam proses memproduksi hormon insulin. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut tentang hal ini, namun para praktisi kesehatan menguatkan fakta tersebut dengan menuturkan bahwa zat sulfonyluera yang terdapat dalam undur-undur memiliki kinerja yang sama dengan obat diabetes militus buatan yang sudah banyak peredaranya.

Tips Mengkonsumsi Undur-Undur sebagai obat

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi undur-undur sebagai obat adalah jangan pernah mengkonsumsi undur-undur yang sudah dalam keadaan mati, karena berpengaruh pada kasiatnya. Usahakan selalu mengkonsumsi dalam keadaan hidup. Anda bisa langsung menelanya, atau jika anda jijik, bisa dimasukan dalam kapsul ukuran 500 mg.

Demikian manfaat dari undur-undur yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan, karena sehat itu keren!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar