Awas, Main Smarphone Sebelum Tidur Berdampak Negative Bisa Menyebabkan Kebutaan

watch_later Sunday, 25 September 2016
Telepone pintar atau yang lebih dikenal dengan smartphone memang seakan menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Hampir setiap waktu, kapan saja, dan dimana saja smartphone selalu menemani setiap langkah penggunanya. Dari tidur,makan, mandi dan sebagainya, seolah yang namanya smartphone telah menjadi soulmate yang tidak bisa terpisahkan.

Namun tahukah kamu, dibalik kemudahan fitur tegnologi yang ditawarkan smartphone ternyata memiliki dampak negative bagi kesehatan kususnya mata, jika kamu tidak bisa mengontrol penggunaanya. Banyak dari sekian pengguna smarphone, mungkin juga salah satunya kamu, yang asik memainkan telepone pintar ini sembari tiduran, entah itu buat chat, browsing, ataupun sekedar bermain game. Memang sangatlah asik memainkannya sambil tiduran, namun hal ini mempunyai dampak yang buruk bagi mata kamu. Gak percaya simak ulasanya.

Bahaya Main Smartphone Sambil Tiduran, Bisa Memicu Kebutaan


Sebuah laporan yang dimuat dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwasanya resiko terkena Transient Smartphone Blindness akan lebih besar pada pengguna yang memainkan smartphone sambil tiduran, dimana sindrom ini akan membuat mata  penggunanya  tidak bisa melihat untuk beberapa saat lamanya dikarenakan penyesuaian cahaya dari mata kiri ke mata kanan. Umumnya sindrom ini menyerang kamu yang memainkan smartphone sambil tiduran dengan salah satu mata terpejam atau tertutup bantal. Kebiasaan ini sering kali dilakukan ketika pengguna terjaga dari tidurnya, di tengah malam. Ntah karena terbangun karena ada suara pesan chat, sehingga pengguna terjaga dan segera melihat pesan tersebut. Karena masih dalam keadaan ngantuk terkadang pengguna melihat layar dengan mata sebelah, di mana mata yang satunya terpejam atau tertutup bantal.

Nah, jika kamu termasuk pengguna dengan kebiasaan seperti ini segera rubah kebiasaan tersebut agar mata kamu tetap sehat, karena jika terus kamu lakukan dalam jangka yang lama maka kemungkinan mata kamu akan mengalami minus sebelah. Terlebih jika ruangan dalam keadaan gelap.

Bisa Menimbulkan Penyakit Imsonia


Ya, dengan kamu sering memainkan smartphone sebelum tidur maka proses regenerasi sel dalam tubuh menjadi telat sehingga membuat gelisah dan susah tidur/imsonia yang diakibatkan dari radiasi sinar biru dari smartphone.

Baca Lainya : 10 Tips Mengatasi Mata Lelah Karena Kelamaan Menghadap Layar Laptop

Bahaya lain dari radiasi sinar yang di pancarkan smartphone ditempat gelap adalah bisa menyebabkan mata kelelahan dan yang lebih parah bisa menyebabkan gangguan ataupun juga penyakit mata lainya. Melihat layar smarphone terlalu lama di tempat gelap akan mengurangi frekuensi berkedip sehingga mata kering, dan jika terus dilakukan mata bisa iritasi dan gangguan penyakit mata akan mudah muncul.

Setelah mengetahui bahayanya bermain smartphone sambil tiduran, apa pendapat kamu? 
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.