Enam Pesona Jurug Trenggalek Yang Menawan Hati

Berbagai potensi wisata di Trenggalek sebenarnya tidak kalah menarik dengan potensi tempat wisata di daerah lain. Namun karena masih kurangnya campur tangan pemerintah wisata Trenggalek seakan tetap jalan di tempat. Bagi kebanyakan wisatawan tempat wisata Trenggalek ya Pantai Prigi. Namun selain itu ada banyak sekali yang belum ter expose. Sebutlah beberapa curug yang ada di Trenggalek. Pasti orang Trenggalek sendiri belum banyak yang tahu. Empat curug berikut ini akan membuat anda semakin terpesona dengan wisata Trenggalek.

1. Jurug Gue


Jurug gue, via instagram by @rizky_dwi_sandi
Berada di sebelah tenggara desa Mlinjon kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Jurug gue menawarkan keindahan air terjun yang mengalir melewati bebatuan. Indahnya air yang mengalir melewati bebatuan yang besar dan air terjun yang tidak langsung jatuh kebawah memungkinkan anda untuk menikmati sensasi kesegaran jurug Gue. serta Rindang pepohonan yang masih alami serta udara yang sejuk membuat anda betah untuk berlama- lama ditempat ini.
Jurug ini berada 20 km dari pusat kota Trenggalek. Namun untuk sampai ke tempat wisata ini hendaknya anda menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Hal tersebut karena belum tersedianya akses kendaraan umum yang sampai tempat wisata ini. Dan jangan lupa untuk membawa bekal makanan sendiri.

2. Jurug Waru

Jurug waru, foto via instagram by @fadil_amalia
Dengan pesona tebing yang luas dan sangat indah jurug waru merupakan destinasi wisata Trenggalek berikutnya. Keunikan jurug ini adalah air yang terus mengalir sepanjang waktu serta kokohnya bebatuan yang terdapat lubangyang mengalirkan air terjun sehingga nampak terlihat exsotis. Jika kamu mempunyai kemampuan renang yang baik tak ada salah nya mencoba berenang di kedung bawah air terjun. Dengan warna air hijau jernih pastinya bikin kamu nyesel jika tidak mencoba mwnikmati sensasi kesegarannya. Namun buat yang ngga bisa renang sangat tidak disarankan karena kedung ini berkedalaman 5 meter lebih. Berada di desa Watuagung kecamatan Dongko kabupaten Trenggalek. Wisata ini sedikit banyak sudah mulai diminati selain oleh masyarakat lokal wisatawan luar daerah pun juga mulai berdatangan. Untuk sampai ke tempat ini kamu langsung aja lewat jalan raya Dongko Panggul. Setelah menemukan puskesmas Pandean sebelahnya terdapat pertigaan lalu ikuti jalan beraspal sampai pertigaan selanjutnya atau depan SDN Pandean di situ terdapat pertigaan selanjutnya tinggal ikuti papan petunjuk lokasi.

3.Jurug Mangu

foto via tukangdolantrenggalek.com
Berada di dusun premban desa Dongko. Jurug ini mempunyai view yang sangat indah terutama bebatuan dan tebing yang sangat indah. Tak hanya sampai situ air yang tenang dengan warna hijau serta di kedua sisi terdapat tebing yang curam seolah membawa kita berada di grand canyon. Untuk sampai tempat ini memang tidak mudah. Namun hal itu dapat terobati dengan indahnya pemandangan di sepanjang perjalanan menuju jurug. Bahkan sebelum sampai jurug kita sudah di sambut dengan keeksotisan telaga Anggraini.
foto via tukangdolantrenggalek.com
Melanjutkan perjalanan kita akan disambut dengan tebing yang menjulang tinggi dan curam. Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin jembatan bambu yang sudah usang menjadi tantangan tersendiri. Namun segala lelah akan terbayar begitu kita sampai di jurug Mangu.

4.Jurug Songgolangit

foto via instagram, by @nurul_herly
Berada di desa Jombok kecamatan Pule. Jurug ini menawarkan keindahan yang luar biasa.
Yaitu bentuk curugnya yang berundak undak. Setidaknya ada 4 undagan yang mempunyai pemandangan yangberbeda di setiap undagannya.
Bebatuan cadas nampak tersebar di sungai yang mengalir di bawah curug. Untuk menikmati undagan demi undagan diperlukan tenaga extra. Maka persiapan fisik memang sangat di perlukan. Namun kelelahan itu bakal terbayar ketika sampai di puncak curug.Nuansa terasiring area persawahan serta gemericiknya air terjun membuat kamu bakal ngga rela ninggalin tempat ini. Untuk mencapai tempat ini tidaklah terlalu sulit  hanya dibutuhkan fisik yang kuat karena kita harus naik turun bukit. Namun suara gemericik anir serta rindangnya pohon cemara membuat perjalanan seolah tak terasa.

5.Jurug Tundan


Foto via tukangdolantrenggalek.com
Berada di desa Joho kecamatan Pule  jurug Tundan juga menyimpan keindahan alam yang rupawan. Asal kata Tundan sendiri karena jurug ini bertingkat. Namun jarak tingkat dari jurug ini hanya berkisar 5 meteran yang berada di percabangan sungai. Dibawahnya terdapat kedung yang tidak terlalu dalam. Sebelum listrik masuk desa ini Jurug tundan telah memberi manfaat pada masyarakat sekitar. Karena di jurug ini dulunya sempat di bangun kincir air sebagai pembangkit listrik masyarakat desa. Untuk sampai tempat ini tidaklah sulit . kamu cukup mencari tempat untuk menitipkan kendaraan kamu. Selebihnya jalan menyusuri pinngir sungai sambil menikmati pesona sekitar jurug. Maka sampailah kamu di jurug Tundan.

6. Jurug Terbang

Foto via instagram, by @rubiantoro_rizky
Berada di Desa Karang Rejo, Kecamatan Kampak berbatasan dengan Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo. Memang tempat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar. Pesona jurug yang berundak menyuguhkan keindahan yang luar biasa. Tingkat pertama dengan ketinggian 30 m, sementara tingkat kedua mencapai ketinggian 20 m. Hal yang unik dari jurug ini adalah banyaknya burung yang terbang mengitari jurug. Untuk sampai tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan akses jalan yang sudah lumayan bagus.
 

2 Responses to "Enam Pesona Jurug Trenggalek Yang Menawan Hati"

Berkomentarlah dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel