Penting Untuk Diketahui, Fakta Dan Mitos Terkait Manfaat Minum Air Hangat Biar Kamu Gak Salah Paham

watch_later Friday, 2 September 2016
Banyak pendapat di berbagai kalangan masyarakat, bahwa dengan minum air hangat dipercaya memiliki manfaat yang lebih banyak jika di bandingkan dengan minum air biasa/dingin. Namun pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, meskipun dalam kondisi-kondisi tertu memang di benarkan.


Image via www.tutorialoka.com
Air merupakan sumber kehidupan yang paling utama di muka bumi ini. Manusia sendiri memerlukan air setidak tidaknya 8 gelas perhari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang sehingga sistem metabolisme tubuh tetap terjaga dan bekerja lancar. Berkurangnya cairan dalam tubuh sendiri dapat disebabkan dari keluarnya keringat saat beraktifitas, bisa juga dari uap hembusan nafas atau juga bisa melalui urine dan kotoran saat buang air besar. Oleh karena itu minum air putih sangat diperlukan oleh tubuh mengingat setiap hari tubuh kita banyak kehilangan cairan.

Nah, kembali pada topik mengenai air hangat, dimana banyak rumor di masyarakat awam yang beranggapan bahwa minum air hangat lebih baik dari pada meminum air dingin, ternyata rumor tersebut tidak sepenuhnya di benarkan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Fakta dan Mitos Terkait Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan


Dari beberapa sumber terpercaya, mengungkapkan bahwasanya memang benar bahwa dengan meminum air hangat dapat,

Meredakan Sakit Tenggorokan

Hal ini merupakan fakta, karena jika kondisi tenggorokan sakit, maka akan bertambah parah jika meminum air dingin, terlebih jika air es. Dengan meminum air hangat maka kondisi tenggorokan yang sakit dapat segera teratasi sebab cairan hangat dapat membantu tubuh untuk mengurangi iritasi ringan pada tenggorokan.

Tak heran jika orang tua jaman dahulu sering menganjurkan untuk meminum air hangat dengan campuran jahe, atau lemon dan madu jika mengalami sakit tenggorokan, dan hal ini memang dibenarkan secara medis.

Berikut ini Tips Meredakan Sakit Tenggorokan,

Siapkan satu gelas air hangat, tambahkan setengah sendok teh dapur aduk hingga rata. Kemudian gunakanlah air campuran garam tersebut untuk berkumur. Lakukanlah hal ini 3 kali sehari.

Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Minum air hangat saat menstruasi dapat mengurang rasa nyeri di perut. Hal ini juga dibenarkan secara medis. Selagi anda sedang hait minumlah dalam jumlah yang cukup, sehingga rasa nyeri hait dapat berkurang. Terlebih jika minum air hangat dalam keadaan hait bisa merelaksasi otot yang kram dan aliran darah ke kulit dapat meningkat.

Membakar Lebih Banyak Kalori

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa dengan minum air hangat dapat membakar kalori dalam tubuh. Tentu hal ini adalah Mitos. Anggapan dan klaim yang kurang tepat. Faktanya ternyata bukan air hangat yang dapat membakar kalori melainkan malah air dingin, minum air es bisa membakar 8 kalori tubuh. Hal ini bisa saja terjadi karena suhu tubuh akan meningkat untuk menghangatkan air dingin di dalam tubuh.
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.