Sering Mengupil Ternyata Membuktikan Kalau Hidungmu Sehat lo, Gak Percaya!! Simak Ulasanya

watch_later Tuesday, 13 September 2016
Kotoran hidung atau yang lebih dikenal dengan sebutan upil ini, memang sering terasa mengganggu keberadaanya di dalam hidung. Sehingga tak ayal jika setiap orang hampir selalu mengupil setiap hari. Hal ini sebenarnya tidaklah jorok, karena munculnya upil di dalam hidung pertanda bahwa sistem kerja organ hidung anda masih normal dan bekerja dengan baik.

Pada dasarnya kotoran hidung/upil ini adalah ingus yang mengering. Seperti yang kita tahu di dalam hidung manusia terdapat sebuah selaput lendir dimana selaput lendir ini akan terus bekerja untuk memproduksi cairan lendir yang berfungsi untuk melapisi rongga hidung. Lendir pada rongga hidung ini sendiri mempunyai peran besar dalam menjaga kualitas udara yang dihirup, dimana lendir pada hidung ini akan menahan debu serta pantogen yang ikut terhirup saat bernafas. Pantogen yang biasa terhirup mempunyai wujud yang beragam, bisa virus, bakteri, maupun mikroorganisme. Dengan adanya lendir di dalam hidung maka akan menahan pantogen untuk masuk lebih jauh menuju organ terdalam. Dan tentunya akan sangat berbahaya jika sampai masuk dalam paru-paru yang berakibat bisa infeksi, iritasi, dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan timbulnya paru-paru.

Proses Terbentuknya Upil


Sebenarnya lendir hidung/ingus juga diproduksi di dalam saluran pencernaan dan pernafasan. Dalam satu hari umumnya organ hidung serta sinus akan memproduksi lendir/ingus bisa mencapai 1 liter. Tentunya produksi yang banyak ini untuk menahan debu maupun pantogen yang ikut terhirup, karena lendir yang sifatnya lengket maka debu dan kotoran akan menempel dengan sendirinya pasa rambut halus disisi dalam hidung (silia). Nah kotoran atau debu yang tertahan inilah yang disebut upil, baik yang sudah mengering maupun masih basah.

Resiko dan Kebiasaan Mengupil


Meskipun dari penjelasan diatas bahwasanya mengupil adalah suatu hal yang normal namun bukan berarti kebiasaan ini bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Terlebih saat jari tangan dalam keadaan kotor. Karena bisa jadi kuman pada jari tangan akan menyebabkan timbulnya infeksi pada hidung. Selain itu juga jika jari tangan yang digunakan untuk mengupil tidak segera dibersihkan bisa menyebarkan berbagai virus salah satunya adalah virus influenza.

Maka dari itu langkah terbaik untuk menghilangkan upil dari dalam hidung adalah dengan menghembuskanya.  Karena potensi akan kuman akan lebih sedikit. Namun terkadang upil tidak mudah untuk dihembuskan, jadi jika harus mengupil dengan tangan, alangkah bijaknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu untuk menghilangkan kuman yang mungkin menempel pada jari tangan.

Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.