Wajarkah Sering Pipis Saat Hamil ? Ini Dia Tips Mudah Mengatasinya!
Wajarkah Sering Pipis Saat Hamil ? Ini Dia Tips Mudah Mengatasinya!

Wajarkah Sering Pipis Saat Hamil ? Ini Dia Tips Mudah Mengatasinya!

Buat bunda yang sedang hamil, pernahkah mengeluhkan tentang seringnya untuk pipis? Pastinya  bunda-bunda yang sedang hamil pernah mengalaminya. Tentu hal ini sangat merepotkan buat bunda, karena harus sering bolak-balik ke kamar mandi, apalagi kondisi perut yang tengah hamil, sabar ya bund!
Image via ibuhamilweb.com

Sering pipis saat hamil adalah sesuatu hal yang wajar, bahkan hampir di pastikan semua bunda yang sedang hamil mengalaminya, umumnya kebiasaan ini akan terjadi menginjak usia trimester pertama dan ketiga, terlebih jika usia kandungan sudah memasuki usia akhir kehamilan, keinginan untuk pipis akan semakin meningkat.

Nah, buat bunda tidak usah kwatir ya, karena hal itu adalah normal, hal ini karena disebabkan oleh beberapa hal berikut,

1. Setiap bunda yang tengah hamil pastinya akan mengalami perubahan hormon, dimana perubahan hormon itu sendiri akan menimbulkan beberapa efek, termasuk bunda lebih sering mengalami buang air kecil.

2. Dengan kondisi bunda yang sedang hamil maka produksi urine akan meningkat dikarenakan banyak zat yang tidak berguna di dalam tubuh bunda, maka dalam hal ini ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang zat-zat yang tidak berguna tersebut melalui urine.

3. Kondisi sering buang air kecil ini akan semakin meningkat menginjak usia kehamilan sudah tua, karena posisi janin yang sudah berada di bawah hingga menekan kandung kemih, sehingga menyebabkan bunda sering pingin pipis.

Hemm betapa gak nyamanya bunda saat mengalami hal ini, namun sabar ya bund demi buah hati tercinta, yang penting buah hati bisa lahir dengan normal tanpa kurang satu apapun, amiin. Untuk mengatasi hal ini bunda bisa menggunakan tips berikut ini, mudah mudahan bisa sedikit membantu.

Tips Sederhana Mengatasi Sering Pipis Bagi Ibu Hamil

  • Kebiasaan sering pipis yang paling tidak nyaman buat bunda hamil adalah di malam hari, hingga akirnya bunda bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, tentu selain hal ini tidak nyaman juga mengakibatkan kurangnya kualitas tidur bunda, nah untuk mengatasinya, bunda di sarankan untuk tidak minum menjelang tidur, namun bukan berarti mengurangi konsumsi air, bagaimanapun air itu penting agar bunda tidak dehidrasi. Maka dari itu bunda harus mencukupi kebutuhan air setidaknya 8 gelas dalam sehari dan cukupilah di siang hari, agar malam harinya bisa tidur nyenyak tanpa bolak-balik ke kamar mandi.
  • Tips berikutnya adalah alangkah bijaknya jika bunda yang tengah hamil untuk menghindari minuman yang berkafein, karena minuman jenis ini bisa membuat bunda sering pipis. Selain itu juga minuman yang mengandung cafein sangat berbahaya untuk kesehatan janin bunda, bahkan dampak terburuknya bisa menyebabkan keguguran dan juga terjadinya kelainan fisik pada janin.
  • Selanjutnya bunda bisa melakukan senam kegel, dimana senam kegel sendiri ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah, manfaat dari senam ini untuk mengencangkan otot-otot dibawah rahim, kantong kemih dan usus besar. Secara umum senan kegel bisa membantu kontrol otot untuk buang air.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar