Apakah Benar, Uang Logam Rp 500 Edisi Tahun 1991 Memiliki Kandungan Emas?

watch_later Tuesday, 18 October 2016
Pecahan uang logam Rp.500 tahun 1991 apakah benar memiliki kandungan emas? Mungkin dalam ingatan masih tersisa sedikit memori kenangan beberapa tahun silam. Di mana masyarakat banyak yang berburu uang logam Rp.500 untuk dijadikan sebuah cincin. Ya, saat itu memang tengah booming pembuatan cincin dari uang logam, dan merupakan fenomena unik di masyarakat kita.

Kala itu memang beredar kabar, bahwa pecahan Rp.500 mengandung emas, masyarakat pun beramai ramai mencari pecahan uang logam tersebut untuk kemudian di jadikan cincin. Bahkan seingat admin saat itu anak anak kecilpun banyak yang membuatnya dengan alat ala kadarnya, hanya dengan palu dan paku. Uang logam dilubangi pada bagian tengah, kemudian mulailah dibentuk sebuah cincin. Setelah dihaluskan hasilnya pun cukup lumayan bagus, warnanya kuning keemasan dan terlihat mengkilap.

Nah, terkait benar tidaknya uang logam pecahan Rp.500 edisi tahun 1991 terkandung emas di dalamnya, berikut ini adalah jawabanya, silahkan di simak ya, biar tidak penasaran lagi.

Benarkah Pecahan Uang Logam 500 Rupiah Edisi 1991 Terdapat Kandungan Emas?


Perlu kita ketahui, dalam pencetakan uang baik itu uang logam maupun kertas, harga bahan dan juga biaya produksi haruslah lebih murah dari pada nominal uang yang akan dicetak. Di indonesia sendiri sudah beberapa kali meluncurkan koin uang logam dengan bahan yang berbeda-beda, aluminium, nikel, kuningan. Namun hingga saat ini bahan aluminium lah yang paling banyak digunakan?

Mengapa demikian? Karena dari segi harga, aluminium jelaslah lebih murah dari pada menggunakan bahan nikel ataupun kuningan. Nah, dari penjelasan ini, pastinya kita sudah bisa menarik suatu kesimpulan terkait benar tidaknya uang logam 500 rupiah edisi 1991 mengandung emas. Jawabanya tentu saja hal itu tidaklah benar, mengingat besaran nominal uang dengan bahan baku yang digunakan (emas) tidaklah seimbang. Harga emas terlalu mahal untuk dibuat uang logam dengan nominal 500 rupiah. Jadi kabar yang beredar saat itu hanyalah sebuah isu belaka. Hal ini juga di perkuat oleh pernyataan Purwanto, Kepala Departemen Cetak Uang Logam dan Logam Non Uang Peruri, beliau mengungkapkan bahwasanya uang logam edisi 1991 yang dulu banyak diburu dan dijadikan cincin adalah terbuat dari aluminium brown, dan tidak benar terdapat kandungan emas di dalamnya.

Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaran anda, tentang benar tidaknya pecahan Rp.500 edisi 1991 mengandung emas.



Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.