Bilangin Ayah, Jangan Merokok Dekat Bunda Yang Sedang Hamil Karena Berbahaya Buat Janin

Bunda sedang hamil? Udah berapa usia kandunganya sekarang? Semoga bayi dalam kandungan tetap sehat ya "bund".

Nah, terkait " bunda" yang sedang hamil, perlu untuk diketahui jika suami punya kebiasaan merokok, ada baiknya  untuk mengingatkan jangan merokok dekat dengan " bunda " karena asap dari rokok bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin. Asap rokok mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya dan jika asap ini terhirup oleh ibu hamil maka zat berbahaya yang terkandung di dalamnya bisa masuk ke dalam aliran darah, dan dampak terburuknya bisa menyebar ke janin di dalam rahim.

Mengingat bahayanya asap rokok tersebut untuk "bunda" yang sedang hamil, terutama menyangkut kesehatan janin dalam kandungan, maka "bunda" harus mengingatkan suami untuk berhenti merokok, atau jika hal tersebut dirasa sulit oleh suami, maka hendaknya kebiasaan merokok dilakukan di luar rumah. Sebab jika merokok dilakukan di dalam ruangan, maka asap dari rokok tersebut akan melekat pada benda-benda di sekitarnya, dan bisa bertahan hingga berminggu-minggu lamanya. Meski secara wujut sudah tidak terlihat namun asap tersebut masih bisa terhirup oleh "bunda" dan bisa membawa dampak negative bagi kesehatan bunda dan janin. Lalu apa sajakah bahayanya jika seorang ibu hamil terlalu sering menghirup asap rokok? Berikut ulasanya,

Bahaya Asap Rokok Untuk Ibu Hamil


  • Bisa Menyebabkan Keguguran. Jika "bunda" terlalu sering terpapar asap rokok, maka resiko mengalami keguguran jauh lebih besar, terutama saat usia kandungan "bunda" masih menginjak trimester pertama.
  • Bayi Lahir Dengan Berat yang Kurang. Umumnya berat badan bayi yang normal setelah dilahirkan memiliki bobot 2,9 kg - 3,6 kg. Namun, dengan terlalu seringnya "bunda" terpapar asap rokok maka hal ini bisa mempengaruhi bobot dari bayi, hingga saat dilahirkan bobot bayi terlalu rendah. Pada kondisi ini kemungkinan bayi akan mengalami gangguan kesehatan lebih besar, seperti gangguan pernafasan, sulit menghangatkan tubuh, rendahnya kadar gula, lebih rentan terkena infeksi, dan lain sebagainya.
  • Bayi Lahir Prematur. 
  • Bayi Bisa Mengalami  SIDS (Sindrom Kematian Bayi Mendadak). Ini merupakan dampak terburuk dan paling fatal, yang mana sindrom ini bisa menyebabkan bayi "bunda" meninggal secara tiba-tiba pada saat sedang tidur, tanpa disertai gejala penyakit sebelumnya.
  • Kemungkinan janin terkena penyakit bronkitis, pneumonia, hingga gangguan pernafasan lebih tinggi.
  • Dalam jangka panjang paparan asap rokok yang dihirup terlalu berlebih oleh ibu hamil bisa menyebabkan anak mengalami gangguan belajar dan berperilaku.
"Bunda" pastinya tidak menginkan hal itu semua kan!! Maka dari itu hindarilah asap rokok sebisa mungkin. Kusus untuk "bunda" yang suaminya perokok yakinkan untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut, karena selain berdampak pada kesehatan diri sendiri juga berdampak pada orang disekitar. Terutama buat "bunda" yang tengah hamil.

0 Response to "Bilangin Ayah, Jangan Merokok Dekat Bunda Yang Sedang Hamil Karena Berbahaya Buat Janin"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel