Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Keren... Mata Uang Negara Ini Bergambar Pokemon

Siapa sih yang tidak kenal karakter Pikachu dalam serial film kartun Pokemon asal Jepang?  Terlebih  dengan semakin tenarnya game Pokemon go yang banyak di gandrungi semua umur dan profesi. Namun disini saya tidak akan membahas game Pokemon go nya. Tetapi gambar pikachu yang menjadi mata uang di sebuah negara yang bernama Niue.


Niue. Kayaknya buat telinga kamu masih asing deh denger nama negara ini. Sebentar saya googling dulu he he he. Menurut yang saya baca dari eyang google Negara Niue berada di 2.400 km timur laut Selandia Baru. Pada segitiga antara Tonga ke barat daya dekat dengan Samoas di barat laut dan kepulauan cook di tenggara. Dengan luas  260 km/segi negara ini hanya berpenduduk kurang lebih 1500 orang.

Niue telah dihuni sejak abad pertama SM oleh orang Polinesia dan bangsa Eropa. Keberadaan pulau Niue yang indah tak ayal membuat penjelajah datang ke tempat ini. James Cook tercatat sebagai orang asing pertama yang datang ke tempat ini di tahun 1774. Berikutnya di tahun 1900 kerajaan Inggris mengambil alih kekuasaan pulau ini. Namun setahun kemudian pulau ini di ambil alih oleh Selandia Baru. Di abad ke 20 akhirnya oleh pemerintah Selandia baru Niue diberi kebebasan untuk membentuk pemerintahannya sendiri namun berkedaulatan penuh dengan Selandia Baru. Sehingga segala sesuatu yang berhubungan diplomatik diselenggarakan oleh Selandia Baru.

Negara dengan penduduk terkecil nomer 3 setelah Tokelau dan Aucland ini . Memang sangat istimewa . Bukan saja karena wilayahnya yang kecil namun negara ini juga sangat indah. Berbagai pesona alamnya terutama pantai menjadi jujugan wisatawan di berbagai belahan dunia. Bahkan Niue merupakan satu - satunya negara yang memberikan akses wifi gratis bagi seluruh rakyatnya.


Hal yang menarik adalah bentuk mata uang yang di keluarkan oleh pemerintah Niue. Di tahun 2001 saat demam serial kartun tengah booming pemerintah Niue mengeluarkan koin dengan karakter Pikachu tokoh utama dari Pokemon. Namun bukan itu saja tercatat pemerintah setempat juga mengeluarkan tokoh kartun seperti karakter Star Wars,  Dr Who, dan karekter Disney yang dirilis tahun 2014 lalu.
Setelah membaca artikel ini apa reaksi kamu? Silahkan tambahkan komentar di bawah ini ya!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar