Sudah Tahukah Anda 15 Uang Logam Paling Unik di Dunia Ini

watch_later Wednesday, 26 October 2016
Uang logam biasa juga disebut sebagai koin merupakan alat transaksi ekonomi yang biasanya di terbitkan oleh Pemerintah. Bentuk uang logam itu sendiri biasa bulat namun tak selamanya demikian, faktanya ada beberapa uang logam di Negara tertentu yang berbentuk segi empat, kerucut bahkan ada juga yang berbentuk sepeda motor. Selain bentuknya yang unik, uang logam tersebut juga memiliki gambar yang nyeleneh lo. Lalu apa sajakah uang logam yang memiliki bentuk dan gambar paling unik di dunia, berikut ulasanya.

Gambar Uang Logam Paling Unik di Dunia


1. Uang Dari Somalia Berbentuk 3 Dimensi.

Di indonesia seperti yang kita tahu uang logam yang diterbitkan pemerintah berbentuk bulat dengan dua sisi. Namun tidah demikian dengan Negara ini. Somalia salah satu negara di Benua Afrika ini menerbitkan uang logam yang begitu tak biasa/nyeleneh. Lihat saja bentuknya berupa kerucut, bola, kubus, limas segi tiga dan tabung.

2. Uang Logam dari Palau The Battle of Grundwald.

Berikutnya datang dari negara Palau. Dalam rangka memperingati 600 tahun perang  Grundwald. Negara ini pernah mencetak beberapa koin berbentuk segi empat yang berlapiskan perak. Selain bentuknya yang nyeleneh gambar dari uang logam ini sangat unik.

3. Uang Logam berbentuk Sepeda Motor dari Somalia.

Kembali dari Negara Somalia, selain mencetak uang logam 3 dimensi, Negara ini juga pernah menerbitkan uang dengan model sepeda motor,.

4. British Pounds dan Pence ( Inggris).

Uang logam dari Inggris ini dikatakan unik karena jika koin tersebut disusun sedemikian rupa akan membentuk sebuah lencana Kerajaan Inggris. Tak salah jika Brutish Pounds dan Pence Inggris ini menjadi salah satu uang terunik di dunia hingga saat ini.

5. Genuine Pearl ( dari Palau).

Uang ini menjadi uang unik berikutnya dikarenakan dalam desainya dibuat dari bahan kerang laut asli. Diterbitkan tahun 2009 silam.

6. Koin Air Suci Palau ( Perancis).

Berikutnya dari Negara Prancis. Negara yang terkenal dengan menara eifel ini juga tak mau ketinggalan dalam hal uang logam unik. Terbukti pada tahun 2008 silam dalam rangka peringatan ulang tahun yang ke 150 tahun, Prancis mengeluarkan sebuah uang logam yang diberi nama Koin air suci Palau.

7. Sen ( Indonesia ).

Sebagai warga Negara Indonesia tentunya kita harus bangga terhadap Negeri Ini. Tercatat Indonesia juga pernah mengeluarkan sebuah koin unik. Meskipun koin tersebut sudah tidak dipergunakan lagi saat ini. Namun predikat sebagai koin terunik tetap di akui dunia. Ada dua jenis koin yang desainnya unik, yaitu uang logam 1 sen, dan 5 Sen. Bentuk uang ini bulat dengan bagian tengahnya bolong bergambarkan padi dan kapas dengan tulisan arab.

8. Massive 2.5'' Coin World Cup Giants (dari Liberia).

Dalam rangka meramaikan Gelaran Piala Dunia Tahun 2006, Pemerintah Liberia mengeluarkan koin unik yang bergambar seorang wasit mengeluarkan sebuah kartu untuk pemain yang melakukan pelanggaran.

9. Cloison Blue Pansy ( dari Kepulauan Cook ).

Cloison Blue Pansy merupakan uang logam unik berikutnya. Desain gambar cloison` birunya, membuat uang ini layak masuk dalam jajaran uang terunik di dunia.

10. 80 Years Of Television ( Kepulauan Cook).

Berikutnya adalah uang bergambar televisi dari Kepulauan Cook. Uang logam ini diterbitkan dalam rangka peringatan 80 tahun lahirnya televisi. Uang ini diterbitkan tahun 2006.

11. Las Vegas Luck ( Palau ).

Tak banyak yang tahu tentang Republik Palau, mungkin juga dari kita negara ini masih terdengar asing. Padahal negara ini merupakan negara tetangga Indonesia. Terletak di Samodera Pasifik negara ini juga pernah mengeluarkan sebuah koin yang bergambar permainan "tertentu"

12. The Egiyptian Pyramide ( Isle of Man ).

Koin ini berbentuk piramida, selain bentuknya yang unik, koin ini bergambar Raja Fir'aun dan Ratu Lizzy. Koin ini menggunakan huruf hieroglif dengan bahan yang digunakan adalah emas.

13. Green Money ( Benin ).

Yang membuat unik uang logam ini adalah pada gambarnya. Lihat saja uang ini bergambar sebuah daun " tertentu

14. See no evil, hear no evil, speak no evil ( somalia ).

Nampaknya Somalia menjadi negara yang paling banyak mengeluarkan koin unik ( versi kepiting online ). Kali ini sebuah koin bergambar sinpanse dikeluarkan tahun 2010.

15. Prism Butterflies ( Palau ).

Dan yang terakir kembali datang dari Republik Palau. Sebuah koin bergambar kupu-kupu. Yang membuatnya unik adalah gambar kupu-kupu dalam koin tersebut bisa berubah warna dan berkedip jika terkena cahaya.
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.