Suka Pakai Headset ! Sudah Tahu Resikonya ?
Suka Pakai Headset ! Sudah Tahu Resikonya ?

Suka Pakai Headset ! Sudah Tahu Resikonya ?

Resiko Terlalu Sering Memakai Headset - Kecanggihan Gadget membuat manusia semakin di gampangkan untuk melakukan segala hal termasuk berkomunikasi,  nonton,  bermain game,  serta mendengarkan musik. Sehingga tak aneh rasanya jika hal sudah berdekatan dengan gadget serasa dunia dalam genggaman. Seperti Romeo dan Juliet penggunaan gadget pun rasanya kurang afdol tanpa penggunaan headset.
Gambar via sharingdisini.com
Memang pada umumnya penggunaan headset diperuntukkan untuk memudahkan seseorang dalam bekomunikasi sambil beraktifitas tanpa harus menempelkan handphone atau gadget  ke telinga. Namun pada kenyataanya kegunaan headset tak hanya untuk memudahkan berkomunikasi justru malah kebanyakan pemakaianya untuk mendengarkan musik ataupun untuk bermain game.

So, buat kamu yang terbiasa mendengarkan musik dengan headset harus mulai mengurangi kebiasaan buruk tersebut,  karena faktanya penggunaan headset yang berlangsung lama  akan berakibat fatal pada gendang telinga  bahkan bisa sampai mengakibatkan tuli.

Hal tersebut seperti di sampaikan oleh Mohc. Mondir Arif,Sp. THT-KL. Dikutip dari Jawa Pos radar Tulungangung, menurut dr. Mondir penggunaan headset dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tuli. Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian khusus untuk hal tersebut. " Biasanya suara yang masuk telinga  itu melewati daun telinga, yang fungsinya melindungi. Lekukan yang terdapat dalam telinga tersebut berfungsi melindungi telinga agar suara tidak langsung masuk ke dalam telinga.  Namun jika menggunakan headset, suara akan langsung masuk ke telinga."

Lebih lanjut dr. Mondir juga mengatakan " suara yang masuk ke telinga akan langsung mengenai gendang telinga sehingga menyebabkan tuli." Seseorang bisa menjadi tuli jika mereka bekerja pada tempat yang bising seperti pabrik,  penerbangan,  atau tempat peluncuran roket.  Namun bedanya jika di tempat kerja terdapat alat pengukur tingkat kebisingan. Tidak demikian dengan keberadaan headset karena suara akan langsung masuk ke telinga kita.  Sehingga suara yang masuk tersebut akan langsung mengenai gendang telinga ,  akibatnya tentu saja jika terlalu keras maka gendang telinga akan pecah. Pecahnya gendang telinga tersebut akhirnya akan mengarah pada tuli.

Fungsi telinnga ada dua yakni untuk pendengaran dan keseimbangan. Sebagai indra pendengaran, telinga juga memilliki 3 bagian yaitu telinga luar,  telinga tengah,  dan telinga dalam. Setiap ada kelainan di ketiga bagian telinga tersebut akan menimbulkan gangguan pendengaran. Telinga luar sendiri batasanya daun telinga sampai gendang telinga.

Gangguan paling sering di alami biasanya adalah kotoran telinga. Kotoran telinga yang menumpuk dapat menghalangi suara masuk ke gendang telinga. Maka akibatnya berkurangnya fungsi pendengaran. Kadangkala kebiasaan mengorek telinga yang keseringan  menyebebkan kulit telinga sobek dan akhirnya menjadi radang.  Akibatnya tentu saja bengkak dan menyebabkan gangguan pendengaran.

Karena itulah buat kamu yang hobi banget pakai headset untuk lebih bijak. Demi kebaikan kita sendiri.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar