5 Alat Tulis Tempo Dulu yang Perlu Kamu Ketahui di Era Modern Ini

Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah belajarlah yang giat, jangan cuma main melulu kerjaanya. Di era yang serba modern ini kegiatan belajar bisa kamu lakukan dengan mudah. Sekarang banyak banget aplikasi digital yang ditujukan untuk kalangan pelajar sebagai media belajar. Coba dech, bayangin jika kamu seandainya hidup di jaman dahulu yang semuanya serba tradisional.

Artikel Lainya : Hayoo, Kenapa Kucing Akan Selalu Menoleh Jika di Panggil Puss, Ini looh Jawabanya
 
Jaman dahulu itu serba ribet. Namun karena tekat yang kuat anak-anak jaman dahulu pun juga gak kalah pandai dengan sekarang. Padahal untuk mengenyam bangku pendidikan anak zaman dulu harus berjuang keras, dari menempuh jarak puluhan km dengan berjalan kaki, hingga alat untuk kegiatan belajar di sekolahpun masih sangat sederhana.  Seperti halnya alat tulis, jaman dahulu itu alat tulis yang digunakan masih sangat sederhana banget, apa sajakah itu? Berikut ini ulasanya,


5 Alat Tulis Zaman Dahulu Ini Sangat Jarang Kamu Jumpai di Era Sekarang


1. Sabak, merupakan papan tulis mini atau ringkasnya buku tulis jaman dahulu.
Kebayangkan betapa susah dan ribetnya anak sekolah jaman dahulu, untuk media menulispun masih sangat sederhana. Karena tempo dulu belum ada buku maka media tulis menggunakan sabak. Jadi setiap murit harus pandai mendalami setiap materi. Soalnya tiap ada materi baru, catatan yang lama mesti di hapus. Iya memang begitu, sabak beda dengan buku. Kalau buku tulis mah punya banyak halaman. Kalau sabak cuma ada satu halaman.

2. Grip, merupakan alat tulis pendamping sabak.
Grip bisa di bilang pensil jaman dahulu. Dari bentuknya memang hampir mirip dengan pensil. Namun grip hanya bisa digunakan menulis di sabak. Bisa dibilang kedua alat ini adalah pasangan. Di era sekarang baik sabak maupun grip sudah tidak diperdagangkan lagi. Mungkin jika kamu ingin melihat bentuk nyatanya seperti apa, coba dech berkunjung ke musium.

3. Kapur, biasa digunakan bapak/ibu guru menulis di papan tulis.
Kapur  merupakan alat tulis yang paling banyak digunakan di era 90-an. Bapak/ibu guru pun menggunakan kapur untuk menulis di papan tulis. Karena memang jaman dahulu belum ada whiteboard. Jadi kapur dan papan tulis merupakan media satu satunya untuk guru menerangkan pelajaran waktu itu.

4. Tipe-X Kuas, masih ingat tidak dengan penghapus bolpoin ini.
Bisa dibilang Tipe-X jaman dahulu merupakan penghapus tinta bolpoin yang amat familiar. Tidak semua siswa punya alat ini lo. Iya memang karena dulu Tipe-X terbilang cukup mahal. Jadi hanya anak kalangan tertentu saja yang mempunyai penghapus tinta bolpoin ini.

5. Sempoa, merupakan kalkulator zaman dahulu.
Sempoa biasa digunakan anak-anak jaman dahulu untuk membantu memudahkan penghitungan, baik  perkalian, pembagian, penjumlahan, maupun pengurangan. Bisa dibilang sempoa adalah kalkulatornya anak sekolah jaman dahulu.

Gimana, kebayangkan betapa susahnya anak-anak jaman dahulu dalam menuntut ilmu. Untuk itu kamu yang hidup di era modern ini harusnya lebih bersyukur. Jangan bermalas-malasan terus belajarlah, tuntutlah ilmu setinggi langit.

0 Response to "5 Alat Tulis Tempo Dulu yang Perlu Kamu Ketahui di Era Modern Ini"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel