Catat Ya, 8 Barang Yang Harus Kamu Persiapkan Jika Berniat Meminang Gadis Jawa
Catat Ya, 8 Barang Yang Harus Kamu Persiapkan Jika Berniat Meminang Gadis Jawa

Catat Ya, 8 Barang Yang Harus Kamu Persiapkan Jika Berniat Meminang Gadis Jawa

Ketika usia telah menginjak dewasa, tentunya kehidupanmu jauh lebih menantang. Pada usia ini biasanya kehidupan seseorang akan lebih fokus pada karir dan juga jodoh. Khususnya bagi kamu-kamu seorang cowok. Saat jodoh sudah dipertemukan dan sudah merasa cocok tentunya kamu pasti berkeinginan untuk segera melamar gadis pujaan hatimu. Namun perlu kamu tahu, prosesi lamaran setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri.  Naah, untuk kamu pria yang kebetulan mendapatkan jodoh seorang gadis jawa tulen, dan berniat meminangnya perlu kamu ketahui persiapan yang mesti kamu penuhi.

Saat lamaran biasanya kamu akan dimintai oleh keluarga sang gadis untuk melakukan berbagai prosesi terlebih dahulu. Seperti saat melamar kamu wajib membawa peningset dan hantaran lamaran. Prosesi ini sebagai simbol untuk mengikat mempelai wanita, agar tidak berpaling pada yang lainya. Jadi apa sajakah persiapan yang mesti kamu lakukan? Berikut ulasanya,

1. Jarik dan Kebaya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa jarik dan kebaya memang identik dengan orang jawa. Kedua barang ini wajib kamu siapkan sebagai peningset saat akan melakukan prosesi lamaran. Kebanyakan dalam hal ini jarik atau kain batik yang dipakai bercorak sidomukti.

2. Seperangkat Alat Make-Up.

Berikutnya kamu mesti mempersiapkan seperangkat alat make-up sebagai seserahan. Dari mulai bedak, lipstik, pensil alis, dll. Pokoknya alat make-up yang biasa digunakan oleh calon istrimu saat berdandan.

3. Perlengkapan Mandi.

Tak lupa juga yang wajib kamu persiapkan adalah perlengkapan mandi untuk calon istrimu. Dari sabun, pasta gigi, sampo dll. Pokok nya kebutuhan mandi yang biasa di pakai sehari-hari calon istrimu.

4. Pakaian dan Aksesorisnya.

Selain beberapa perlengkapan diatas kamu juga masih perlu membawa peningset berupa pakaian dan aksesorisnya. Memang sebenarnya hal ini tidak wajib. Namun dalam adat jawa kurang afdol kalau peningset yang satu ini tidak kamu lengkapi. Biasanya pakaian ini dilengkapi dengan, busana daleman calon istrimu, jadi kamu harus benar benar tahu ukuran badan calon istrimu.

5. Perhiasan.

Ini nih yang paling banyak menguras isi kantongmu. Perhiasan sebagai peningset ini biasanya berupa perhiasan satu set, yaitu kalung, gelang, anting juga cincin. Namun jika kamu belum mempunyai cukup uang, kamu bisa membeli cukup salah satu dari perhiasan tersebut. Tentunya dengan kesepakatan calon istrimu.

6. Jajanan Pasar.

Berikutnya yang perlu kamu persiapkan adalah jajanan pasar. Ya, jajanan pasar memang wajib ada sebagai peningset saat kamu akan melalukan lamaran untuk gadis jawa. Umumnya jajan pasar meliputi aneka kue, seperti madu mongso, jaddah. Dalam adat jawa kue ini sebagai simbol agar kelak rumah tangga yang dibangun tetap harmonis, lengket dan mesra.

7. Pisang Raja, Buah Jambe Serta Kapur Sirih.

Ada lagi ni, yang wajib ada yaitu pisang raja, buah jambe dan kapur sirih. Hemm, kira-kira ini sebagai simbol apa ya?

Buah pisang raja, jambe serta kapur sirih ini sebagai simbol kesuburan maksutnya agar setelah menikah lekas di karuniakan momongan, selain itu juga sebagai simbol agar rumah tangga yang di jalanijalani tetap langgeng, hingga mautlah yang memisahkan.

8. Bunga.

Dan yang terakir adalah bunga. Ya, bunga dalam adat jawa sebagai simbol agar bahtera rumah tangga yang dijalani kelak tetap mewangi, harum sepanjang hari.

Namun gak sembarang bunga lo, jangan sampai salah. Bunga yang dibawa adalah Hanya bunga melati dan kenanga.

Hemmm, itulah kurang lebihnya beberapa perlengkapan yang mesti kamu persiapkan jika berniat meminang gadis jawa. Semoga berjalan lancar ya acara nya. Oww ia, jangan lupa undangan pernikahanya buat admin, hhhh.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar