Tahu Gak Sih, 10 Jajanan Lawas Ini Sekarang Harganya Jauh Berlipat Jika Dibanding Tempo Dulu
Tahu Gak Sih, 10 Jajanan Lawas Ini Sekarang Harganya Jauh Berlipat Jika Dibanding Tempo Dulu

Tahu Gak Sih, 10 Jajanan Lawas Ini Sekarang Harganya Jauh Berlipat Jika Dibanding Tempo Dulu

Ketika usia dewasa,  tentunya hari-hari disibukan dengan berbagai aktifitas terkait pekerjaan. Terkadang rasa jenuh, bosan, dan malas dengan aktifitas itu-itu saja membuat kita ingin kembali mengulang masa kecil dulu. Iya, masa kecil memang begitu menyenangkan, enggak pakek mikir apalah-apalah. Taunya cuma main doank. Mau jajan gak punya uang tinggal minta ke Ortu. Hemm, kebayangkan begitu menyenangkanya masa kecil dulu.

Nah, terkait jajanan waktu kecil dulu, tahu gak sih kalau jajanan lawas tersebut sekarang harganya bisa 10 x lipat lo. Kalau dulu uang 500 rupiah saja sudah bisa beli aneka jajanan. Coba bayangin sekarang uang segitu mah, cuma dapat apa? Paling kalau dibeliin permen cuma dapat 5 biji. Berikut ini adalah aneka jajanan lawas yang harga sekarang jauh lebih mahal dari waktu kecil dulu.

10 Aneka Jajanan Lawas Yang Kini Harganya Jauh Berlipat Jika Dibandingkan Zaman Dahulu


1. Aneka Gorengan.

Siapa sih yang gak suka sama gorengan, hampir semua orang doyan sama jajanan ini. Gorengan sudah ada sejak tempo dulu, jajanan ini di era 90 an harganya cuma 25 rupiah, murah banget kan. Coba dech sekarang mana ada pecahan 25 rupiah. Harga 1 gorengan sekarang berkisar 1000 rupiah. Weleh-weleh lipat berapa kali itu.

2. Arum Manis.

Jajanan ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Ada yang mengenal jajanan ini dengan nama "rambut nenek". Bagi anak-anak SD jenis jajanan ini pasti sudah familiar. Hampir semua anak suka akan arm manis/rambut nenek. Jajanan ini dulu harganya berkisar 100-200 rupiah saja. Sekarang harganya bisa mencapai 1000-5000 rupiah lo.

3. Gulali.

Di era modern ini, jajanan gulali mulai terlupakan. Pasalnya ada banyak sekali permen batangan yang lebih disuka anak-anak. Namun demikian masih ada saja kok anak-anak yang suka dengan gulali. Namun harga gulali sekarang sudah gak semurah tempo dulu. Sekarang harganya berkisar 5000-10000. Padahal dulu cuma berkisar 100-200 rupiah.

4. Roti Es / Es Thong.

Hayo masih ingat gak dengan jajanan ini. Dulu tiap kali ada suara yang berbunyi " thong" pasti anak-anak pada lari keluar rumah minta dibeliin. Jajanan ini lebih dikenal dengan nama "es thong". Namun sekarang sulit banget nemuin penjual es thong. Jajanan mulai terpinggirkan, anak-anak lebih suka es krim yang lebih modern harganya pun jauh lebih mahal 5000-10000.

5. Penthol.

Penthol jajanan ini juga banyak penggemarnya lo. Bukan hanya anak-anak, tapi orang dewasa pun banyak yang suka. Jika dulu uang 100 bisa mendapatkan 4 penthol. Sekarang satu penthol saja ada yang dihargai 250.

6. Telur Gulung.

Meskipun jajanan ini sudah ada sejak lama. Tapi telur gulung masih menjadi jajanan yang paling banyak di cari. Coba dech perhatikan, hampir di setiap bazar pasti ada penjual yang menjajakan telur gulung. Namun telur gulung di era sekarang harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan tempo dulu. Jika dulu harga satu tusuk telur gulung 100 rupiah, sekarang 3 tusuk telur gulung dihargai 5000 rupiah.

7. Sate Tahu.

Masih teringat betul, dulu sewaktu masih SD jajanan ini begitu menggugah selera, hingga rela antri berdesak desakan. Dulu 500 rupiah sudah bisa dapat 10 tusuk sate tahu. Sekarang mana boleh. Satu porsi sate tahu sekarang ini sekitar 5000 rupiah.

8. Krip - Krip.

Hayoo masih ingat gak dengan jajanan ini? Krip-krip jajanan yang berbahan dasar mie ini dulu murah banget 50 rupiah. Karena murah dan rasanya yang enak dulu sekali beli gak cukup cuma satu, pasti dech sekali beli langsung ambil 5. Namun sekarang jajanan ini sangat sulit ditemukan, kalaupun ada biasanya dijual secara online dan harganya pun sudah jauh beda dengan yang dulu. Satu renteng krip-krip sekarang ini dihargai 9000-10000 rupiah.

Memang gak salah jika jajanan tersebut sekarang menjadi mahal, soalnya mengikuti perkembangan zaman. Namun satu hal yang pasti, salut dech buat para penjual jajanan tersebut yang masih bertahan hingga sekarang. Sehingga jajanan tersebut masih bisa dinikmati di era modern ini.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar