12 Negara Dengan Mitos Menstruasi Yang Unik dan Nyeleneh, Terutama No 11

watch_later Thursday, 5 January 2017
Pernah nggak sih denger mitos mengenai menstruasi. Pastinya pernah dong. Meskipun nggak langsung dari orang tua kita atau nenek kita pastinya akan banyak orang yang bercerita mengenai larangan saat kita tengah mengalami menstruasi. Diantaranya adalah larangan untuk keramas, gunting kuku , renang, minum es, sampai yang paling serem dideketin hantu.

Semua larangan tersebut memang ada salah benarnya seperti larangan keramas, hal tersebut sangat tidak benar mengingat saat menstruasi tubuh seorang wanita mengalami perubahan hormon. Dan lagi nggak kebayang kan gimana lepek dan baunya rambut jika selama 7 hari nggak keramas. Namun terlepas dari salah benarnya sebuah mitos , ternyata tidak hanya berkembang di Indonesia, faktanya di belahan bumi yang lain juga banyak ditemukan mitos - mitos mengenai larangan ketika sedang menstruasi.

Mau tahu negara mana saja yang mengenal mitos larangan selama menstruasi. Yuk ikuti penelusuran kepitingonline dari berbagai sumber berikut ini.

1. Polandia


Sumber gambar: Tribunnews.com
Masyarakat Polandia beranggapan jika wanita  menstruasi tidak boleh melakukan hubungan seksual. Hal tersebut secara medis memang dibenarkan mengingat dalam darah menstruasi terdapat banyak kuman dan bakteri. Sehingga hubungan seksual yang dilakukan saat menstruasi menurut kepercayaan orang Polandia membuat pasangannya mati.

2. Amerika dan Inggris


Sumber gambar: muvila.com
Negara yang sangat maju dalam segala hal seperti Inggris dan Amerika ternyata juga mengenal yang namanya mitos. Menurut mereka wanita yang sedang menstruasi dilarang melakukan banyak hal diantaranya adalah:
- Tidak boleh memakai pembalut. Konon katanya jika hal ini dilakukan para wanita ini jadi tidak perawan karena penggunaan dari pembalut tersebut dapat merusak selaput dara.
- Nggak boleh mandi. Kayaknya kalau pas musim dingin nggak mandi sebulan juga nggaj masalah jika tinggal di negara ini. Nah yang jadi masalah gimana kalau menstruasinya pas musim panas. Aduuuh kalau diikutin apa nggak gatel semua tuh.
- Nggak boleh camping. Hal ini konon bikin darah haid tercium oleh binatang buas. Tapi kalau dipikir - pikir larangan tersebut lebih pada keribetan saat mau ganti pembalut. Ya ialah pas camping gitu. Kebayang kan ribetnya.
- Dilarang mengeriting rambut. Kalau yang ini sih nggak tau alasannya apa. Namun yang unik adalah jika seorang wanita tengah haid lalu menyentuh sayur yang akan di jadikan acar. Maka acar yang di hasilkan bakal terfermentasi dengan baik.

3. Colombia


Sumber gambar: vemale.com
Larangan di kolombia terhadap wanita haid sedikit banyak hampir mirip sama di Indonesia yaitu dilarang keramas dan potong rambut. Larangan lainnya adalah nggak boleh minum es karena bisa bikin perut kram.

4. Bolivia


Sumber gambar: peruviansoul.com
Nggak kebayang deh sama larangan orang Bolivia. Karena wanita haid dilarang deket - deket sama bayi hal tersebut konon katanya bisa bikin si bayi sakit. Trus jika ibunya yang sedang haid siapa dong yang bakal ngurus bayinya???

5. Jepang


Lain lagi dengan di Jepang. Terkenalnya berbagai makanan Jepang seperti Sushi membuat para wanita Jepang dilarang untuk membuatnya. Karena rasa yang dihasilkan akan kurang nikmat.

6. India


Sumber gambar: berkonten.com
Bagi orang India mungkin wanita yang sedang menstruasi dianggap kotor, akibatnya selama mengalami menstruasi para wanita India dilarang masuk dapur apalagi memasak. Wah kalau yang ini asyik tuh bisa libur kerja deh kaum wanita.

7. Romania


Sumber gambar: romania-insider.com
Orang Romania juga menganggap jika seorang wanita yang sedang menstruasi dapat membawa pengaruh buruk, mereka melarang wanita haid menyentuh bunga karena akan membuat layu.

8. Filipina


Sumber gambar: kapanlagi.com
Pingin punya wajah berseri - seri dan cerah? Tradisi orang Filipina menganjurkan para wanita yang tengah menstruasi untuk menjadikan darah pertama yang keluar saat haid untuk cuci muka. Bagaimana kamu mau coba?

9. Malaysia


Sumber gambar: berkonten.com
Bagi orang Malaysia membuang pembalut yang masih ada darahnya bakal mengundang datangnya hantu. Hiii serem. Tapi kalau difikir bener juga. Kan jijik juga saat pembalut dibuang begitu saja tanpa dibersihkan.

10. Italia


Sumber gambar: top10artis.com
Mitos negara ini adalah setiap masakan yang dimasak sama wanita yang sedang menstruasi nggak bakalan enak.

11. Nepal


Sumber gambar: tempo.co
Mitos orang nepal terhadap wanita yang sedang menstruasi sungguh kejam. Para wanita ini diasingkan , mereka tidak boleh masuk rumah dan berkomunikasi dengan orang lain.

12. Brazil


Sumber gambar: laksani.com
Mitos  orang Brazil adalah mengharuskan para wanita menstruasi supaya terhindar dari kram kaki

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.