5 Fakta Ilmiah Ini Bikin Kamu Sadar Ada Kehidupan Setelah Kematian

watch_later Sunday, 1 January 2017
Bagi orang yang beragama apapun itu agamanya, mereka percaya akan adanya kehidupan sesudah kematian. Karena hal tersebut telah termaktub dalam kitab suci masing - masing Agama. Sayangnya manusia modern tidak percaya begitu saja tentang adanya kehidupan sesudah kematian sebelum ada penelitian yang membuktikan tentang hal itu. Namun beberapa fakta dari peneliti ini bisa sedikit membuka hati dan fikiran kita bahwa benar adanya akan datangnya kehidupan setelah kematian. Menurut Robert lanza dalam bukunya Biocentrism  Energi tidak musnah dan tidak mati. Karena itu kematian bukanlah akhir dari segalanya. 
Hal tersebut senada dengan penelitian yang berhubungan dengan kehidupan setelah kematian seperti ulasan berikut :

1. Dalam kondisi koma seseorang  merasa bertemu keluarganya yang telah meninggal.

Kondisi koma merupakan situasi darurat medis ketika penderitanya mengalami keadaan tidak sadar dalam kurun waktu tertentu yang disebabkan penurunan aktivitas di dalam otak yang dipicu oleh beberapa faktor. Berkenaan dengan hal tersebut seorang peneliti dari university of Virginia yaitu Dr. Bruce Greyson menyatakan sejumlah pasien yang pernah mengalami mati suri banyak yang mengatakan,  bertemu dengan anggota keluarga yang telah meninggal  dari pada mereka yang hidup. Meskipun hal tersebut banyak dibantah, dan mengatakan apa yang mereka alami merupakan suatu halusinasi otak yang berat karena keadaan otak yang tidak berfungsi secara normal, nyatanya kebanyakan mereka yang koma dapat dengan jelas menceritakan secara detail ciri - ciri dari kakek nenek yang sama sekali belum dikenalnya.

2. Roh yang keluar dari raga.

Kita sering mendengar hal tersebut. Dan menurut saya pribadi keadaan tidur membuat tubuh dan alam bawah sadar kita tidak terkait, dimana saat tidur seolah roh kita meninggalkan tubuh karena dalam mimpi kita akan masuk dalam dunia lain yang jauh dari keadaan kita sebenarnya. Namun versi yang lebih jauh adalah saat terjadi koma , dimana kesadaran manusia berada di ambang sadar dan tidak. Hal tersebut banyak dialami oleh manusia di dunia salah satunya Pam Reynolds seorang penyanyi tahun 90 an. Kelainan pada pembuluh darah otak atau aneurism membuatnya berada pada 2 pilihan sulit. Penyakit yang menggerogotinya bisa membuatnya mati namun operasi yang disarankan dokter juga tak menjanjikan keberhasilan , dengan memilih jalan operasi,  dokter mendinginkan tubuh  Pam pada suhu 15° C. Darah yang menuju otak tak dialirkan bahkan agar Pam dapat hilang kesadaran telinga dan matanyapun ditutup. Namun sebuah kejadian aneh terjadi padanya sesaat setelah koma Pam merasa roh dalam dirinya meninggalkan raganya. Disaat dokter berupaya menyelamatkannya ia bisa mengetahui apa yang tengah dilakukan para tim medis di dalam ruang operasi tersebut. Hingga akhirnya nampak olehnya cahaya putih yang menyilaukan mata. Sehingga hal tersebut membuatnya sadar seketika. Dan yang lebih mencengangkan harapan hidup yang tipis karena operasi tak terbukti karena ia bisa sehat kembali.


3. Perubahan perilaku orang yang pernah mati suri.

Pengalaman mati suri ternyata berdampak luar biasa bagi banyak orang yang pernah mengalaminya. Hal serupa juga disampaikan oleh peneliti dari Belanda yaitu Dr. Pim van lommel pada tahun 2001. Dalam penelitianya Dr Pim mencoba mengetahui apakah seseorang dalam keadaan koma mampu mengingat semuanya di tengah ketidak sadarannya. Sungguh di luar dugaan hasil penelitian mengatakan semua orang yang ikut dalam penelitiannya mampu mengingat semua yang terjadi selama ia koma. Bahkan sesorang dengan near death experiences .
Mempunyai kehidupan yang jauh lebih baik , mereka tidak takut akan kematian, lebih bahagia, lebih terbuka . Bahkan rasa ini tidak hanya dimiliki oleh orang yang religius. Seseorang yang tak menenal Tuhan pun juga merasakan hal serupa.

4. Dengan kebutaan orang bisa bercerita secara visual ketika koma.

Diambil dari buku Mindsight : Near - death and out of body Experiences in the blind  karya prof Kenneth Ring dan prof Sharoon Chooper.
Buku ini menceritakan bagaimana 31 responden yang semuanya buta dapat mengalami hal yang sama ketika dalam keadaan koma. Di alam bawah sadarnya mereka bisa merasakan tubuh mereka melayang meninggalkan tubuh, bertemu dengan kerabat mereka yang meninggal serta melihat cahaya putih yang menyilaukan mata. Meskipun hal tersebut hanya sebuah pengakuan tetapi hal tersebut sangat aneh mengingat mereka tidak bisa melihat. Namun bisa menjelaskan ciri dari kerabat mereka yang telah meninggal.

5. Anak - anak yang bisa mengingat masa lalunya.

Umat Hindu mengenal adanya reinkarnasi. Hal inilah yang diteliti oleh Dr. Ian Stevenson. Dari 2000 kasus balita ia menemukan bagaimana mereka bisa menceritakan bagaimana kehidupan mereka sebelum ini. Siapa mereka , dimana mereka tinggal , sampai kenapa mereka meninggal . Mereka bisa bercerita secara detail. Seperti kasus di Srilangka yang akhirnya bisa mengungkap sebuah kasus pembunuhan . Berkat cerita dari masa lalu si anak.

Demikian sekelumit fakta yang bisa mengingatkan manusia untuk mempergunakan waktu di dunia dengan sebaik mungkin. Jikapun memang kehidupan sesudah kematian itu tidak ada. Alangkah indahnya jika kita menggores nama kita dengan sebuah catatan indah yang akan membuat orang bahagia dikala mengenang kita.
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.