Makanan Yang Murah Meriah Di Indonesia Ini Ternyata Di Luar Negeri Berharga Selangit

watch_later Monday, January 9
Kekayaan alam Indonesia membuat negara ini dianugerahi bermacam rempah - rempah yang tentunya semakin memperkaya kreasi kuliner Indonesia. Hal tersebut tentunya tidak disia siakan begitu saja oleh para pedagang yang ingin meraup untung dari usaha ini.  Mulai dari pedagang kaki lima , warung , sampai restoran berlomba - lomba dalam menyajikan kreasi khas makanan Indonesia tentunya dengan rasa dan harga yang bervariasi. Namun secara umum makanan seperti bakso , nasi goreng, atau soto merupakan jenis kuliner yang harganya murah meriah. Sehingga makanan ini paling diburu masyarakat Indonesia. Namun ternyata makanan yang harganya bersahabat dengan kantong ini tidak begitu adanya jika sudah berada di luar negeri. Mau tahu makanan apa sajakah itu ?
Berikut daftar makanan yang murah meriah di Indonesia namun berharga selangit di luar negeri.

1. Bakso


 Abang tukang bakso mari - mari sini aku mau beli satu mangkok saja 200 perak yang banyak baksonya. Potongan syair abang tukang bakso ini paatinya  pernah kamu denger kan ? Ya meski saat lagu ini ngehit kamu belum lahir. Namun dari sini kamu pasti mikir berapa lama lagu ini muncul. Bayangin satu mangkok cuma 200 rupiah. Aduuh gila pasti udah lama bingiiit. Dan seiring waktu makanan yang satu ini tetep eksis dengan harga yang tetap terjangkau yaitu antara 7 ribu sampai 10 ribu. Namun tidak demikian jika makanan ini sudah sampai luar negeri. Di Singapura misalnya harga satu porsi bakso mencapai SGD 5 atau 50 ribu.

2. Sate


Berbagai olahan sate ada di Indonesia, mulai dari sate ayam, kambing, sapi , kerang, bahkan bekicot . Namun yang paling populer adalah sate ayam dan kambing.  Untuk satu porsi sate ayam biasa di bandrol 10 ribu. Dan sate ayam 20 ribuan. Harga yang murah meriah ini tentu saja sesuai dengan kantong orang Indonesia. Namun hal tersebut tak dapat kamu jumpai jika di luar negeri. Sebut saja Jerman , seporsi sate bisa kamu nikmati dengan membayar 10 euro atau 150 ribu.

3. Soto ayam


Makanan yang satu ini enak dinikmati setiap waktu, nggak peduli pagi siang maupun malam. Dengan citarasa gurih dan segar  tidak salah rasanya jika soto menjadi makanan yang digilai terlebih dengan harga seporsi 10 sampai 15 ribu. Namun harga murah meriah ini hanya dapat anda nikmati di Indonesia. Sebab jika di  Belanda atau Jerman harga seporsi soto mencapai 12 euro atau senilai 180 ribu.

4. Tempe penyet


Pada zaman penjajahan tempe merupakan makanan rakyat jelata. Makanya orang Belanda sering meremehkan mental rakyat Indosesia dengan mental tempe. Namun berbanding terbalik dengan kondisi sekarang. Di mana tempe digilai di belahan dunia manapun. Dan yang lebih fantastis untuk potongan kecil saja di Eropa dijual 1,8 euro atau senilai 25 ribu. Mungkin jika mbah buyut orang Belanda masih hidup bakalan nyesel udah menghina tempe .

5. Gado - gado


Makanan yang sering si sebut sebagai salad asli Indonesia ini , merupakan makanan yang juga jadi kegemaran banyak orang. Dengan sedikit lontong, kentang , telur, serta sayuran yang disiram saus kacang. Memberikan sensasi tersendiri saat makan . Terlebih bagi yang mereka yang tidak ingin makan berat, gado - gado biasanya menjadi pilihan menu. Dengan harga murah meriah kisaran 10 ribu perut sudah terpuaskan. Namun makanan ini tidak lagi seharga puluhan ribu jika di New York.  Seporsi gado gado dapat kamu nikmati dengan membayar 10 dollar , atau senilai 110 ribu . Aduh jika di Indonesia udah bisa buat nraktir temen.

6. Pecel lele


Makanan lain yang  banyak bermunculan di pinggir jalan adalah pecel lele. Dengan harga murah meriah sudah bisa mengenyangkan perut. Seporsi pecel lele biasa dijual dengan harga 10 ribuan. Namun di Eropa seperti Swiis makanan ini merupakan primadona. Harga yang ditawarkan pun tak main - main seporsi pecel lele dihargai 15 euro atau sekitar 225 ribu rupiah.

7. Pisang goreng


Makanan yang paling asyik dinikmati saat pagi hari atau udara dingin ini , di Indonesia di jual dengan harga seribuan. Malahan di kampung saya cuma 500 rupiah. Namun jangan kira kamu dapat menikmati pisang goreng dengan harga segitu. Karena di Belanda pisang goreng di jual dengan  harga 5 euro atau sekitar 75 ribu rupiah.

8. Mie instan


Merupakan makanan wajib bagi anak yang tinggal si kos - kosan, mie instan punya tempat tersendiri dari para penikmatnya. Dengan alasan gampang. , praktis , dan ekonomis  maka tak heran jika mie instan selalu jadi jujugan kala pingin nganjal perut. Harganya pun cukup murah meriah kisaran 2000 sampai 2500. Namun ketika sampai di Jepang harga ini bakal mencapai 3 kali lipat. Indomie misalnya di Jepang di hargai 9000 ribuan atau 85 yen.

9. Nasi goreng


Makanan yang banyak digilai orang ini juga merupakan salah satu makanan terenak di dunia.  Perpaduan nasi ditambah suwiran ayam, sosis, telur atau apalah sesuai selera yang membikin ini bikin orang ketagiahan. Dan tentunya jika beli harga yang di patok tak lebih dari 12 ribu. Sangat berbeda jika kamu menikmati nasgor di USA harga yang harus kamu bayar untuk  seporsi nasgor sebesar 10 dollar atau 135 ribu.

10. Rendang 


Siapa nggak kenal rendang? Makanan khas asal Padang ini merupakan makanan terlezat selanjutnya yang di akui dunia. Jika di Indonesia kita dapat menikmati dengan kisaran harga 15 ribu. Maka hal berbeda dengan di Inggris. Seporsi rendang padang yang menggugah selera dapat kamu nikmati dengan harga 12 euro atau sekitar 180 ribu.

Bagaimana masih gengsi dengan makanan lokal? Jangan sampai makanan kita yang kaya akan citarasa ini lebih populer di negara lain.


Baca Lainya : Dokter Aneh, Meminta Pasien Merokok 50 Batang Perhari Agar Bayi Lahir Kecil

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.