Mau Tinggal di Rumah Yang Lama Kosong? Lakukan 5 Persiapan Ini Sebelum Menempatinya

watch_later Friday, 20 January 2017
Ada banyak hal yang menyebabkan rumah dibiarkan kosong. Salah satu sebab umum yang sering kali terjadi adalah karena suatu pekerjaan yang mengharuskan sang pemilik rumah pindah ke luar kota atau mungkin juga ke luar negeri. Maka mau tidak mau rumah pun harus ditinggalkan untuk beberapa waktu lamanya sehingga rumah pun menjadi kosong.

Ketika masa tugas pekerjaan sudah selesai maka saatnya anda kembali ke rumah. Sekian lama ditinggalkan pastinya rumah dalam keadaan yang tidak terawat banyak debu di sana-sini. Untuk itu sebelum kembali menempati rumah anda yang telah lama kosong lakukanlah beberapa persiapan berikut ini, agar saat kembali rumah anda sudah bersih dan nyaman ditinggali.


Baca Lainya : Warna Cat Rumah Yang Menjadi Trend dan Paling Populer Tahun 2017


1. Bersihkan Rumah Sebelum Kedatangan Anda.

Hal yang pertama yang wajib dilakukan tentu saja adalah membersihkan rumah. Sekian lama ditinggalkan tanpa penghuni, pastinya rumah menjadi berantakan, kotor, dan berdebu. Mintalah bantuan saudara ataupun anda bisa mencari jasa bersih rumah untuk merapikan rumah anda. Sehingga ketika anda datang rumah sudah dalam keadaan rapi dan bersih serta layak untuk ditinggali. Anda pun bisa langsung beristirahat tanpa harus capek-capek membersihkan rumah terlebih dahulu.

2. Segera Cuci Perabotan Anda.

Setelah rasa capek dan lelah anda hilang, sebaiknya anda segera mencuci beberapa perabotan rumah anda yang memiliki fungsi fital dalam rumah terkait dengan kesehatan. Seperti peralatan makan, sarung bantal, tirai, keset, karpet dan lain sebagainya. Jika anda tidak segera mencucinya dikwatirkan akan memicu munculnya alergi. Sebab peralatan yang lama tidak  digunakan, pastinya ada banyak debu yang menempel.

3. Rapikan Halaman Rumah Dari Berbagai Rumput Liar.

Sekian lama tidak ditinggali dan tidak dirawat  halaman rumah sudah pasti banyak ditumbuhi rumput atau juga tanaman yang ada di halaman menjadi semakin lebat. Rapikan dan pangkas rumput dan tanaman tersebut agar tidak terlalu lebat. Sebab tanaman yang terlalu lebat bisa dijadikan sarang berbagai serangga bahkan ular yang tentunya membahayakan keluarga anda.

4. Buka Seluruh Ventilasi Rumah.

Langkah ke empat yang mesti segera anda lakukan adalah membuka seluruh ventilasi rumah seperti, jendela, angin-angin dan lain sebagainya. Berguna agar udara dan sinar matahari dapat masuk sehingga terjadi pertukaran udara. Rumah yang lama tertutup dan  tidak ditinggali tentunya menimbulkan bau yang pengap serta udara didalam menjadi lembab.

Untuk menambah kenyamanan dalam rumah anda bisa menambahkan beberapa pengharum ruangan.

5. Sewa Tukang/Ahli Bangunan.

Dan yang terakir nampaknya anda perlu menyewa jasa seorang ahli bangunan. Untuk sekedar mengecek atau bisa juga memperbaiki jika ada kerusakan dalam rumah. Seperti atap bocor, kran air mampet, kunci pintu rusak, atau bisa juga kabel putus akibat di makan tikus dan tentunya masih banyak hal lainya.

Rumah yang lama kosong dan tidak terawat biasanya memicu berbagai kerusakan. Dengan melakukan 5 persiapan diatas menempati rumah yang lama kosong pun bisa terasa nyaman.

Demikian beberapa persiapan yang mesti anda lakukan sebelum menempati rumah yang lama dikosongkan. Semoga bisa membantu.


Baca Lainya : Tips Memiliki Rumah Dekat Dengan Jalan Raya Agar Tetap Nyaman dan Aman

Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.