10 Bahan Tradisional Untuk Mengobati Anyang Anyangan
10 Bahan Tradisional Untuk Mengobati Anyang Anyangan

10 Bahan Tradisional Untuk Mengobati Anyang Anyangan

Health - Kadang pernah kan anda mengalami rasa sakit yang teramat sangat saat buang air kecil atau pipis . Di pertengahan ketika pipis akan habis rasa sakit seperti   tak tertahankan dan setelah itu di ikuti rasa panas seperti terbakar di bagian perut bawah .  Anyang anyangan demikian biasa di sebut rasa sakit ini dan yang lebih jauh anyang anyangan dapat mengindikasikan penyakit saluran kemih atau juga pada ginjal .

Ciri dari anyang anyangan adalah :
1. Saat pipis terasa sakit .
2. Merasa selalu ingin pipis namun urin yang dikeluarkan sedikit .
3. Sakit pada bagian perut bawah .
4. Air kencing berwarna lebih keruh dan berbau .

Faktor pemicunya pun juga beraneka ragam diantaranya adalah kurang menjaga kebersihan , angkat beban yang berat , kehamilan , serta kurang minum . Kalau sudah seperti ini maka pergi ke dokter menjadi solusinya , terutama jika anyang anyangan yang  tak kunjung sembuh sampai berhari - hari . Namun jika anyang anyangan baru dirasakan dan tidak ingin mengkonsumsi obat dari dokter , anda bisa menggunakan cara - cara tradisional seperti penggunaan bahan toga atau tanaman keluarga.

Berikut 10 Bahan Tradisional Untuk Mengobati Anyang Anyangan.


1. Daun Kumis Kucing Dan Gula

Tanaman yang biasanya di buat untuk menghiasi taman ini mempunyai khasiat yang baik mengobati annyang annyangan . Caranya ambil daun kumis kucing lalu keringkan .  Setelah mengering seduh dengan air panas seperti anda membuat teh . Lalu tambahkan gula Jawa .

2. Jeruk Nipis Dan Gula Pasir

Ambil satu buah jeruk nipis lalu peras airnya . Tambahkan gula pasir dan air hangat lalu aduk kemudian minum .Ulangi selama 2 kali sehari di pagi dan sore hari .

3. Air Hangat Dan Garam

Bumbu dapur seperti garam ternyata sangat bermanfaat menyembuhkan annyang anyangan . Caranya ambil satu gelas air hangat lalu tambahkan sedikit garam . Minum ulangi sampai rasa sakit hilang .

4. Minum Air Yang Banyak

Minum air yang banyak menjadi cara yang paling mudah dilakukan saat anyang annyangan terjadi . Hal tersebut dapat membantu anda mengeluarkan bakteri dan virus yang ada dalam kandung kemih . Bisa dilihat kan bagaimana keruhnya air kencing saat anyang anyangan terjadi.

5. Sirsak Setengah Matang

Selain daunnya yang sangat terkenal sebagai bahan obat alami buahnyapun ternyata sangat baik untuk menyembuhkan anyang anyangan . Caranya ambil buah sirsak yang agak matang , lalu kupas dan rebus dengan 2 gelas air  kemudian tambahkan gula . Rebus dengan api kecil sampai mendidih . Saring dan minum ramuan 2 kali sehari pagi dan sore hari .

6. Kulit Semangka 


Kulit semangka ternyata bisa juga digunakan untuk mengobati sakit anyang anyangan .
Bahan :
- 60 gr kulit semangka segar jika kering 30 gr
- 60 gr akar alang alang
- 60 gr rambut jagung

Cuci bersih ketiga bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc . Minum dua kali sehari pagi dan sore hari.

7. Daun Meniran

Daun meniran sering digunakan untuk berbagai macam obat alami . Untuk mengobati anyang anyangan caranya
- 30 gr daun meniran
- 30 gr daun kumis kucing
Cuci semua bahan , rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc , saring kemudian minum 2 kali sehari pagi dan sore .

8. Daun Keji Beling

Daun ini dipercaya menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti yang berkaitan dengan kandung kemih termasuk batu ginjal .
Ambil bahan :
- 30 gr daun keji beling
- 30 gr daun belimbing
Cuci kedua bahan . Lalu rebus dengan air 600 cc rebus sampai menyisakan 300 cc . Saring lalu minum sehari dua kali pagi dan sore.

9 . Daun Alpukat

Selain buahnya yang lezat daunnya pun ternyata banyak membawa manfaat bagi kesehatan . Untuk menyembuhkan anyang anyangan caranya .
- 7 lembar daun alpukat
- 30 gr daun cocor bebek
Cuci kedua bahan . Lalu rebus dengan air 700 cc dan sisakan 300 cc saring lalu minum di pagi dan sore hari .

10 . Daun sawi

Kesegaran daun sawi saat menjadi sayur bisa juga menyembuhkan anyang anyangan anda . caranya :
- 30 gr daun sawi
- 30 gr semanggi gunung
- 30 gr gula pasir
Setelah dicuci daun sawi dan daun semanggi . Rebus dengan 600 cc air sisakan 300 cc air tambahkan gula lalu saring dan minum dua kali sehari pagi dan sore .


Selain mengkonsumsi obat tradisional anda juga bisa melakukan tips ini .


1. Pijat refleksi
Dari jaman dulu pijat telapak kaki atau pijat refleksi sudah di kenal oleh bangsa China . Hal tersebut selama beribu tahun sudah teruji manfaatnya . Dan cara inipun bisa membantu anda menyembuhkan penyakit anyang anyangan anda. Namun dibutuhkan ahli yang mengetahui titik pijat mana saja untuk menyembuhkan anyang anyangan anda.

2. Mengikat jempol kaki
Meskipun seperti tidak masuk akal mengikat jempol kaki dengan karet bisa anda lakukan saat anda anyang anyangan . Lakukan hal ini selama 15 sampai 30 menit saja ,  karena bila terlalu lama jempol kaki anda bisa bengkak , dan bukannya sembuh namun justru memicu masalah kesehatan baru .

3. Tekuk kaki
Menekuk kaki bisa juga meredakan sakit akibat anyang anyangan . Caranya dengan berbaring tekuk kaki anda ke bawah pantat . Kemudian suruh seseorang memijit paha anda . Lakukan ini selama 15 sampai 30 menit . Rasa sakit anyang anyangan akan jauh berkurang karena dengan menekuk kaki dalam posisi tidur dapat melemaskan otot perut anda .

4. Angkat kaki ke atas
Saat anyang anyangan terasa anda juga bisa melakukan cara sederhana yang selanjutnya. Dalam posisi tidur angkat kaki anda dan senderkan pada tembok . Diamkan sampai 20 menit . Lama kelamaan pasti perut anda akan terasa lebih nyaman .

Demikian semoga bermanfaat .


Baca Lainya : 5 Manfaat Buah Naga yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Sumber referensi :
http://bacaterus.com/cara-mengatasi-anyang-anyangan/
http://anyanganyangan.com/
http://www.klikcara.com/2014/09/6-cara-alami-mengatasi-anyang-anyang.html
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar