5 Daftar Sungai Terangker Di Indonesia Yang Sering  Memakan Korban Jiwa
5 Daftar Sungai Terangker Di Indonesia Yang Sering  Memakan Korban Jiwa

5 Daftar Sungai Terangker Di Indonesia Yang Sering Memakan Korban Jiwa

"Bengawan Solo riwayatmu ini sedari  dulu jadi....perhatian insani".

Itulah penggalan  lirik lagu Bengawan Solo karya Gesang. Lagu ini begitu melegenda, dimana didalam liriknya menceritakan tentang aliran sungai Bengawan Solo yang begitu panjang melintasi beberapa kota di Jawa.

Nah, berbicara mengenai sungai tahukah kamu bahwa selain Bengawan solo masih banyak lagi sungai yang jauh lebih besar dan panjang di Indonesia. Maka tak heran jika ada yang bilang Indonesia adalah negara dengan seribu sungai. Tentu saja hal ini merupakan suatu anugerah tersendiri. Dengan melimpahnya air di tiap aliran sungai tentunya mempunyai banyak manfaat yang begitu penting dalam menunjang kehidupan warga indonesia. Seperti pemanfaatanya untuk pembangkit listrik, sebagai suplai untuk saluran irigasi, serta pemanfaatan hasilnya seperti ikan dan masih banyak lagi manfaat prnting lainya.

Namun disisi lain banyaknya sungai besar di Indonesia terkadang ada saja yang sering menelan korban jiwa. Hampir tiap tahunya ada saja warga yang meninggal terbawa arus sungai. Hingga pada akirnya hal inipun disangkut pautkan dengan sesuatu yang mistis. Ya masyarakat percaya bahwa hal ini dikarenakan sungai sedang meminta tumbal sebagai imbal balik atas melimpahnya air yang bisa dimanfaatkn masyarakat. Rumor inipun terus berkembang hingga pada akirnya ada beberapa sungai yang dianggap keramat dan angker.

Berikut ini adalah 5 sungai di Indonesia yang dipercaya masyarakat sebagai sungai paling angker karena keganasanya sering menelan korban jiwa.

1. Sungai Bengawan Solo.


Seperti penjelasan diatas, sungai bengawan solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa. Dengan dua hulu sungai yaitu dari daerah Pegunungan Sewu, Wonogiri, dan Ponorogo selanjutnya bermuara di Gresik. Sungai ini begitu melegenda hingga keseluruh dunia terutama Jepang. Karena terinspirasi dari lagu keroncong karya sang legendaris Gesang dengan judul Bengawan Solo.

Sungai Bengawan Solo memang terkenal dalam dengan arus yang kuat serta saat musim penghujan datang sungai ini sering meluap. Hal inilah yang sering menelan korban jiwa. Banyak korban yang kalap di sepanjang aliran sungai ini. Hingga masyarakatpun banyak yang percaya bahwa memang sungai Bengawan Solo mempunyai sisi mistis yang tersembunyi. Hal ini diperkuat dengan kebenaran tentang misteri yang beredar di masyarakat bahwa korban kalap akan ditemukan tak jauh dari titik pertama kali korban hilang. Mengingat begitu derasnya arus tentu hal ini sedikit aneh  kenapa jasad korban tidak terbawa aliran sungai yang deras. Karena itulah sebagian masyarakat yang tinggal disekitar bantaran sungai Bengawan Solo beranggapan bahwa sungai ini memiliki sisi mistis dan terkenal angker.

2. Sungai Musi.


Jika anda berkunjung ke kota Palembang, tentu tidak asing lagi dengan sungai ini. Yups, Sungsi Musi memang menjadi icon dari Kota Palembang. Sungai yang membelah kawasan hilir dan hulu Kota Palembang ini mempunyai banyak cerita mistis. Sehingga masyarakat disekitar sungai pun mengenal sungai ini sebagai sungai yang angker. Banyak kasus kematian yang misterius di singsi ini dengan para korban yang bervariasi dan cara kematianya yang beranekaragam. Mulai dari tenggelam, terpeleset ataupun hanyut saat berenang maupun memancing. Hal ini oleh masyarakat setempat dikaitkan dengan sebuah mitos sosok Hantu banyu dan ikan yang menyerupai bentuk naga. Konon masyarakat sekitar percaya keberadaan hantu inilah yang sering mengakibatkan banyak orang yang tenggelam. Masyarakat percaya bahwa hantu banyu sengaja muncul dan meninggalkan lendir yang licin di sekitar sungai. Tujuanya adalah agar warga yang kebetulan lewat tempat tersebut terpeleset dan jatuh kedalam sungai, dimana hantu banyu telah menunggu dibawah.

3. Sungai Brantas.


Sungai Brantas merupakan sungai yang berada di Jawa Timur. Sungai ini merupakan sungai terbesar kedua di Jawa setelah sungai Bengawan Solo.

Sungai ini bermata air di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumi Aji Kota Batu, yang berasal dari simpanan air Gunung Arjuno, lalu mengalir ke Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Kombang, Mojokerto. Sungai Brantas sendiri memilik fungsi yang sangat vital bagi masyarakat Jawa timur. Terutama sebagai irigasi untuk persawahan yang ada di sekitar sungai. Hampir 60% padi di Jawa Timur berasal dari area persawahan di sepanjang aliran sungai Brantas.

Sejak dahulu kala sungai brantas terkenal menyimpan misteri, banyak warga yang dilaporkan kalap terseret arus saat berada disungai dan ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa. Memang pembawaan Sungai Brantas yang tenang dipermukaan namun begitu deras di dasar sungai banyak mengecoh warga yang kurang waspada. Banyaknya korban kalap sampai meninggal inilah yang membuat sungai ini menjadi angker, belum lagi adanya mitos sosok penunggu kali brantas yaitu buaya putih yang dipercaya warga sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Sosok adanya buaya putih ini diperkuat dengan adanya catatan Belanda menjelaskan tentang keberadaan makluk tersebut ketika awal-awal pembangunan jembatan lama Kediri tahun 1836-1876. Bahkan ada yang lebih misterius lagi tentang keberadaan sosok Buaya Putih tersebut yang berada diwilayah aliran Sungai Brantas tepatnya di wilatah Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, yang dikenal warga setempat dengan sebutan "Badug Seketi".

4. Sungai Kapuas.


Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Terbentang dari Kabupaten Kapuas Hulu dan bermuara di kota Pontianak. Dibalik panjangnya sungai ini, ternyata juga menyimpan banyak misteri didalamnya. Tak heran jika sungai ini terkenal ganas lantaran aliran sungai ini telah banyak menelan korban jiwa.
Hampir setiap tahunya ada saja laporan orang yang kalap terbawa arus. Hal inipun oleh warga sekitar dikaitkan dengan  hal yang mistis. Banyak yang percaya bahwa banyaknya korban yang tenggelam di sungai ini lantaran penunggu sungai meminta tumbal. Mengenai benar atau tidaknya kepercayaan tersebut, satu hal yang pasti benar adalah memang banyak sekali korban yang hanyut dan tenggelam di sungai ini.

5. Sungai Siak.


Sungai Siak berada di Propinsi Riau. Tepatnya berada di Kabupaten Siak. Sungai ini merupakan salah satu sungai yang terdalam di Indonesia. Tercatat kedalamanya ada yang mencapai 30 meter. Maka tak heran jika sungai ini bisa dilewati oleh kapal-kapal besar seperti Kapal Tanker. Karena itulah sungai ini berperan vital dalam menunjang jalur distribusi perekonomian di Kabupaten Siak.

Namun dibalik peran sungai Siak yang begitu penting bagi masyarakat Riau, ternyata sungai ini tak luput dari mitos yang menyeramkan hingga masyarakat percaya bahwa sungai ini begitu angker. Apalagi ditambah dengan fakta banyaknya kejadian warga yang tenggelam atau terseret arus hingga tewas menambah kesan angker begitu terasa. Menurut warga sekitar Sungai Siak merupakan sungai ghaib. Hal ini berhubungan dengan sejarah dari sungai ini.

Diceritakan Sultan Syarif Kasim merupakan raja terakir dari Kerajaan Siak yang mempunyai kesaktian yang amat luar biasa. Konon karena kesaktianya itulah benda-benda kerajaan selalu aman dari para perampok. Dan Sungai Siak inilah yang menjadi saksi bisu kedasyatan kekuatan ghaib tersebut. Tiap ada perampok yang berhasil membawa barang berharga dari kerajaan selalu berakir di Sungai ini. Perampok tewas secara misterius tanpa diketahui pasti apa penyebabnya.


Baca Lainya : Mengintip 5 Adat Pernikahan Dengan Budget Termahal di Indonesia

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar