5 Cerita Horor di Kota Solo Ini Bikin Merinding, Jangan Baca Kalau Tidak Punya Nyali
5 Cerita Horor di Kota Solo Ini Bikin Merinding, Jangan Baca Kalau Tidak Punya Nyali

5 Cerita Horor di Kota Solo Ini Bikin Merinding, Jangan Baca Kalau Tidak Punya Nyali

Solo kota yang terletak di Jawa Tengah ini memang syarat akan budayanya. Banyak kebudayaan jawa yang tercipta dan melegenda dari kota ini. Tidak aneh rasanya jika Kota Solo diberi predikat sebagai ibu kotanya kebudayaan Jawa.

Hal tersebut tentunya tidak lepas dari sejarahnya, ya kota Solo/Surakarta dahulu merupakan bagian dari Kerajaan Mataram, bahkan surakarta pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan Mataram. Maka tak heran jika banyak kebudayaan jawa yang masih melekat di kota ini dan terus dilestarikan hingga sekarang,

Mengulas sisi kebudayaan solo pastinya tidak ada habisnya karena memang Solo adalah Kota Seribu Budaya. Oleh karena itu kami akan mengulas solo dari sisi lainya. Yups.. Tahukah kamu dibalik hingar bingarnya kota Solo ternyata menyimpan kisah-kisah misteri yang begitu menyeramkan, hingga membaca saja sudah bisa bikin merinding. Contohnya 5 kisah misteri ini, yang dikenal begitu angker oleh warga sekitarnya. Apa sajakah itu berikut ulasanya.

1. Kisah Misteri Alunan Gamelan Tua di Lokananta yang Berbunyi Tanpa Penabuh.


Misteri yang pertama berasal dari Lokananta. Adalah perusahaan rekaman/ label pertama yang berada di Kota Solo, Jawa Tengah yang berdiri sejak tahun 1956. Banyak lagu karya anak bangsa yang direkam disini. Selain sebagai tempat rekaman para musisi tanah air, ternyata lokananta juga sebagai tempat penyimpanan gamelan tua yang konon sudah ada sejak zaman Pangeran Diponegoro. Dari usia gamelan yang cukup tua tersebut menyimpan kisah horor yang menyeramkan. Bagaimana tidak, kabarnya gamelan lokananta sering mengalun/ berbunyi dengan sendirinya padahal tidak ada penabuhnya.  Bahkan kejadian tersebut pernah dibuktikan sendiri oleh Agus Budi Riyanto, beliau adalah penjaga di Lokasi tersebut. Dalam wawancaranya dengan Tribunnews Beliau menuturkan,

"Ini gamelan sudah ada sejak zaman Pangeran Diponegoro, itu sering berbunyi sendiri, tahu-tahu bunyi padahal tidak ada siapapun di sana. Soalnya saya sudah buktikan".


2. Kisah Misteri di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.


Kampus UNS merupakan salah satu yang terbaik di Surakarta dalam hal pendidikan. Institusi ini berdiri pada lahan seluas 60 hektar. Sebelum kampus ini dibangun konon kawasan tersebut dulunya merupakan area pemakaman dengan rawa-rawa di sekelilingnya. Sebelum akirnya dipindahkan dan dibangun kampus di atasnya, yaitu UNS. Maka tak heran jika sampai saat ini masih tersimpan sisi mistisnya. Banyak kejadian-kejadian horor yang pernah terjadi di kampus tersebut.

Terutama di area bukit kendil yang terletak di belakang gedung Argobudoyo, tidak jauh letaknya dari fakultas pertanian dan fakultas kefoktetan. yang mana di area tersebut masih terdapat makam yang tidak dipindahkan. Makam tersebut dikenal dengan Pangeran Keraton. Kabarnya ditempat tersebut sering muncul kereta kencana dengan kusirnya, ada juga penampakan sosok lainya yaitu wanita berambut panjang dengan baju putihnya, seremm kan!! Selain sosok-sosok tersebut masih banyak penampakan lainya di kampus UNS, pokoknya kalau diceritain bikin bergidik.

3. Kisah Mistis dari Bangunan eks RS Kadipolo.



Ada lagi nich yang tak kalah seramnya, yaitu datang dari bekas Rumah Sakit Kadipolo. Karena tidak digunakan lagi bangunan ini dulu pernah dibuat sebagai mess para pemain club arseto Solo sewaktu club tersebut masih aktif. Namun sejak 1998 mess tersebut sudah ditutup dan bangunan dibiarkan kosong. Kabarnya kawasan ini pernah akan dibuat uji nyali yang itu-tu. Namun dengan alasan keamanan peserta akirnya tidak jadi dilakukan. Mungkin karena terlalu angker kali.

Menurut cerita dari warga sekitar ditempat ini terdapat sosok makluk astral berpenampakan suster ngesot, ihhh serem banget kan.

4. Kisah Mistis di Taman Sekartaji.


Berikutnya kisah mistis di Taman Sekartaji. Taman yang terletak di Jl Tentara Pelajar, Jebres, ini setiap harinya memang selalu ramai oleh pengunjung. Pengunjug taman ini kebanyakan adalah pasangan muda-mudi yang tengah kasmaran. Jika diperhatikan secara kasat mata taman ini tak jauh beda dengan taman-taman lainya. Namun menurut pengakuan petugas yang bekerja di tempat tersebut banyak sekali kisah mistis yang terungkap di sana. Mulai dari bau wewangian yang muncul tiba-tiba padahal tak ada satu orangpun disana. Hingga adanya penampakan makluk astral. Konon, juga menurut petugas ada sesosok perempuan yang sering muncul dari balik pohon besar, pokoknya serem dech.

5. Kisah Mistis di Hotel Solo Paragon.


Siapa sangka di balik mewah dan eksotisnya Hotel Paragon, Solo. Ternyata menyimpan kisah mistis yang kerap kali dialami para tamu yang menginap disana. Banyak kejadian aneh yang kerap dialami para tamu mulai dari mendengar suara tangisan, hingga benda tiba-tiba bergerak dengan sendirinya. Hemm gimana gak merinding coba kalau beneran ini terjadi. Banyaknya cerita mistis yang menyeruak dari Solo Paragon Hotel ini memang tak lepas dari sejarahnya. Sebelum dibangun hotel kawasan tersebut dulunya adalah sebuah rumah sakit tua yang sudah ada sejak zaman Belanda.

Demikian tadi 5 kisah mistis yang berasal dari kota Solo. Tentang benar tidaknya hal tersebut yang pasti kisah misteri dari 5 tempat ini sudah banyak tersebar di masyarakat luas.

Buat warga Solo, bagaimana pendapatmu??


Baca Lainya : [ KISAH NYATA ] Kutukan Pernikahan Sepupu


Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar