Woow, Belajar Bahasa Indonesia di 8 Negara Ini Dianggap Begitu Penting, Mau Tahu Kenapa?
Woow, Belajar Bahasa Indonesia di 8 Negara Ini Dianggap Begitu Penting, Mau Tahu Kenapa?

Woow, Belajar Bahasa Indonesia di 8 Negara Ini Dianggap Begitu Penting, Mau Tahu Kenapa?

Advertisement
PalingSeru  - Sebagai warga negara  Indonesia harusnya kita merasa bangga, Tahu gak kenapa? Karena bahasa persatuan kita yaitu bahasa Indonesia di beberapa negara lain menjadi sesuatu yang patut untuk dipelajari. Hingga kursus Bahasa Indonesia mulai marak dibuka di negara-negara tersebut.

Hal ini tidaklah aneh mengingat Wikipedia Indonesia saat ini menempati urutan 25 dari 250 wikipedia berbahasa asing. Bahkan di tingkat asia Wikipedia Indonesia berada diurutan ke 3 setelah Jepang, dan Mandarin, hemm keren kan...!

Nah, kalau di luar negeri saja Bahasa Indonesia begitu di minati, kamu yang asli warga negara Indonesia harusnya lebih mencintai bahasa persatuan ini. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar. Kita harus bangga lo, karena kini Bahasa Indonesia mulai mendunia. Lalu negara mana sajakah yang menganggap Bahasa Indonesia itu penting untuk dipelajari? Berikut ini ulasanya.

1. Suriname.



Gambar via nilni.com
Republik Suriname dahulu dikenal dengan nama Guyana Belanda. Adalah negara yang terletak di kawasan Amerika Selatan yang merupakan bekas jajahan Belanda. Perlu kamu tahu Suriname merupakan salah satu negara dimana banyak penduduknya yang menggunakan Bahasa Indonesia. Hal ini tentu tidaklah aneh, mengingat hampir 14 persen dari seluruh jumlah populasinya adalah warga asli keturunan Jawa. Sehingga Suriname banyak yang mempelajari Bahasa Indonesia yang notabenya adalah bahasa nenek moyang mereka.


2. Jepang.



Gambar via cameralabs.org
Negara yang biasa juga dikenal dengan sebutan negara matahari terbit ini, memang sudah begitu akrab dengan Indonesia. Bagaimana tidak, dalam sejarahnya Jepang pernah menjajah dan menduduki negara kita kurang lebih 3,5 tahun lamanya. Namun saat ini hubungan antara kedua negara ini begitu baik, bahkan saat ini Jepang merasa bahwa belajar Bahasa Indonesia menjadi sangat begitu penting. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya Progam Studi Bahasa Indonesia di Tokyo University of Foreign Studies. Namun untuk bisa mengikuti progam ini, para calon peserta harus bisa melalui beberapa tes yang amat ketat. Bagi Mahasiswa yang lolos seleksi mereka akan diajarkan bagaimana menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Proses pembelajaranya pun tidak main main, karena Mahasiswa akan diajari dari tingkat dasar Bahasa Indonesia hingga mahir dalam menulis dan membacanya.


3. Kanada.



Gambar via ieconline.de
Ada alasan tersendiri kenapa Kanada beranggapan belajar Bahasa Indonesia begitu penting. Tentunya hal ini berhubungan dengan banyaknya pencari kerja internasional, yang kebanyakan mereka berasal dari Indonesia. Tingginya minat warga negara Indonesia untuk bekerja di Kanada karena memang negara tersebut mempunyai rata-rata pendapatan tertinggi dengan biaya hidup yang tidak terlalu mahal. Maka oleh karena itu di Kanada membuka beberapa tempat kursus dan tempat belajar Bahasa Indonesia.


4. Vietnam.



Gambar via lensajelajah.com
Dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam di beberapa tahu belakangan ini terus meningkat. Bahkan Bahasa Indonesia secara resmi diumumkan menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh. Pengumuman ini disampaikan oleh pemerintah daerah Kota Ho Chi Minh pada bulan Desember 2007. Hal ini juga dibenarkan oleh Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City periode 2007 2008, Irdaris Ahmad di Jakarta. 

Beliau mengungkapkan " Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai negara kedua yang di prioritaskan.

Oleh karena itu pihak  Konsulat Jenderal RI di Kota Ho Chi Minh City, membantu berbagai sarana universitas guna memperlancar dan mengembangkan studi Bahasa Indonesia di sana.


5. Ukraina.



Gambar via tempatwisataunik.com
Ukraina  menjadi salah satu Negara berikutnya yang merasa Bahasa Indonesia begitu penting untuk dipelajari. Tercatat Progam Study  Bahasa Indonesia telah di buka sejak tahun 2013 silam. Adalah Taras Shevcenko National University Of Kyiv yang telah membuka progam study tersebut pada bagian Institut Filologinya. Bahkan demi keberhasilan progam tersebut Pemerintah Indonesia tidak segan memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing yang terpilih guna mengikuti progam tersebut.


6. Korea Selatan.



Gambar via ini tempatwisata.com
Korea Selatan, negara yang terkenal akan kecanggihan operasi plastiknya inipun tak luput untuk bisa mempelajari Bahasa Nasional Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya progam study Bahasa Indonesia di salah satu universitas terbaik di sana. Hankuk University of Foreign Studies (HUFS) merupakan kampus yang menyediakan jurusan tersebut. Bahkan menariknya Dosen untuk mata kuliah tersebut adalah asli orang Indonesia, beliau bernama Tengsoe Tjahjono. Ada 2 jurusan yang dibuka di HUFS yaitu Departement of Malay-Indonesia di College of Oriental Language dan Departement of Malay-Indonesian Interpretation  College of  Interpretation and Translation.


7. Kepulauan Hawaii, Amerika.



Gambar via tornosnews.gr
Siapa sangka jika penduduk di Hawai sangat tertarik dengan Bahasa Indonesia dan kebanyakan dari mereka begitu antusias untuk bisa mempelajari Bahasa Indonesia. Maka tak heran jika banyak universitas di sana yang sengaja memasukan progam study Bahasa Indonesia dalam kurikulumnya. Bahkan demi mempelajari lebih dalam tentang budaya dan Bahasa Indonesia tim pendidiknyapun sampai harus rela terbang pulang pergi dari Hawai Ke Indonesia.


8. Australia.




Gambar via digaleri.com
Dan yang terakir adalah Australia. Negara yang terkenal dengan binatang Kanguruya ini secara geografis cukup dekat dengan Indonesia. Maka jangan heran jika negara inipun juga tertarik untuk mempelajari segala hal tentang budaya kita, termasuk juga tentang Bahasa Indonesia.  Untuk itu sebuah Progam Study Bachelor of Arts di University of Southern Queensland yang berada di Australia membuka mata kuliah Bahasa Indonesia. Tak hanya setingkat perguruan tinggi saja, bahkan sekolah dasar di sana sudah mewajibkan Bahasa Indonesia ke dalam jadwal mata pelajaranya. So, jangan heran jika anak kecil di sana sudah bisa mengerti jika diajak berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia,



Baca Lainya : Catat Ya, 8 Barang Yang Harus Kamu Persiapkan Jika Berniat Meminang Gadis Jawa


Advertisement

Baca juga:

Loading...

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar