Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Cara Tarik Tunai Ambil Uang Lewat ATM BRI Terbaru

Sebagai nasabah bank, pastilah Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Sebuah mesin pintar yang dapat menggantikan peran teller bank dalam memproses transaksi perbankan nasabah. Dengan adanya mesin ATM nasabah tidak perlu repot-repot mengantri di teller hanya untuk keperluan transaksi. Sebagai gantinya cukup datang ke bilik ATM terdekat dan transaksi pun bisa dilakukan. Ada banyak transaksi yang bisa dilakukan dengan mesin ATM mulai dari transaksi tunai seperti ambil uang, setor uang maupun transaksi non tunai seperti cek saldo, cek mutasi dan lain sebagainya.

Karena begitu fitalnya mesin ATM dalam dunia perbankan maka hampir semua bank yang ada di Indonesia menyediakan mesin tersebut guna menunjang kemudahan transaksi nasabahnya tak terkecuali juga dengan Bank BRI.

Tercatat hingga saat ini bank BRI telah meluncurkan sebanyak lebih dari 20.000 mesin ATM dan 3.000 lebih mesin ATM CRM. Jumlah tersebut menjadikan bank BRI sebagai bank dengan jumlah ATM terbanyak di Indonesia. Dengan jumlahnya yang mencapai puluhan ribu tersebut maka tak heran rasanya jika bilik ATM BRI sangat mudah sekali di jumpai di setiap kota bahkan sampai kepelosok daerah. Dengan penyediaan bilik ATM yang banyak tersebut maka nasabah tidak lagi perlu kwatir saat tiba-tiba kehabisan uang saat melakukan aktifitas di luar rumah, karena dapat dengan segera menemukan mesin ATM BRI untuk melakukan transaksi tarik tunai atau mengambil uang lewat ATM.

Berbicara mengenai transaksi tarik tunai lewat mesin ATM, ternyata masih banyak nasabah BRI yang tidak mengetahui caranya. Padahal cara mengambil uang lewat mesin ATM BRI sangatlah mudah sekali dan hanya memerlukan waktu sekitar 2 menitan saja. Nah bagi Anda yang masih bingung tentang langkah-langkahnya silahkan simak penjelasan berikut ini.




Cara Melakukan Tarikan Tunai Lewat Mesin ATM yang Benar


  1. Silahkan anda berkunjung di Mesin ATM BRI terdekat.
  2. Masukan Kartu ATM pada slot / lubang kartu yang ada pada mesin ATM. Untuk posisi kartu jangan terbalik.
  3. Selanjutnya menu pada monitor akan terbuka, dimana anda akan dihadapkan pada pilihan bahasa. Langsung saja pilih " Indonesia".
  4. Lanjutkan dengan memasukan nomor PIN anda. Masukan nomor dengan cermat jangan sampai salah lebih dari 3 kali, agar kartu ATM tidak terblokir.
  5. Selanjutnya layar akan menampilkan beberapa menu pilihan, diantaranya menampilkan nominal uang yang bisa langsung anda ambil/ tarik.
  6. Silahkan pilih salah satu nominal uang yang akan anda ambil dengan menekan tombol yang berada di sampingnya, maka secara otomatis mesin ATM akan memproses penarikan uang yang anda minta. Silahkan tunggu beberapa saat sampai uang keluar, dan segera ambil uang dan jangan lupa kartu ATM anda. Namun jika nominal uang yang ingin Anda ambil tidak tertera di layar maka langkah yang harus Anda lakukan adalah mengetikan nominal uang secara manual, caranya perhatikan langkah 7 dibawah ini.
  7. Pada langkah ke 5 jangan langsung memilih nominal uang, namun silahkan anda tekan " TRANSAKSI LAIN" yang berada di pojok kanan bawah kemudian lanjutkan dengan pilih " PENARIKAN".
  8. Anda akan diperintahkan untuk memasukan nominal penarikan uang. Silahkan ketik berapa jumlah uang yang anda inginkan. Untuk penarikan uang yang bisa anda ambil adalah kelipatan 50.000 dan 100.000 ( tergantung anda menggunakan mesin ATM pecahan berapa). Jadi anda tidak bisa mengambil uang tunai dari mesin ATM dengan nominal contoh 125.000.
  9. Jika anda sudah mengetikan nominal uang yang akan anda ambil misal sebesar 400.000. Lanjutkan dengan pilih "BENAR". Tunggu beberapa saat karena mesin masih memproses transaksi anda.
  10. Uang akan keluar diikuti dengan struk transaksi, silahkan ambil uang anda dan simpan struk transaksi sebagai tanda bukti transaksi berhasil dilakukan.
  11. Dan yang terakir jangan lupa ambil kartu ATM anda.
Penarikan tunai lewat ATM BRI tidak dibatasi waktu dan bisa dilakukan full 24 jam nonstop, berbeda halnya dengan penarikan lewat teller bank yang hanya bisa dilakukan pada jam kerja saja. Dengan mesin ATM nasabah juga bebas melakukan penarikan berkali-kali selama nominal uang yang ditarik dari mesin ATM tersebut tidak melebihi batas limit kartu ATM BRI. Perlu Anda ketahui  bahwasanya bank BRI memiliki beberapa produk tabungan yang memiliki limit tarik tunai dan limit transfer yang berbeda-beda. Berikut ini daftarnya !
  • BRI Britama Classic  : Rp. 5.000.000
  • BRI Britama Gold : Rp. 10.000.000
  • BRI Britama Bisnis : Rp. 10.000.000
  • BRI Britama TKI : Rp. 5.000.000
  • BRI Simpedes : Rp. 5.000.000
  • BRI Simpedes TKI Mastercard Classic  : Rp. 10.000.000
  • BRI Junio : Rp. 5.000.000

Apabila batas limit tarik tunai sudah terpenuhi maka Anda sebagai nasabah tidak lagi bisa melakukan transaksi tarik tunai di hari itu, transaksi baru kembali bisa dilakukan esokan harinya. Bagaimana? Mudah bukan!!! Demikian tadi Tutorial Cara Penarikan Uang Dari Mesin ATM BRI.  Yang terpenting jangan sampai Anda lupa membawa kartu ATM , sebab jika kelupaan kartu ATM maka Anda akan repot sendiri karena mesti balik lagi kerumah untuk mengambil ATM yang tertinggal tersebut. Namun sebenarnya tanpa kartu ATM pun nasabah tetap bisa melakukan tarik tunai lewat ATM.

Ambil Uang di ATM Bisa Tanpa Kartu? 

Kemajuan teknologi perbankan semakin meningkat. Kini nasabah BRI juga bisa mengambil uang di mesin ATM tanpa menggunakan kartu ATM nya. Sejak awal tahun 2019, cara ini sudah banyak dikembangkan pihak bank demi kemudahan transaksi nasabah khususnya mereka yang lupa, ketinggalan atau kehilangan kartu ATM.

Penasaran bagaimana cara ambil uang di mesin ATM tanpa harus memasukkan kartu ATM BRI? Langsung saja silahkan baca pada artikel berikut ini.


Baca : Begini Cara Tarik Tunai / Ambil Uang Tanpa Kartu di ATM BRI, BNI, Mandiri dan BCA


Catatan tambahan :
Meskipun transaksi tarik tunai di ATM BRI sangat mudah dilakukan namun faktanya banyak nasabah dari bank BRI yang masih ragu tentang keamananya hingga mereka lebih memilih cara konvensional yaitu dengan cara mengambil langsung di kantor cabang BRI lewat teller Bank. 

Bukan tanpa alasan nasabah takut melakukan transaksi lewat mesin ATM sebab banyak kasus yang terjadi uang di dalam rekening raib digondol pencuri. Dalam hal ini pelaku kejahatan pencurian tersebut menggunakan beberapa modus operandi dan yang paling sering adalah dengan cara skimming yaitu pelaku memasang sebuah alat disekitar slot kartu ATM. Alat tersebut mampu membaca data dari setiap kartu ATM yang dimasukan.  Ketika data sudah berhasil di dapat maka dengan mudah pelaku bisa membuat duplikat kartu ATM dan  segera melancarkan aksinya menguras isi rekening tabungan korbanya. Namun sebenarnya modus seperti ini sangat mudah di antisipasi dengan hanya melakukan beberapa langkah mudah ini.

Langkah Aman Bertransaksi di Mesin ATM BRI


Perhatikan Kondisi Mesin ATM

Biasakan sebelum melakukan transaksi di mesin ATM untuk selalu memperhatikan terlebih dahulu kondisi tampilan fisik dari mesin tersebut. Fokus perhatian utama adalah pada bagian slot lubang kartu ATM serta pada tombol keyboard ATM. Sebab dua area ini biasanya di pasangi alat skimmer dan camera kecil untuk mrncuri data dan merekam PIN ATM Anda. Jika dirasa ada yang janggal segera tinggalkan medin ATM tersebut atau lebih bijak lagi jika Anda segera melaporkan temuan kejanggalan tersebut pada yang berwenang untuk menghindari korban nasabah lainya.

Jaga Kerahasiaan PIN ATM

Saat hendak memasukan PIN harap selalu menutupnya dengan tangan, pastikan PIN ATM Anda tidak ada yang bisa melihatnya.

Segera Hubungi Call Center BRI Jika Terjadi Masalah

Jangan pernah sekalipun Anda menerima bantuan dari orang yang tidak Anda kenal ketika mengalami masalah di ATM. Langkah yang tepat jika Anda mengalami kendala misal kartu ATM tertelan mesin adalah dengan menghubungi Call Center BRI. Nomor Call Center BRI biasanya sudah tertempel pada mesin ATM, Anda bisa menghubungi nomor tersebut untuk mengadukan permasalahan terkait transaksi Anda. Namun pastikan nomor yang Anda hubungi tersebut adalah benar-benar nomor Call Center BRI.

Yang perlu Anda ingat adalah apapun kendala yang Anda alami petugas Call Center yang dihubungi tidak akan pernah menanyakan nomor PIN ATM. Jika seandainya ada yang menanyakan PIN ATM jangan pernah memberi tahukan PIN Anda dan segera tutup telpon Anda karena sudah pasti itu bukan layanan Call Center BRI yang asli. Berikut nomor Call Center BRI dan info kontak lainya yang disediakan BRI :

  • Call Center BRI
  • Call BRI : 14017 / 150017
  • Email BRI : info@bri.co.id
  • Facebook : BRI Official Page
  • Twitter : kontakbri
  • Instagram : bankbri_id

Silahhkan menghubungi call center di atas apabila ada masalah dalam bertransaksi. Namun apabila ingin direspon secara cepat, kami sarankan untuk menghubungi Call BRI  14017 atau 150017.

Demikian tadi sedikit informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat buat semuanya, Salam Jabat Erat!!

3 comments for "11 Cara Tarik Tunai Ambil Uang Lewat ATM BRI Terbaru"

  1. Thanks buat artikel sama video tutorialnya. Saya jadi terbantu.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih...artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete