Tak Selamanya Jalan itu Selalu Datar, Adakalanya Juga Berlubang
Tak Selamanya Jalan itu Selalu Datar, Adakalanya Juga Berlubang

Tak Selamanya Jalan itu Selalu Datar, Adakalanya Juga Berlubang

Tak selamanya jalan yang kita lalui itu selalu datar. Pastinya sesekali kita akan melewati jalan yang berlubang. Dimana setiap kendaraan yang lewat harus lebih berhati-hati ketika melaluinya.

Sebelum benar-benar aku melintasinya, pernah aku berucap dalam hati "ah masak iya jalanya sesulit itu untuk dilalui"

Benar saja ketika aku  sampai di jalan tersebut begitu sulitnya ku lalui. Ditambah lagi begitu banyaknya kendaraan lalu lalang disana semakin membuatku ingin cepat cepat untuk melaluinya.

Apa lagi ketika cuaca diguyur hujan, banyak sekali kubangan air yang tercipta. Yang membuatku harus lebih berhati-hati saat melintasinya agar motor yang aku kendarai tak masuk ke dalam lubang. Selain itu juga aku harus pandai dalam memperhitungkan saat berpapasan dengan motor ataupun juga kendaraan berat lain. Sebab banyaknya lubang yang terendam air akan menimbulkan cipratan saat berpapasan dengan kendaraan lain yang bisa saja membasahi bajuku.

Baca Lainya : Kutulis Sepucuk Surat Untukmu Ibu, Wanita Terhebat Sepanjang Hidupku

Huuh, sempat aku mengeluhkan kondisi ini. Kapan jalan ini segera diperbaiki, kapan segera ditangani, kapan...., kapan.... dan masih banyak lagi keluhan yang sering aku ucapkan. Hingga akirnya aku sadar bahwa keluhanku tak satupun yang bisa merubah keadaan.

Aku coba diam sejenak, mencoba berfikir lebih realistis. Bukanya jalan itu tidak hanya aku saja yang melaluinya. Ketika aku lewat disana banyak juga orang lain yang menggunakan jalur yang sama. Merekapun juga mengalami kesulitan yang sama. Apakah mereka juga mengeluh? Entahlah!! Siapa juga yang tahu dan bisa menebak isi hati mereka. Tapi yang jelas hal tersebut membuatku tersadar bahwa tidak ada alasan lagi bagiku untuk mengeluh atas kondisi ini, toh jalan ini tak hanya aku yang melewati.

Memang, dimanapun jalan yang ada tak mungkin selalu datar, bahkan tak selalu juga beraspal. Ada banyak jalan yang hanya berupa tanah yang tentu saja ketika hujan pastilah sangat becek juga sangat licin. Menurutku itu lebih jauh sulit untuk dilalui ketimbang jalan aspal berlubang yang biasa kulewati. Jadi sangat salah jika aku harus selalu mengeluhkanya.

Karena sebenarnya jalanku ini lebih mudah dilalui ketimbang mereka yang harus mendaki jalan yang berbatu juga berliku demi mencapai tujuan. Bahkan tak jarang pula dari mereka yang rela menempuhnya hanya dengan berjalan kaki, bukankah hal itu jauh lebih sulit dan melelahkan dari pada apa yang aku lewati.

Jadi tak salah jika semua itu aku hubungkan dengan jalan hidup yang kadang naik kadang juga harus menurun dengan medan yang begitu terjal. Dari sini ku coba ambil kesimpulan semakin aku sering melewatinya maka semakin terlatih pula ketrampilanku untuk melaluinya. Jadi sesulit apapun jalan yang dilalui sesungguhnya akan membentuk karakter kita menjadi lebih tangguh saat meluinya.

Seperti halnya orang yang biasa mendaki puncak gunung yang tinggi maka pastilah mereka memiliki fisik dan mental yang jauh lebih kuat beribu kali, dibandingkan dengan mereka yang selalu berjalan di tempat yang datar.

Sesungguhnya beragam jalan yang kita lalui malah akan semakin mengasah naluri kita untuk bisa mengenal dan hafal karakter jalan masing-masing sehingga akan mengasah ketrampilan kita untuk  melaluinya dengan mudah.

Sehingga seberapapun besar aral rintangan yang ada didepan kita, seberapun sulitnya untuk dilalui. Teruslah melangkah maju dan janganlah sekali kali kembali. Kuatkan tekat bahwa jalan tersebut pasti akan mudah dilalui. Tak penting seberapa kita harus terjatuh. Karena yang pasti Allah tidaklah tidur. DIA selalu tahu bahwa kita memiliki kesungguhan niat untuk bisa melaluinya. Hingga suatu saat Allah akan mewujudkan semua mimpi kita.

Baca Lainya : Pesona Gurmeet Choudhary Dalam Serial Geet Membuat Banyak Perubahan di Hidupku


Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar