4 Mainan Yang Hanya Ada Dan di Mainkan Saat Bulan Ramadhan
4 Mainan Yang Hanya Ada Dan di Mainkan Saat Bulan Ramadhan

4 Mainan Yang Hanya Ada Dan di Mainkan Saat Bulan Ramadhan

Bulan puasa udah tinggal ngitung hari nich..Sudahkah kamu mempersiapkan diri??

Image via merdeka.com
Momen yang paling menyenangkan saat menjalankan ibadah puasa adalah disaat menunggu berkumandangnya adzan magrib sebagai tanda untuk memulai berbuka. Sembari menunggu adzan berkumandang biasanya akan diisi oleh berbagai kegiatan. Terlebih bagi kalangan anak-anak di daerah pedesaan, mereka akan ngabuburit dengan berbagai mainanya.

Meskipun mainan tersebut sangat sederhana, karena cuma sekedar rakitan tangan biasa dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar. Namun keseruanya bisa bikin lupa kalau tengah menjalankan puasa. Uniknya lagi, mainan-mainan tersebut identik dengan bulan puasa. Karena memang hanya ada dan dimainkan saat bulan puasa. Mau tahu apa aja mainan yang identik dengan bulan puasa?? Berikut ini ulasanya,

Mercon Busi

 

Image via ngalam.co
Hhhh, memang sangat kreatif sekali mainan yang satu ini. Bagaimana tidak? Hanya memanfaatkan sebuah busi bekas dengan sedikit modifikasi bisa disulap jadi mercon busi. Saat puasa tiba, banyak anak di daerah pedesaan yang memainkanya lo. Hingga menambah serunya suasana saat puasa.

Cara buat dan maininya juga sangat gampang. Bahkan karena gampangnya anak-anak akan memodifikasinya sendiri. Dimulai dari menghilangkan bagian pentolan keramik yang ada di dalam lubang busi, selanjutnya cari penutupnya biasanya berupa baut. Kemudian pada bagian ujung busi di beri ekor rumbai-rumbai lilitan tali rafia.

Adapun cara maininya lubang busi diisi dengan serbuk korek api kemudian ditutup dengan baut yang telah disediakan tadi. Selanjutnya lempar keatas, saat terjatuh siap-siap dengar dentumanya ya...doorrr!!

Meriam Dari Kaleng Bekas



Ada lagi nich yang gak kalah serunya. Yaitu meriam kaleng. Anak anak biasa menyebutnya dengan nama basoka, idiih kayak alat tempur aja. Sesuai namanya mainan ini dibuat dengan memanfaatkan kaleng susu bekas dan botol plastik, kemudian dirakit sedemikian rupa. Untuk memainkanya diperlukan spiritus dan juga pematik api elektrik.

Ketika meriam kaleng dinyalakan sudah pasti menandakan waktu hampir saatnya berbuka. Karena memang kebiasaan anak-anak hanya akan memainkanya saat sore hari sembari ngabuburit nunggu buka. Dooorr, doooorrrt, doooorrrr!!

Meriam Dari Bahan Bambu



Image via goriau.com
Satu lagi nich yang gak mau ketinggalan saat bulan Ramadhan datang. Meriam bambu, sesuai namanya meriam ini dibuat dari bahan bambu. Yang unik dari mainan ini adalah meriam bambu tak hanya dimainkan oleh anak kecil, bahkan para orang tua banyak yang memainkanya. Meriam bambu memiliki konsep hampir sama dengan meriam kaleng. Namun meriam bambu memiliki skala yang lebih besar, sehingga suara yang dihasilkan lebih menggelegar. Untuk membuat suara ledakan biasanya akan menggunakan karbit dan minyak tanah, sebagai amunisinya.

Petasan / kembang api Buat Ngagetin Orang


Image via solopos.com
Meskipun petasan sangat berbahaya untuk dimainkan. Bahkan peredaranyapun juga terlarang, namun saat datangnya bulan Ramadhan akan banyak sekali anak-anak yang memainkanya, kususnya anak-anak yang tinggal di pedesaan.

Namun jangan sekali-kali kamu ikut memainkanya lo ya, bahaya tauuu. Salah dikit saja bisa bisa tanganmu yang jadi korban ledakanya.

Demikian tadi ke 4 mainan yang hanya ada dan banyak dimainkan saat bulan Ramadhan. Namun saat ini ke 4 mainan rakyat tersebut berangsur mulai ditinggalkan, sudah sangat jarang terdengar dentuman dari meriam tersebut. Entah anak anak memang malas memainkanya, atau mereka tidak bisa membuatnya. Yang pasti anak zaman sekarang tuh lebih memilih gadget sebagai mainanya . Hemmm, sayang banget ya!!

Baca Lainya : Nikmatnya Teh 999 Yang Tak Tergerus Oleh Zaman

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar