5 Daftar Pesawat Tempur Tercanggih dan Paling Mematikan di Dunia

watch_later Tuesday, 6 June 2017
Keberadaan pesawat tempur saat ini begitu penting bagi sebuah negara guna menjaga kedaulatan di setiap wilayahnya. Dengan memiliki pesawat tempur yang canggih sebuah operasi militer udara akan begitu mudah dilakukan.

Maka tak heran jika banyak negara saling berlomba-lomba memproduksi pesawat tempur terbaik, dengan teknologi canggih serta persenjataan yang mematikan. Diantara pesawat tempur yang telah ada, berikut ini kami rangkum 5 pesawat tempur dengan teknologi tercanggih di dunia.

F 35 joint strike fighter (Amerika Serikat)



Pesawat tempur F-35 merupakan sistem senjata yang paling mahal yang dibuat dan dikembangkan Amerika Serikat. F-35 joint strike fighter memiliki kemampuan yang begitu lengkap. Mulai dari sistim siluman yang canggih, kecepatan supersonik, kelincahan, pengacak radar, hingga teknologi sensor fusi yang canggih.

Dengan segala kecanggihanya tersebut F35 diklaim mampu bertempur dan menghancurkan lawan dalam serangan udara ke udara, udara ke darat, pengintaian dan sebagainya.

Namun banyak pengamat yang mengatakan kinerja dari F-35 dianggap masih lebih rendah jika dibandingkan dengan jet tempur generasi ke 4 buatan Rusia dan Cina. 

 

F-22 Raptor (Amerika Serikat)

 


F-22 Raptor adalah juga pesawat tempur buatan Amerika Serikat. Pesawat ini masuk dalam tipe pesawat siluman, karena kemampuanya yang sulit terlacak oleh radar lawan. F-22 Raptor ditopang dengan mesin ganda dapat melaju dengan kecepatan maksimal mencapai 2.575 km/jam dengan daya jelajah mencapai 1.825km/h. Dengan dilengkapi radar jenis AN/APG 77 pesawat ini mampu mendeteksi dan mengunci keberadaan pesawat tempur musuh sejauh 240 km. Sehingga dalam pertempuran udara pesawat jenis ini sangat ditakuti lawan lawanya.

Sukhoi T 50 PAK FA(Rusia)

 


Sukhoi T50 merupakan pesawat tempur generasi kelima yang dibuat oleh Rusia dan menjadi pesaing utama dari pesawat tempur F22 Raptor. Pesawat ini digadang gadang memiliki kecepatan, ketinggian, dan kemampuan siluman yang jauh lebih unggul dari pesaingnya. Dilengkapi dengan pengendalian vektor dorong tiga dimensi sukhoi T50 mampu bermanufer dengan lincah sehingga sulit dibidik lawanya. Dalam sistem persenjataanya jet tempur ini dilengkapi dengan meriam 9 a1 4071 K berkaliber 30 mm serta bom berdaya ledak tinggi.

F-14 Tomcat (Amerika Serikat)



F-14 Tomcat merupakan pesawat tempur legendaris yag menjadi superioritas udara utama angkatan laut Amerika Serikat dari tahun 1972-2006. Jet tempur ini juga pernah dilibatkan dalam pertempuran di irak pada 2006 silam.

Meskipun pesawat ini sudah dipensiunkan di AS, namun Iran masih menggunakanya hingga saat ini. Diketahui Iran pernah mendapatkan pesawat tempur F-14 dalam jumlah banyak dibawah kepemimpinan pemerintahan monarki Shah Iran yang didukung oleh Amerika Serikat.

Salah satu upaya Iran untuk memperpanjang usia operasional F-14 Tomcat adalah dengan melakukan beberapa upgrade sehingga F-14 Tomcat memiliki kemampuan yang berbeda dengan F14 Amerika Serikat.

SU-35 Super Flanker (Rusia)



SU-35 adalah jet tempur asal Rusia. Merupakan jet tempur multi-peran dengan kategori kelas berat, berjelajah panjang dengan tempat duduk tunggal.

SU-35 mampu melesat hingga kecepatan maksimum 2.930km/h pada ketinggian. Dengan dilengkapi sistem persenjataan yang canggih SU-35 menjadi momok menakutkan di setiap pertempuran udara.

F-18 Super Hornet (Amerika Serikat)



Jet tempur F-18 Super Hornet merupakan andalan angkatan laut Amerika Serikat, hingga saat ini. Salah satu keunggulanya adalah terpasangnya radar Raytheon's AN/APG-79 AESA yang diklaim terbaik di dunia. Dimana sistem radar tersebut mampu lebih cepat mendeteksi keberadaan jet tempur musuh sehingga sang pilot dapat segera mempersiapkan diri untuk menghadapi musuh.

SU-27 (Rusia)



SU-27 merupakan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh yang dibuat oleh Rusia. Pesawat ini mempunyai banyak kelebihan seperti jarak teempuh yang jauh, dilengkapi dengan persenjataan berat, dan mempunyai kelincahan dalam bermanuver yang tinggi. F-27 juga masih menjadi andalan militer Rusia. Karena kehebatanya banyak negara yang menggunakan pesawat ini termasuk juga Indonesia.

Kini dengan keberadaan SU-27 militer Indonesia  Menjadi Yang Terkuat ke-14 Dunia.

Dari 5 daftar pesawar tempur tercanggih di dunia tersebut, masih didominasi oleh pesawat tempur buatan Amerika Serikat dan Rusia. Namun bukan berarti negara lain tidak mampu membuat pesawat tempur canggih.

Cina saat ini telah mampu memproduksi jet siluman yang digadang-gadang bisa menyaingi F-22 Raptor dan juga F-35 Amerika Serikat. Jet tempur Cina tersebut diberi nama J-20.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Mampukah memproduksi jet tempurnya sendiri?

Indonesia saat ini tengah mengembangkan jet tempur generasi 4.5. Bekerjasama dengan KAI (Korea Aerospace Industries progam tersebut diberi nama KFX/IFX. Dimana jet tempur tersebut kelak akan menjadi pesaing utama F-22 dan F-35 Amerika Serikat.
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.