Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Ngeri, 5 Burung Ini Memiliki Mitos Yang Diantaranya Bikin Merinding

Burung merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang paling banyak disukai kususnya bagi para pria. Banyak hal yang membuat kenapa hewan ini begitu populer di kalangan masyarakat diantaranya karena beberapa jenis burung memiliki suara yang merdu ditambah lagi dengan warna yang menawan. Selain itu juga karena beberapa burung dipercaya bisa mendatangkan tuah bagi sang pemiliknya. Tak heran jika hewan satu ini menjadi primadona bagi para pecintanya.

Namun tahukah kamu, diantara jenis burung yang ada beberapa diantaranya juga dipercaya memiliki mitos-mitos yang menyeramkan.Nah, berikut ini kami ulas beberapa jenis burung yang dipercaya bertuah bagi empunya hingga burung yang memiliki mitos yang menyeramkan.

Burung Prenjak



Burung prenjak merupakan salah satu jenis burung yang banyak diminati oleh kicau mania. Karena memang burung ini memiliki suara yang merdu saat berkicau. Bahkan saking ngehitsnya banyak perlombaan yang diadakan untuk burung prenjak.


Baca Lainya : Mitos si Cantik Burung Prenjak

Menariknya di tanah Jawa burung prenjak juga dipercaya memiliki beberapa mitos yang nyeleneh. Salah satunya adalah jika ada sepasang burung prenjak di utara rumah bakal kedatangan tamu agung.

Burung Gagak



Hemm, mendengar namanya pasti kamu bakal mengaitkanya dengan sesuatu yang mistis. Karena memang burung gagak banyak dipercaya memiliki mitos yang mengerikan, diantaranya adalah jika ada burung gagak yang terbang berputar-putat diatas rumah maka pertanda akan ada salah seorang anggota keluarga yang tinggal dirumah tersebut akan meninggal.

Burung Perkutut



Lain halnya dengan Burung Gagak, Burung Perkutut bagi kebanyakan masyarakat jawa yang masih njawani ( masih kental adat Jawanya) dipercaya bisa mendatangkan limpahan keberuntungan bagi sang empunya. Maka tak heran burung ini banyak dipelihara oleh masyarakat pedesaan yang kental adat jawanya. Karena mereka mengharapkan tuah dari burung ini.

Burung Walet



Burung Walet merupakan burung yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Seperti yang kita ketahui sarang burung walet bisa dijual dengan harga yang mahal. Oleh karenanya burung ini banyak dipeternakan untuk diambil sarangnya. Namun sisi lain dari burung walet pun juga tak lepas dari mitosnya. Konon jika ada seekor burung walet yang terbang berputar-putar di dalam rumah seisi rumah akan mendapatkan limpahan rejeki yang banyak.

Burung Kedasih



Burung kedasih di beberapa daerah disebut juga dengan burung pritgantil, ada juga yang menyebutnya Sirit Uncuing. Apapun namanya burung ini dikenal sebagai burung yang tak terpuji dalam hal perkembang biakanya, karena sang induk kedasih akan menitipkan telurnya pada indukan burung jenis lainya. Bahkan tak segan untuk menyingkirkan telur burung lainya agar hanya telurnya saja yang dierami oleh induk tersebut.


Baca Lainya : Tak Hanya Kejam, Burung Kedasih Juga Mempunyai Mitos Yang Menyeramkan

Selain memiliki perilaku yang kejam di kalanganan burung, kedasih juga memiliki beberapa mitos yang menyeramkan lo, salah satunya adalah jika ada burung kedasih yang hinggap di pohon sekitar rumah, menandakan penghuni rumah akan ada yang sakit.

Demikian tadi beberapa mitos tentang burung yang masih dipercaya oleh beberapa masayarakat Jawa kususnya. Dari pandangan agama tentu mitos-mitos tersebut sangat bertentangan ajaran agama. Karena bagaimanapun juga rejeki, musibah  baik sakit ataupun meninggal hanya Tuhan (Allah) yang maha tau dan semua yang terjadi adalah karena kehendakNya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar