Panduan Cara Menabung di Bank Terbaru dan Terlengkap

watch_later Tuesday, July 4
comment 2 Comments
Ilustrasi menabung di bank, image via www.infoperbankan.com
Menabung merupakan cara yang paling tepat untuk mengelola keuangan anda, guna menyiapkan dana cadangan untuk berbagai keperluan di masa yang akan datang. Untuk saat ini kegiatan menabung banyak dilakukan masyarakat di bank. Masyarakat memilih menyimpan/menabungkan dananya di bank dari pada disimpan/ditabung di dalam rumah. Sebab menyimpan uang di bank jauh lebih aman dari pada disimpan sendiri di dalam rumah.

Selain itu, menabung di bank memiliki banyak keuntungan. Seperti halnya adalah diikutsertakan dalam progam undian berhadiah. Saat ini telah banyak bank yang memberikan progam undian tersebut, guna menarik minat para calon nasabah untuk membuka sebuah rekening tabungan.

Berbicara tentang menabung di bank, ternyata tidak semua orang mengetahui tentang tata caranya. Banyak yang masih bingung dan ragu tentang  persyaratan apa saja yang harus dibawa. Jika anda adalah salah satunya, membuka artikel ini adalah langkah yang paling tepat. Berikut ini akan kami jelaskan tentang tata cara menabung uang di bank beserta dengan persyaratanya.

Untuk bisa menabung di bank anda harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa dokumen terkait data diri anda. Hal ini sangat dibutuhkan karena nantinya dokumen tersebut akan diminta oleh pihak bank sebagai persyaratan utama. Adapun yang harus anda siapkan adalah :
  • Kartu Identitas Diri (berupa KTP, SIM)
  • NPWP jika ada
  • Kartu Keluarga
  • Sejumlah uang sebagai setoran awal tabungan
  • Sebaiknya anda sertakan juga salinan foto copinya masing-masing 2 lembar.
Jika semua persyaratan sudah lengkap saatnya anda menentukan pilihan bank apa yang akan anda gunakan untuk menabungkan uang. Disarankan bagi anda agar memilih bank yang memiliki layanan serta fasilitas paling memuaskan. Seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan masih banyak lagi jenis bank lainya ataupun bank berjenis syariah. Pilihlah sesuai kemantapan hati anda.

Selanjutnya silahkan datang ke kantor cabang terdekat yang sesuai dengan domisili anda, guna mempermudah jika nantinya ada keperluan lain. Silahkan ambil nomor antrian pada bagian custumer servis, jika anda bingung silahkan bertanya pada petugas Satpam yang ada. Dengan ramah dan senang hati petugas Satpam akan memandu anda.

Selanjutnya ketika giliran antrian anda tiba silahkan jelaskan maksut kedatangan anda pada petugas Custumer Servis. Berikutnya pilihlah jenis tabungan yang sesuai dengan keperluan anda. Mintalah petugas CS untuk menjelaskan masing-masing tabungan, beserta keunggulanya. Jangan sungkan untuk bertanya jika anda masih belum paham.

Jika anda sudah yakin akan jenis pilihan tabungan, maka petugas akan segera memproses pembukaan rekening baru anda. Dimana selanjutnya petugas akan memberikan formulir pembukaan rekening. Silahkan isi formulir tersebut sesuai dengan data yang ada. Selanjutnya ikuti saja setiap prosedur yang diarahkan oleh petugas Custumer Servis

Jika semua sudah selesei nantinya anda akan diberikan buku tabungan dan tentu saja sebuah Kartu ATM. Nah, satu lagi yang perlu anda persiapkan sebelumnya adalah 6 digit PIN ATM, sebab sebagaian bank akan langsung meminta anda untuk membuat PIN ATM.

Tak lupa jika anda ingin mengaktifkan layanan seperti SMS banking, Internet Banking utarakanlah pada petugas saat itu agar petugas segera mengaktifkanya. Fitur tersebut sangat penting untuk anda aktifkan, sebab akan memberikan kemudahan transaksi bagi anda dikemudian hari.

Nah, kurang lebih seperti itulah tata cara menabung di bank, apapun jenis pilhan bank anda tata cara membuka sebuah rekening tabungan hampir sama semuanya. Mohon maaf jika ada kesalahan. Salam, Jabat Erat!!
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

avatar

Kenapa kalo menabung d bank harus pakai domisili

Delete 1 February 2018 at 12:41
avatar

Kenapa kalo menabung d bank harus pakai domisili

Delete 1 February 2018 at 12:41
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.