5 Mumi Di Dunia Ini Begitu Menyeramkan, Pasti Bikin Kamu Nggak Bisa Tidur
5 Mumi Di Dunia Ini Begitu Menyeramkan, Pasti Bikin Kamu Nggak Bisa Tidur

5 Mumi Di Dunia Ini Begitu Menyeramkan, Pasti Bikin Kamu Nggak Bisa Tidur


Mumi, apa yang anda fikirkan tentang kata ini? Ya mayat yang diawetkan. Mumi dapat terawetkan selama ribuan tahun karena proses perlindungan dari dekomposisi tertentu. Baik yang sengaja atau buatan maupun karena faktor alami. Sehingga bentuk awalnya tetap terjaga. Dengan kata lain mumi dapat terjadi dengan menaruh tubuh mayat di tempat kering atau dingin dengan ketiadaan oksigen atau dengan penggunaan bahan kimiawi. Ada beberapa alasan kenapa manusia dijadikan mumi diantaranya adalah

1. Adanya kepercayaan  kehidupan sesudah kematian, karena itu ia memerlukan tubuhnya agar dapat digunakan di akherat.
2. Adanya kepercayaan kekuatan dari orang yang telah meninggal.
3. Untuk kepentingan pribadi.
4. Karena faktor alam.

Mumi yang terkenal adalah mumi orang zaman Mesir kuno, dimana mumi ini dapat terawetkan dengan cara dibalsem. Namun ternyata proses pengawetan mayat tidak hanya terjadi di Mesir saja , jauh sebelum peradaban Mesir atau bahkan hingga di zaman modern sekarang ini pengawetan jenazah masih bisa kita temui. Berikut 5 Mumi Di Dunia Yang Penuh Dengan Misteri.


1. Mumi Firaun Tutankhamun


Image via Theguardian.com
Sejak di temukan  pada tahun 1922 oleh tim yang dipimpin Howard Carter, di lembah para Firaun atau ( Valley of the King ). Mumi firaun ini memunculkan teka teki  hingga keberadaanya terus digali. Penemuan awal ketika itu memperlihatkan bagaimana tubuh mumi menampakkan sesuatu yang berbeda. Tubuhnya berbalut cairan hitam dengan keadaan terbakar ketika dibuka. Selain itu didapati jantung mumi tidak ada bahkan anehnya kemaluan mumi berdiri tegak 90 derajat. Beberapa fakta tersebut seakan menyibak fakta bagaimana misteriusnya mumi firaun. Terlebih setelah diketemukannya mumi ini konon satu persatu penemunya  dikabarkan meninggal.

Tutankhamun merupakan sosok Firaun yang muminya paling berbeda diantara Firaun lainnya. Sosoknya   begitu diagungkan bahkan setara dengan Osiris atau Dewa Maut sang penguasa alam keabadian. Karena itu kenapa sampai matipun tubuh mumi Tut dibuat sedemian rupa sehingga menyamai Dewa Osiris. Seperti dikutip dari liputan enam pada 4/7/14 dari jurnal ilmiah Etudes et Travaux seorang ahli Mesir Salima ikram menjelaskan, jika mumi Tut sengaja dibuat menyerupai dewa Osiris. Menurutnya  cairan hitam yang menyelimuti tubuh mumi sebagai penggambaran wujud Osiris yang berkulit legam. " Osiris sebagai penguasa tanah Mesir yang hitam dengan humus dan subur. Sementara organ intim yang berdiri tegak membangkitkan kekuatan regeneratif Osiris. Hilangnya jantung dikatakan pula sebagai bagian dari kisah Dewa Osiris yang jantungnya hilang dipotong - potong oleh saudaranya kemudian dikubur.

2. Mumi Biksu Dashi - Dorzho Itigilov

Image via Kosim22.com 
Sesosok jasad membeku ditemukan   bersila seolah - olah tengah melakukan meditasi. Mumi biksu berwarna abu tersebut ditemukan di distrik Songino Khairkhan Mongolia. Dalam pertapaanya yang hampir berusia 200 tahun kondisi mumi  nyaris sempurna hingga mengindikasikan jika si Biksu tersebut masih hidup. Seperti dikutip dari SiberianTimes Dr Barry Kerzin seorang dokter untuk spiritual Tibet Dalai lama mengatakan bahwa biksu tersebut dalam tahapan meditasi yang jarang di capai atau disebut ' tukdam' dalam posisi tukdam lebih dari 3 minggu biasanya tubuh seseorang akan menyusut perlahan dan pada akhirnya akan menyisakan rambut, kuku dan pakaian.

Banyak spekulasi tentang siapa sebenarnya biksu yang terbungkus kulit sapi ini. Namun di duga mumi ini sudah ada sejak abad ke 18. Banyak yang mengira jika mumi ini adalah guru dari Lama Dashi - Dorzho Itigilov dari Biara Anninsky Datsan di Buryatia.   Biksu yang lahir pada 1852 ini konon sudah mengikuti panggilan Budha sejak ia berusia 16 tahun. Menjelang akhir hidupnya memilih melepaskan diri dengan jalan moksa. Pada malam di tahun 1927,  saat akan memulai  bermeditasi ia mengucapkan salam perpisahan kepada muridnya dan berpesan agar setelah ia meninggal 30 tahun kemudian jasadnya digali lagi.

Waktu 30 tahunpun berlalu dan para murid guru Dashi menggali kuburan tersebut, sangat ajaib diketahui tubuh sang guru masih utuh dengan posisi bersila. Namun karena ada kekhawatiran atas intervensi dari aparat Soviet pengikut biksu Dashi menguburkan kembali. Hingga akhirnya di tahun 2002  mumi tersebut diangkat kembali. Konon mumi ini sempat hilang dicuri  oleh seseorang yang berniat menjualnya ke pasar gelap. Namun  fihak Kepolisian Mongolia telah menangkap tersangkanya. Dan mumi inipun sekarang dalam penjagaan di lembaga National Centre of Forensic Expertise di Ulan Bator.


3. Mumi Juanita Peru


Image via Jalan2.com 
Adanya tradisi persembahan kepada Dewa dapat terlihat dari ditemukannya mumi  cantik asal Peru ini. Suku Inca di zaman dulu dikenal suka memberi tumbal kepada dewa mereka, dan mumi Juanita merupakan korban yang terpilih agar kehidupan masyarakat Inca terus berlanjut dengan mengorbankan pada Dewa Ampato atau dewa air. Mereka memilih anak - anak sebagai tumbal karena masyarakat Inca mempercayai jika anak anak adalah mahkluk murni, bersih dan belum ternoda.

Mumi Juanita yang ditemukan pada tanggal 8 September 1995 ini merupakan mumi perempuan beku pertama yang di temukan di Amerika Selatan. Gadis dari suku Inca ini diperkirakan berusia 12 sampai 14 tahun.  Seorang antropolog Johan Reinhard serta Miguel Zarate menemukan mumi ini dalam pendakiannya di gunung Ampato bagian pegunungan Andes selatan Peru di tahun 1995. Mumi yang diperkirakan meninggal antara tahun 1440  sampai 1450 ini konon merupakan mumi yang paling terjaga kondisinya diantara mumi lainnya. Lihat saja bagaimana saat ditemukan mumi ini masih menggenakan baju dan sepatu yang masih sangat bagus sekalipun kondisi mumi diperkirakan sudah berusia 500 tahun.

Dalam tradisi persembahan setiap korban biasanya akan didandani secantik mungkin. Demikian pada mumi Juanita ia diberikan pakaian terbaik penuh dengan warna cerah dengan kain kwalitas tinggi yang dikaitkan dengan peniti perak. Selain itu hiasan kepala dari bulu serta rambutnya yang dikepang kecil memperlihatkan bagaimana sebelum ia dikorbankan benar - benar didandani. Selain itu konon ia diberikan makanan yang enak hingga menjadi gemuk. Kematian gadis tersebut disebabkan oleh pukulan benda tumpul. Ditahun 1995  majalah Time memilih mumi Juanita  sebagai  salah satu penemuan terpenting. Bahkan mumi inipun sempat dibawa berkeliling Amerika Serikat di tahun 1996 dan Jepang pada 1999 sebelum akhirnya di kembalikan lagi ke Peru.

4. Mumi Qilaqitsoq


Image via Wereblog.com
Pada tahun 1972 dua orang pendaki penasaran dengan setumpuk batu, kemudian menggalinya. Terletak di Pennimbia Nussuaq, di pantai Uummannaq Fjord Greenland barat laut. Keduanya menemukan sebuah makam Inuit kuno. Mayat ditemukan ditumpuk satu sama
lainnya dengan lapisana kulit binatang. Mereka berada di dua kuburan hanya terpisah satu meter. Kuburan pertama berisi tiga wanita, anak laki laki berusia dua tahun dan bayi berusia enam bulan, sementara dikuburan kedua berisi tiga wanita. Diperkirakan mayat tersebut telah berusia 500 tahun. Penemuan ini menyibak misteri menyayat hati tentang seorang bayi yang berusia 6 bulan dimana dengan wajah polos tanpa dosa menatap ke atas seolah menanti sang ibu yang telah meninggal untuk menggendongnya. Penemuan mumi bayi ini  awalnya dikira hanya sebuah boneka. Namun setelah diteliti lebih lanjut baru diketahui bahwa ia adalah bayi Inuit kecil yang sengaja dikubur hidup - hidup karena tidak ada yang mengurusnya. Pada saat itu orang Inuid percaya jika anak kecil yang ditinggal mati ibunya  harus dibunuh agar dapat bersama ibunya pergi ke akherat. Selain itu terdapat jasad anak laki - laki berusia dua tahun yang menderita down sindrom. Misteri kematian mereka menarik banyak ilmuwan selama lebih dari tiga dekade.

5. Mumi Otzi

Image via Liputan6.com
Mumi selanjutnya yang penuh misteri adalah mumi Otzi yang ditemukan oleh pasangan suami istri asal Jerman Helmut dan Erika Simon. Pada tanggal 19 September 1991. Keduanya  tengah melakukan pendakian di pegunungan Alpen tanpa sengaja melihat jasad membeku terjepit diantara bongkahan batu es. Kejadian itu sontak langsung dilaporkan pada lembaga berwenang setempat. Namun ada yang unik dalam proses pengambilan mumi Otzi. Letak wilayah penemuan yang berbatasan antara Austria dan Italia menyebabkan pemerintah Italia enggan mengurus jasad yang belum diketahui tersebut dan menyerahkan pada otoritas  Austria. Dua hari kemudian akhirnya mumi tersebut berhasil diangkat dan selanjutnya di bawa ke ke University of Insbruck.

Di sekitar mumi tersebut ditemukan terdapat beberapa barang seperti sisa - sisa pakaian, sepatu, kapak, dan pisau dari batu. Berdasar identifikasi dari peralatan yang ditemukan tersebut bisa dipastikan jika mumi Otzi berasal dari zaman tembaga atau sekitar 5300 tahun yang lalu. Setelah diketahui mumi tersebut adalah mumi tertua di Eropa, maka fihak fihak Italia mengklaim hasil penemuan tersebut, meskipun pada akhirnya oleh pemerintah Austria diserahkan juga.  Saat meninggal mumi Otzi diperkirakan berusia 45 tahun. Banyak yang mengira jika kematian mumi tersebut karena tidak kuat menahan hawa dingin ketika melakukan perjalanan. Namu bukti baru menjelaskan jika mumi tersebut kemungkinan dijadikan ritual pengorbanan. Hal itu dapat terlihat dari hilangnya alat kelamin pada mumi. Namun fakta lain mengungkap jika terdapat bekas anak panah yang menancap pada bahunya dan bekas pukulan benda tumpul pada kepala mumi. Mengingat bagaimana kemisteriusan mumi Tutankhamun yang meminta tumbal dari orang yang mengusiknya, konon mumi Otzi pun demikian. Beberapa orang yang berhubungan di temukannya mumi tersebut satu persatu meninggal secara misterius.

LINK VIDIO (tonton) :5 Mumi Paling Menyeramkan Yang Diantaranya Membawa Kutukan

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar