Kumpulan Berita Viral, Dari Manusia Berkepala Anjing Sampai Pilot Yang Selfi Dari Luar Pesawat Ternyata Cuma Hoax
Kumpulan Berita Viral, Dari Manusia Berkepala Anjing Sampai Pilot Yang Selfi Dari Luar Pesawat Ternyata Cuma Hoax

Kumpulan Berita Viral, Dari Manusia Berkepala Anjing Sampai Pilot Yang Selfi Dari Luar Pesawat Ternyata Cuma Hoax

Advertisement
Pastinya kamu sebel banget kan dengan yang namanya berita bohong atau hoax. Namun anehnya berita bohong acap kali malah menjadi berita viral. Tak sedikit orang yang sengaja membuat  berita bohong atau hoax. Ada berbagai alasan yang melatar belakangi kenapa berita hoax dipilih, diantaranya adalah menambah follower, mempopulerkan sebuah konten, bahkan dengan alasan ekonomi. Dan kali ini kepitingonline akan mengulas 5 Berita Viral Yang Ternyata Hoax.

1. Pria Berwajah Anjing



Pada tahun 2013 lalu sejumlah netizen dibuat terpana dengan sejumlah foto di dunia maya. Seperti dikutip dari Liputan 6.com pada 13 Mei 2016. Foto - foto tersebut menunjukkan sesosok manusia berwajah anjing , tak ayal foto itupun langsung menjadi viral. Setelah itu baru diketahui jika ternyata foto tersebut tidaklah nyata. Pada tahun 2004 seorang fotografer asal Brazil Rodrigo Braga mengabadikan foto - foto lelaki dengan wajah anjing. Lelaki yang tidak diketahui namanya tersebut sengaja mengubah wajahnya dengan menambahkanbeberapa bagian tubuh anjing seperti telinga, alis, kelopak mata serta moncong anjing. Dilaporkan demi untuk mencapai obsesinya sebagai manusia anjing pria ini reka merogoh kocek yang cukup besar ( aduh... ngga sayang ya sama uangnya ) konon pria inipun di klaim sebagai manusia yang melakukan transplantasi paling aneh dan menjijikkan.

2. Suhu Ekstrem Di Kuwait



Beberapa waktu lalu beredar foto dan vidio di facebook yang memperlihatkan pohon dan semak terbakar yang di sertai judul " Suhu Di Kuwait Mencapai 62° c. Foto tersebut berasal dari akun facebook bernama Sami Khan pada 3 Agustus 2017 lalu. Dalam unggahannya di facebook Sami hanya menampilkan screenshot vidio. Namun dalam vidio sebenarnya memperlihatkan pohon dipinggir jalan terbakar, lampu meleleh, serta semak - semak yang ikut terbakar. Setelah di telusuri memang ada kejadian pohon terbakar, namun itu terjadi di jalan Sultana Madinah dan penyebabnya pun karena tersambar petir. Sementara lampu meleleh diakibatkan karena mobil yang bertabrakan hingga mengakibatkan lampu terbakar. Semak yang terbakar memang berada di Kuwait namun tidak diketahui penyebabnya. Di Kwait sebenarnya foto dan vidio serta kabar suhu mencapai 62°c sudah beredar sejak 2016 lalu. Kepala Fintas Observatory Adel al - Shadoun mengatakan suhu terpanas  di Kuwait mencapai 52°c dan belum pernah sepanjang sejarah suhu mencapai 62° c. Sebagaimana dikutip dari detik.com pada 21 Agustus 2017.

3. Anak SD Diculik Di Tanjung Duren



Media sosial sempat gempar dengan pengakuan tiga anak SD 01 pagi Tanjung Duren. Seperti dikutip dari Kumparan 14/9/17. PIS mengaku berhasil lolos dalam upaya penculikan pada 11/9/17 lalu. Seolah sudah janjian pengakuan tersebut juga diaminkan oleh kedua teman PIS. PIS menuturkan jika dirinya berhasil lolos dari cengkeraman penculik setelah berhasil menggigit tangan sang penculik ( sungguh di usianya yang masih terbilang kecil anak tersebut sangat lancar menceritakan semuanya , ya meski ketahuan boong ). Hal tersebut akhirnya segera ditindak lanjuti fihak sekolah dengan melaporkan kepada Kepolisian. Setelah dilakukan penyelidikan baru diketahui jika kabar tersebut hanyalah bohong belaka. Hal tersebut seperti di sampaikan Wakasat Reskrim Polres Jakarta Barat Kompol Ivers Manossoh. Dari pemeriksaan yang dilakukan ketiganya pengakuan tersebut adalah bohong. Hal tersebut diketahui dari hasil rekonstruksi yangbtidak sesuai dengan apa yang diceritakan ketiga pelajar tersebut.

4. Pilot Selfie Buka Jendela Pesawat



Ingin terlihat keren seorang Pilot pesawat selfie dari jendela kokpit saat pesawat tengah mengudara. Seperti dikutip dari detik.com pada 6 September 2017. Hal berbahaya dan sangat meyakinkan tersebut ternyata hoax. Pose berbahaya Pilot tersebut  viral di dunia maya. Dalam fotonya pria tersebut mengambil foto di atas ikon kota - kota besar dunia seperti New York dan Dubai. Di akun instagramnya yang bernama Pilot Ganso , peia ini berhasil menarik follower lebih dari 40 ribu setelah foto tersebut diunggahnya.  Pilot yang katanya berasal dari Brazil ini menambahkan caption dalam unggahannya yaitu ketika berada diatas The Palm Jumeirah Dubai " ini adalah kampung halaman kedua saya " ujarnya. Seorang ahli penerbangan yang tergabung dalam forum Fliertalk membuktikan jika foto tersebut adalah editan. Dalam kolom komentar ia menjelaskan, kapal naik ke utara dari tempat manapun arah ( kedalam ) tidak sesuai dengan arah penerbangan Dubai begitu ucapnya.

5. Empat Anak Di Sumedang Di Telantarkan Ibu



Beredar di media sosial 4 anak ditelantarkan sang ibu. Diketahui anak tersebut memang sudah menjadi yatim. Dalam vidio nampak anak tertua yang bernama Evan menggendong  adiknya yang bernama Adiba yang masih bersekolah di SDN Margaluyu, Sumedang. Selain itu Evan juga masih harus mengasuh kedua adiknya yang lain yaitu Bayu dan Audi. Keempatnya diketahui bertempak di desa Babakan Kananga desa Margaluyu, Sumedang. Sang Ibu Yuyun Bayuningrum menepis beritayang sempat jadi viral tersebut. Menurutnya ia memang meninggalkan anaknya namun bukan menelantarkan namun lantaran bekerja demi menghidupi keempatnya.

Demikian 5 berita viral yang ternyata hoax. Semoga kita lebih bijaksana menyikapi setiap berita di media sosial. Jangan sampai karena keisengan kita mengunggah atau menyebarkan berita hoax menyebabkan orang lain menderita.


Advertisement

Baca juga:

Loading...

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar