Cara Menabung Lewat ATM Setoran Tunai BRI (Upadate)
Cara Menabung Lewat ATM Setoran Tunai BRI (Upadate)

Cara Menabung Lewat ATM Setoran Tunai BRI (Upadate)

Mau menambah saldo tabungan di Bank? Tapi tidak punya waktu luang, nunggu akir pekan bank sudah pasti tutup, gimana caranya?

Tenang, bagi anda yang tidak punya waktu luang untuk datang ke bank karena disibukan dengan berbagai aktifitas, anda bisa kok melakukan setor tunai melalui mesin ATM.

Setor tunai melalui ATM bisa dilakukan full time( selama 24 jam penuh), dan nasabah tidak harus datang di kantor cabang. Anda cukup datang ditempat yang menyediakan mesin CDM ( Cash Deposit Machine) atau yang biasa dikenal dengan nama mesin setoran tunai. Secara fisik bentuk dari Mesin Setor Tunai hampir sama dengan mesin ATM biasa. Yang membedakan adalah terdapatnya kotak tempat uang untuk memasukan uang yang akan disetorkan. Umumnya jenis mesin ini akan ditandai dengan tulisan "Setor Tunai".

Salah satu bank yang telah menyediakan mesin setoran tunai adalah bank BRI. BRI telah menyediakan mesin setoran tunai, hal ini semata-mata untuk memanjakan dan memudahakan para nasabah untuk menambah saldo rekeningnya. Dengan adanya mesin ini, membantu nasabah untuk bisa setor sejumlah uang tanpa harus pergi ke bank.

Sehingga biarpun bank sudah tutup anda masih bisa melakukan setoran lewat mesin ATM kusus setoran tunai, sayangnya mesin ini belum sebanyak mesin ATM tarik tunai. Jadi agak sulit menemukan mesin ATM ini. ATM setoran tunai ini bisa menerima uang pecahan Rp.50.000 dan Rp.100.000.


Baca Juga : Cara Mengurus Kartu ATM BRI yang Terblokir Karena Pengguna Lupa PIN

Prosedur Menggunakan Mesin Setor Tunai BRI


Naaah agar uang tunai yang akan disetorkan diterima oleh mesin tanpa ada penolakan, perhatikan dulu beberapa hal berikut,
  1. Pastikan tidak ada lipatan pada uang,jika memang terlanjur ada lipatan rapikan terlebih dahulu.
  2. Uang tidak boleh lusuh, berminyak, atau bahkan ada steples.
  3. Pecahan uang yang bisa dimasukan adalah 50rb dan 100rb.
  4. Saat memasukan uang anda bisa langsung mencampurnya antara pecahan 50rb dan 100rb secara bersamaan.
  5. Jangan memasukan uang yang sudah robek.

Cara Menabung Lewat mesin ATM Setoran Tunai BRI (Chast Deposit Machine)

  1. Masukan kartu ATM anda kemudian pilih Bahasa Indonesia lanjutkan dengan memasukan 6 digit nomor PIN kartu anda(seperti saat melakukan tarikan tunai).
  2. Perhatikan layar, anda akan diberikan 2 pilihan yaitu SETOR TUNAI, dan TRANSAKSI LAIN, karena anda akan menabung maka pilihlah SETOR TUNAI.
  3. Tunggu sebentar, dan secara otomatis wadah kotak tempat menaruh uang akan terbuka
  4. Masukan uang yang akan di tabungkan (maxsimal 50 lembar)minimal pecahan Rp.50.000 dibawahnya tidak bisa. Pecahan nominal tidak harus sama, anda langsung bisa memasukan pecahan 50.000 dan 100.000 secara bersamaan.
  5. Setelah uang anda masukan, wadah menutup secara otomatis, dan mesin akan melakukan penghitungan.
  6. Tunggu sebentar dan perhatikan layar, setelah beberapa saat akan muncul tulisan nominal uang yang akan anda setor, jika sudah benar kemudian tekan tulisan SETOR.
  7. Perhatikan layar kembali akan ada laporan mengenai transaksi anda,pastikan laporan tersebut sudah benar.
  8. Bersamaan dengan itu akan muncul struk sebagai tanda bukti transaksi anda, ambil dan simpan.
  9. Ambil kartu ATM anda dan selesai.
Sehubungan pada artikel ini tidak disertai gambar, kami sengaja meng updatenya dengan memberikan gambar sehingga lebih mudah untụk anda pahami.

Baca : UPDATE...!!! Cara Menambahkan Saldo Lewat ATM BRI ( Setor Tunai BRI )

Bagaimana mudah bukan, jadi anda tidak perlu repot repot antri di bank untuk sekedar menabung. Seperti ATM tarik tunai, ATM setor tunai ini juga bisa digunakan 24 jam.

Tips Aman Bertransaksi Via Mesin Setor Tunai BRI

Dalam melakukan transaksi Setor Tunai ada beberapa tips aman, agar anda terhindar dari berbagai tindak kejahatan perbankan.

Kemajuan teknologi ternyata juga dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan perbankan. Seperti yang baru-baru ini terjadi, dimana dana nasabah BRI tiba-tiba berkurang dengan sendirinya, padahal nasabah tidak melakukan transaksi apapun. Setelah ditelusuri oleh pihak yang berwenang diketahui pelaku menggunakan cara skimming guna membobol rekening nasabah.

Skimming merupakan modus kejahatan perbankan dimana pelaku menggunakan alat yang disebut dengan skimmer. Alat tersebut mampu merekam dan membaca data pada kartu ATM anda. Untuk itu guna menghindari kejahatan perbankan perhatikan tips berikut ini.

  • Perhatikan mesin ATM, apabila ada sesuatu yang mencurigakan terutama pada bagian slot ( tempat memasukan kartu) sebaiknya anda jangan dulu melakukan transaksi, laporkan temuan anda tersebut pada petugas security yang berjaga.
  • Sebaiknya anda melakukan transaksi di mesin ATM yang berada di keramaian, sebab pelaku kejahatan biasanya melancarkan aksinya di tempat yang sepi. 
  • Selalu ganti PIN ATM BRI anda setidaknya 3 bulan sekali, hal ini bertujuan agar kerahasiaan PIN ATM anda tetap terjaga.
  • Jika kartu ATM anda masih berjenis pita magnetik (magnetic Stripe) sebaiknya ajukan permohonan pada bank untuk migrasi ke kartu ATM terbaru yang menggunakan tegnologi chip karena lebih aman.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar