Ketahui 8 Bahan Alami Penghilang Bau Jengkol Berikut Ini

watch_later Tuesday, 28 November 2017


Jengkol, makanan yang satu ini bak dua sisi mata uang  yang berbeda, dimana satu sisi orang begitu menggilainya namun di sisi lain orang begitu membencinya. Yap, hal tersebut erat kaitannya dengan aroma dari jengkol itu sendiri yang  khas. Namun jika kita tahu cara mengolahnya aroma jengkol tersebut bakal berkurang bahkan hilang.

Menurut seorang chef dari Indonesia , Chef Association Babeh Cook yang dikutip dari Liputan 6.com 18/11/17 aroma jengkol dapat hilang dengan cara direbus atau direndam selama 3 hari dengan air kopi. Bahkan chef tersebut membuktikan sendiri setelah perendaman dengan air kopi aroma dari jengkol tersebut hilang saat di makan begitupun setelah  buang air kecil.

Baca Lainya : 10 Bahan Alami Pengganti MSG, Bunda Harus Baca Nih!!


Pastinya buat anda yang cinta mati sama jengkol bisa coba tuh resep yang barusan, atau mungkin dengan bahan alami lain yang ada di sekitar anda? Karena sebenarnya banyak bahan - bahan yang ada disekitar kita yang bisa digunakan untuk menghilangkan aroma jengkol. Dan kali ini kepitingonline akan mengulas  Cara Menghilangkan Bau Jengkol Dengan Bahan Alami.


1. Daun Mint

Daun mint merupakan bahan alami yang  dikenal dapat menghilangkan bau mulut. Aromanya yang kuat  dipilih sebagai penyegar mulut sekaligus penghilang dari bau mulut yang tidak sedap. Karena itu kenapa daun ini sangat cocok dipakai untuk menghilangkan bau dari jengkol yang kuat. Caranya ambil 1 - 2 lembar daun mint. Cuci bersih lalu kunyah - kunyah selama 1 - 5 menit. Jika anda suka boleh lansung menelannya.

Namun bagi yang tidak suka boleh dibilas dengan cara berkumur. Pastinya efek menyegarkan dari mint akan menghilangkan aroma jengkol yang anda konsumsi.

2. Garam dan Daun Sirih 

Tanaman yang satu ini biasanya digunakan menyirih orang zaman dahulu. Sudah jadi rahasia umum jika berbagai kandungan di dalamnya baik untuk kesehatan tak terkecuali menghilangkan bau mulut tak sedap.

Dalam daun sirih diketahui mengandung minyak esensial yaitu metil eugenol, eugenol, eucalyptol, serta asam stearat. Karena itu buat anda sangat di sarankan menggunakan campuran garam dan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut. Caranya rebus daun sirih dan tambahkan sedikit garam lalu gunakan untuk berkumur.

3. Kopi 

Seperti yang saya ulas di atas kopi bisa di gunakan untuk menetralisir aroma jengkol yang menyengat. Selain merendam jengkol caranya ambil 1 - 2 sendok kopi lalu makan atau diamkan dalam mulut selama 2 - 5 menit. Setelah itu bersihkan mulut dengan cara berkumur. Namun dengan catatan jangan anda tambahkan gula karena gula justru memicu mulut jadi bau.

Baca Lainya : Awas Mencampur Makanan Ini Bisa membuat Kamu Keracunan

4. Buah Dengan Kandungan Air Yang Tinggi

Berbagai macam buah dengan kandungan air yang tinggi seperti jeruk, melon, semangka, strowberry, belimbing dan lainnya dapat anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol. Caranya cukup anda makan seperti biasa sebagai makanan pencuci mulut.

5. Beras

Bahan utama pembuat nasi ini ternyata bisa juga lho di gunakan menghilangkan aroma jengkol. Caranya ambil segenggam beras yang sebelumnya udah di cuci, lalu kunyah sampai lumat. Kalau anda suka boleh di telan sekalian namun jika tidak suka boleh dibuang. Setelah itu bersihkan dengan cara berkumur.

6. Mentimun

Kandungan air yang tinggi pada mentimun bisa di gunakan  sebagai penghilang bau mulut  usai memakan jengkol. Jadi saat anda mengkonsumsi jengkol usahakan ada mentimun sebagai lalapan anda.

7. Kencur

Tanaman yang satu ini biasanya di jadikan sebagai rempah penyedap masakan. Selain itu kencur juga biasa digunakan sebagai bahan pembuat jamu.

Namun selain itu manfaat kencur dapat digunakan untuk membuat nafas anda segar. Caranya ambil 1 ujung kelingking kencur dan kunyah sampai lumat. Setelah itu rasakan kesegaran nafas anda tanpa bau jengkol yang menyengat.

8. Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat anti bakteri dan dapat mengusir bakteri penyebab  bau mulut. Cara ini bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut anda karena jengkol. Caranya ambil 1 sampai 3 biji cengkeh lalu kunyah. Selain itu anda bisa menggunakan cengkeh untuk berkumur. Caranya rebus teh cengkeh lalu rebusan tersebut gunakan untuk berkumur.

Demikian beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut karena jengkol, semoga bisa bermanfaat ya!!

Baca Lainya : 10 Kota Terunik di Dunia Serta Memiliki Keanehan Yang Tidak Lazim dimiliki Kota Lainya 

 
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.