[VIDIO] 5 Negara Dengan Kekuatan Militer Yang Paling Ditakuti Amerika
[VIDIO] 5 Negara Dengan Kekuatan Militer Yang Paling Ditakuti Amerika

[VIDIO] 5 Negara Dengan Kekuatan Militer Yang Paling Ditakuti Amerika


Sudah jadi rahasia umum jika negeri paman Sam selalu unggul dalam segala hal termasuk dalam bidang militer. Diketahui negara ini memiliki 1,4 juta tentara aktif dengan alutsista yang super canggih baik di darat, laut maupun udara. Namun ternyata di balik peta militer yang canggih negara ini ciut nyali juga jika dihadapkan pada negara - negara berikut, mau tahu negara mana sajakah itu?


 

1. Rusia


Negeri beruang merah ini merupakan musuh bebuyutan dari Amerika Serikat. Semenjak terjadinya PD 2, berlanjut hingga perang dingin hubungan kedua negara ini terus bergejolak. Konflik Suriah dan memanasnya Korea Utara semakin membuat hubungan kedua negara tersebut merenggang. Seolah tak mau kalah dengan rival abadinya Rusia terus membayangi kecanggihan dan kekuatan militernya.

Dikutip dari Merdeka 17/10/16 dari globalfirepower.com kekuatan militer negara komunis ini menempati urutan ke dua di dunia setelah Amerika Serikat. Rusia memiliki 766.055 tentara aktif dan 2, 48 juta tentara cadangan sementara 47 juta warga yang memenuhi syarat bisa ikut dinas militer. Peralatan perang negara ini pun juga tak main - main setidaknya terdapat 15.398 tank, 31,298 kendaraan tempur lapis baja, 5.927 artileri swagerak, 3.793 unit sistem peluncur roket serta 4.625 artileri dari berbagai jenis. Dari kesemua itu yang patut diwaspadai adalah rudal nuklirnya yang mampu menjangkau 10 km.

2. China


Negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini menjadi negara selanjutnya yang ditakuti Amerika tak hanya peta kekuatan militernya namun karena utang Amerika yang menumpuk pada China. Diketahui per Juni 2017 utang Amerika Serikat ke China mencapai 1,15 triliun. Bahkan di sebut - sebut utang AS tersebut paling besar diantara negara lain di dunia.

Ok kembali ke masalah militer, pada tahun 2013 lalu China sempat merilis jumlah personel PLA untuk pertama kalinya. Dalam klaimnya China memiliki total 1.483.000 tentara yang di dalamnya mencakup 850.000 Angkatan Darat, 235.000 Angkatan Laut dan 398.000 Angkatan Udara.

Beberapa pakar militer dunia memperkirakan bahwa Angkatan darat China memiliki 18 korp seukuran grup dengan 7000 tank modern dan artileri. Selain itu beberapa alat militer China juga patut di perhitungkan seperti 1 kapal induk, 9.150 tank tempur, 69 kapal selam dan yang bikin ketar ketir China di klaim memiliki 250 rudal nuklir.

Baca Lainya : Ancaman Bom Nuklir Korea Utara Yang Membuat Dunia Semakin Ciut Nyali

3. Korea Utara


Ulah Kim Jong Un yang beberapa kali melakukan uji coba rudal tak ayal membuat Amerika kebakaran jenggot. Negara ini bahkan telah mengirimkan 3 kapal induk, pesawat bomber dan peralatan militer lainnya di wilayah ini. Seakan tahu bahaya apa yang akan menimpa Amerika Serikat tak mau gegabah dengan menyerang Korea Utara. Perlu diketahui negara serumpun Korea Selatan ini tak main - main dengan kekuatan militernya. Dikutip dari Liputan6.com pada 17/5/17 kekuatan militer Korea menjadi salah satu yang terbesar di dunia lengkap dengan 1,5 juta tentara aktif dengan jutaan tentara cadangan.

Selain itu terdapat Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara serta pasukan roket strategis dan pasukan.operasi khusus. Negara ini di taksir membelanjakan 25 - 38% anggaran negara untuk ambisinya di dunia militer walaupun hanya 15,8 % yang diakui pemerintah setempat. Untuk persenjataan setidaknya terdapat 700 perangkat artileri dan peluncur roket. Selain itu terdapat 4100 tank, 6500 pucuk meriam, 2500 peluncur roket dan lebih dari 1000 pesawat terbang.

Untuk kapal selam Korea Utara memiliki 72 kapal seLam. Kemampuan peretasan Korut juga tak bisa dianggap main - main. Kesatuan peretasan atau Biro 121 di sebut - sebut mampu meretas perusahaan Sony pada tahun 2014 lalu, belum lagi sejumlah peretasan yang dilakukan pada puluhan ribu komputer milik bank, organisasi, dan pemerintah bahkan kantor Presiden Korea Selatan. Namun dari kesemuanya yang paling buat ciut nyali Amerika Serikat adalah klaimnya yang mampu meluncurkan rudal balistik antar benua.

4. Iran


Negara muslim ini tak bisa dianggap enteng  dalam hal militer terbukti Iran sudah membekali militernya dengan peralatan yang canggih dan modern. Untuk pasukan militer pun tak main - main tercatat ada 545.000 pasukan militer revolusi, 420.000 prajurit yang di bagi dalam tiga angkatan utama yaitu Angkatan Darat sebanyak 350.000, Angkatan Laut 18.000 dan Angkatan Udara 52.000, selain juga angkatan revolusi yang berjumlah 125.000 pegawai.

Dalam pengamatan dunia Iran memiliki 8 kekuatan militer yang patut diwaspadai oleh Amerika Serikat yaitu diantaranya The Qods, rudal nasr, misil Soumar, kapal selam ghadir, kapal serang cepat, rudal s300 bikinan Rusia, rudal balistik yang mampu mencapai sasaran 1000 mil dan rudal Shahab 3 yang dilengkapi kontrol jarak jauh yang bisa dikendalikan sejauh 700 km.

5. Indonesia


Wihh... siapa sangka negara kita tercinta ini jadi salah satu negara yang di takuti Amerika. Dengan kekuatan militernya bahkan Indonesia menempati urutan ke 14 negara dengan.militer terkuat di dunia. Komando pasukan khususnya atau KOPASUS berhasil menempati urutan ke 3 di dunia. Dengan jumlah militer aktif sebanyak 476 ribu dan 107 juta penduduk Indonesia siap menjaga NKRI maka sangat wajar jika negara kita disegani.

Peralatan perang yang dimiliki oleh negara kita juga bikin keder. Liat aja bagaimana negara kita juga memiliki 418 tank, 441 jet tempur, 221 kapal perang yang siap beraksi kalau - kalau ada ada musuh yang siap menyerang. Dan yang bikin tentara luar terkagum - kagum adalah latihan militer tentara kita yang bisa dibilang ekstrim. Bayangkan saja jika dalam latihan tentara luar menngunakan peluru bohongan namun sebaliknya saat latihan tentara kita menggunakan peluru beneran. Hadeuh... kebayang kan gimana kalau tuh peluru meleset. Wii.... ngeri!!
Gimana, bangga kan jadi bagian NKRI ?

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar