5 Terowongan Bawah Laut Paling Terkenal di Dunia
5 Terowongan Bawah Laut Paling Terkenal di Dunia

5 Terowongan Bawah Laut Paling Terkenal di Dunia

Advertisement

Pernah lewat terowongan? jika pernah pasti kamu bisa ngerasain sensasinya. Yups, antara ngeri ngeri cantik dan takjub karena kita melintas dalam perut bumi. Lalu apakah yang ada dalam pikiran kita jika yang kita lewati adalah terowongan bawah laut, wuich pasti ngeri banget nich.

Diera modern ini apa sih yang tidak bisa dilakukan? Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan ditemukannya berbagai teknologi sangat memungkinkan manusia untuk mewujutkan segala mimpinya. Tak terkecuali dengan terowongan yang dibuat di bawah laut.

Diberbagai negara maju untuk menghubungkan pulau satu ke pulau lainya telah dibangun terowongan bawah tanah yang menembus bawah laut lo. Sungguh sesuatu yang bisa dibilang luar biasa. Nah, penasaran terowongan apa sajakah yang dibuat dibawah laut? simak artikel ini sampai selesai ya.

Baca Juga : 6 Mitos Larangan Pernikahan Orang Jawa, Apakah Kamu Percaya?

1. Xiang'an Undersea Tunnel



Sudah bukan rahasia lagi jika negara tirai bambu China mẹnjadi salah satu negara dengan ekonomi  terkuat đi dunia, tak tangung - tanggung China berbenah dalam segala hal di negerinya, tak hanya membangun infrásruktur di kota utama saja namun telah jauh mẹnjangkau kota kecil setingkat kecamatan. Sebagai contohnya pemerintah Cina membangun terowongan dengan nama Xiang'an Undersea Tunnel.

Terowongan bawah laut ini menyambungkan distrik Huli yang berada di pulau Xiamen dan Distrik Xiang' an didataran utama China, dengan menghabiskan dana sebesar  $391,5 juta.

Terowongan dengan panjang 8,7km ini 6 meternya berada di bawah laut dengan titik terowongan terdalam berada di kedalaman 70m dibawah permukaan laut. Masuk ke dalam terowongan akan anda jumpai 2 tunnel dengan setiap tunnel memiliki 3 lajur yang bisa dilalui kendaraan.  Hal tersebut sangat wajar rasanya mengingat ruangan dalam tunnel sangat  luas yaitu lebar 17,2m dengan tinggi 12m. Untuk keamanan pengendara terdapat batas maksimum yang harus di patuhi pengendara yaitu 80km/jam.

2. Jembatan Alih Terowongan Bawah Laut ( Denmark - Swedia )



Terowongan ini jika dilihat dari udara memang begitu ekstrem. Bagaimana tidak, jalanan yang mulus ke tengah laut seolah hilang masuk tertelan air laut. Namun pada kenyataanya memang seperti itu. Jalur yang menghubungkan Kopenhagen di Denmark dan Malmo di Swedia punya arsitektur yang sangat unik. Kamu akan di buat takjub dengan jembatan yang menghujam ke laut. Dan selanjutnya bakal kamu nikmati berkendara dalam terowongan bawah laut.

Jembatan yang diberi nama Oresund ini dirancang oleh seorang arsitek asal Denmark yang bernama George KS Rotne pada 1 Juli tahun 2000 lalu. Jembatan ini membentang sejauh 8 km sebelum akhirnya masuk ke dalam terowongan sejauh 4 km di bawah terusan Flint yang berujung di Swedia. Di pulau buatan dimana jembatan berakhir bakal kamu temui berbagai tumbuhan Botanik. Setidaknya ada lebih dari 500 spesies tanaman berbeda.

Baca Juga : Mengenal Ritual Pernikahan " Mayat Jomblo" yang Bikin Bergidik

 

3. Sydney Harbour Tunnel Australia



Gagasan untuk membuat terowongan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1885, namun hal tersebut sempat di tolak pemerintah setempat. Baru pada tahun 1988 terowongan ini di buat dan resmi di buka pada bulan Agustus 1992 dengan memakan biaya sebesar $560 juta.

Sydney Harbour Tunnel berada 27m dibawah permukaan laut. Dengan menggunakan 8 unit tabung beton bertulang sepanjang 120 m dan berat 23000 ton. Dan tak main - main terowongan ini memiliki kapasitas lalu lintas 2000 kendaraan per jam yang di pantau detektor loop setiap 120m dengan lebih dari 30 cctv. Sementara untuk penerangan ada 8000 lampu di sepanjang terowongan ini.

4. Marina Coastal Expressway



Pingin ngerasain tol laut yang sesungguhnya kamu bisa mencobanya tuh di terowongan bawah laut Singapura. Terowongan sepanjang kurang lebih 5km ini mulai di operasikan pada Desember 2013 lalu. Jalanan ini menghubungkan Kallang - Paya Lebar Expressway yang berada di bagian timur menuju Ayer Rajah Expressway di bagian barat Singapura.

Yang unik dari terowongan ini adalah jalan dibuat hanya satu arah dengan pintu keluar di masing - masing daerah yang dilalui. Terowongan bawah laut ini merupakan jalan lintas Marina Coastal Expressway. Dari mulai pintu masuk hingga keluar kamu bakal dibuai dengan keindahan arsitektur terowongan, tak kalah menakjubkan begitu keluar dari terowongan ini kamu bakal di ajak melintas di atas jembatan yang berada di daerah Marina Singapura.

5. Seikan Tunnel Jepang



Terowongan bawah laut ini menghubungkan 2 pulau utama yang ada di Jepang yaitu pulau Honsu dan Hokkaido. Ini merupakan terowongan terpanjang ke 2 setelah Base Gottard di Swiss dengan panjang 53,8 km di bawah selat Tsugaru yang memisahkan Pulau Honsu dan Pulau Hokkaido.

Terowongan ini berisi jalur rel, pembangunannya di mulai pada tahun 1964 dan selesai pada 1988. Setidaknya ada 3000 orang yang diperkerjakan dalam pembangunan terowongan ini. Namun naasnya hingga terowongan ini selesai hanya meninggalkan 34 orang yang selamat.

Baca Juga : 10 Tanaman Berkekuatan Ajaib Yang Diantaranya Bisa Balas Dendam

Advertisement

Baca juga:

Loading...

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar